Home Auto News Detail KTM Duke 250 2017, Ini Plus-Minusnya

Detail KTM Duke 250 2017, Ini Plus-Minusnya

0 304

KTM Duke 250 2017, Salah satu pabrikan motor asal Austria, KTM baru saja menghadirkan Duke 250 terbaru di Indonesia. Naked bike bermesin 250 cc ini meluncur di Jakarta Fair 2017 pada awal Juni lalu. New KTM Duke 250 hadir dalam dua varian, yakni standar dan ABS.

Untuk versi standar dijual dengan harga Rp 25,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta. Sementara tipe ABS dipatok Rp 48,9 juta. Penasaran seperti apa motor baru 2017 ini? Mari simak detail selengkapnya berikut ini.

Melihat desainnya, sudah terlihat penyegaran yang dilakukan pada KTM Duke 250 2017 ini. Motor ini mengusung garis desain serba lancip. Disebutkan bahwa desain tersebut terinspirasi dari Super Duke 1290.

Kesan tajam terlihat mulai dari lampu utama, shroud tangki sampai dengan bodi belakang. Tampilan ini berbeda dengan Duke model sebelumnya yang terkesan melengkung. Sedangkan untuk bagian setang mempertahankan model khas naked bike.

Lalu bagian tangki bahan bakar sudah tidak menggunakan kondom seperti model sebelumnya. Sedangkan bagian tutup kunci di lubang tangki sekarang dibuka ke belakang sehingga lebih mudah secara reflek tangan. Menariknya kapasitas tangki bertambah menjadi 13,5 liter.

Yang cukup menarik adalah peletakan lampu sein yang dibuat menempel di spidometer. Untuk bagian spidometer tidak berbeda dengan Duke 250 model lama, masih tetap sama. Kendati begitu informasi yang tersaji cukup lengkap. Ada takometer, spidometer, pengingat jadwal servis, konsumsi bensin, shift light, kecepatan rata-rata dan masih banyak informasi lainnya.

Untuk sistem pencahayaan New KTM Duke 250 masih mengandalkan bohlam H4 60/55 watt. Sementara bagian sampingnya terdapat DRL LED. Hal ini sekaligus menjadi pembeda dengan New KTM Duke 390.

Walaupun merupakan naked bike rasa Eropa, ada beberapa hal yang sedikit memudarkan daya tarik tersebut. Seperti finishing tuas kopling dan tutupnya yang terkesan biasa saja. Walaupun logo indikator dapat menyala, finishing plastik tampak kurang rapi. Selain itu rumah kunci juga dibuat sederhana tanpa adanya pengaman bermagnet.

Baca juga: KTM Duke 390 dan Duke 250, Apa Perbedaannya?

Sementara untuk bagian jok mengusung kulit bertekstur motif yang sporty. Alhasil tampilannya terlihat lebih menarik. Selain itu lampu belakang LED juga akan membuat nyala lebih terang dan menambah kesan sporty.

Hanya saja sepatbor belakang dibuat tipis. Alhasil pengguna bisa mengalami sedikit masalah jika berkendara saat hujan turun. Untuk footstep memakai model yang mirip produk racing aftermarket yang membuat tampilannya menarik. KTM Duke 250 2017 mengandalkan sokbreker belakang dengan plastik pelindung dari kotoran. Sokbreker ini memiliki setelan pre-load 10 tingkat.

Air scoop mengusung desain yang futuristik dan berdimensi mungil. Pemilik juga dimudahkan untuk menjangkau air radiator. Tampilannya juga semakin menarik dengan knalpot baru dengan silincer panjang yang menunjang motor ini untuk lolos regulasi Euro4.

Hanya saja detailnya terlihat kurang rapi. Di balik jok terdapat boks filter udara, fuse dan peranti kelistrikan lainnya.

Tampilan belakang juga terlihat berubah signifikan. Buritan New KTM Duke 250 tampak lebih padat. Selain itu motor sport ini juga dibekali dengan kaki-kaki yang lebih berisi. Untuk bagian depan memakai pelek 3.00 x 17 dan belakang 4.00 x 17.

Pelek tersebut dikombinasikan ban Metzeler tubeless radial 110/70-R17 dan 150/60-R17. Sedangkan bagian sistem pengereman depan mengandalkan cakram 300 mm. Piringan ini dikombinasikan kaliper dengan Bybre 4 piston radial.

Berpindah ke sektor dapur pacu, KTM Duke 250 2017 mengandalkan mesin yang sudah lolos Euro 4. Mesin ini memiliki 1 silinder dengan konstruksi DOHC 4 klep. Agar performa dan daya tahan semakin baik, konstuksinya memakai cam follower yang dilapis karbon.

Disematkan sistem injeksi dengan throttle body 38 mm yang bertugas memasok bensin. Kemudian untuk sistem pendinginan memakai radiator dan transmisi 6-percepatan. Daya tarik lainnya adalah terdapat kopling dengan slipper clutch.

Spesifikasi Singkat

Mesin
DISPLACEMENT248.8 cm³
BORE72 mm
STROKE61.1 mm
POWER IN KW22 kW
PRIMARY DRIVE30:80
SECONDARY GEAR RATIO15:46
CO2 EMISSIONS74.7 g/km
FUEL CONSUMPTION3.24 l/100 km
Chassis
SUSPENSION TRAVEL (FRONT)142 mm
SUSPENSION TRAVEL (REAR)150 mm
FRONT BRAKE DISC DIAMETER300 mm
REAR BRAKE DISC DIAMETER230 mm
STEERING HEAD ANGLE65 °
WHEELBASE1357 ± 15.5 mm
GROUND CLEARANCE185 mm
SEAT HEIGHT830 mm
TANK CAPACITY (APPROX.)13.4 l
DRY WEIGHT147 kg

Berminat untuk membeli KTM Duke 250 2017 ini? Silakan kunjungi dealer KTM Indonesia atau situs resminya untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar motor ini.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply