Home Mobil Penyebab Pelek Mobil Rusak, Ada 3 Hal

Penyebab Pelek Mobil Rusak, Ada 3 Hal

0 84

Pelek Mobil, Ada kalanya komponen mengalami permasalahan seperti rusak. Jika kondisinya seperti itu maka tidak ada cara lain untuk memperbaikinya atau menggantinya jika kerusakannya sudah parah. Salah satu bagian mobil yang rawan rusak adalah pelek.

Komponen yang satu ini memang tidak bersentuhan langsung dengan aspal karena terlindungi oleh ban. Hanya saja pelek mobil tetap bisa mengalami kerusakan. Permasalahan yang kerap muncul adalah retak, robek, peyang ataupun pecah.

Kerusakan yang terjadi pada pelek akan membuat fungsinya tidak berjalan dengan baik, bahkan juga bisa menimbulkan celaka. Jika pelek rusak, maka perlu dilakukan penggantian atau pergantian. Memilih opsi perbaikan juga tidak dapat mengembalikan kondisi pelek seperti semula.

Baik mengganti maupun melakukan perbaikan tentu mengharuskan pemilik mobil untuk mengeluarkan sejumlah biaya yang tidak sedikit. Untuk itu akan lebih baik bila mengantisipasi sehingga kerusakan pada pelek mobil tidak sampai terjadi. Setidaknya ada tiga hal yang menyebabkan pelek rusak, yakni jalanan rusak, pemakaian ban dan tekanan angin yang tidak sesuai. Untuk selengkapnya silakan simak penjelasan berikut ini.

Jalan Rusak

Di Indonesia masih banyak kondisi jalanan yang kurang layak. Jalanan berlubang atau bahkan belum beraspal kerap dijumpai saat perjalanan. Hal ini terkadang menjadi momok yang menghantui para pengguna jalan.

Selain membuat perjalanan kurang nyaman, kondisi jalan yang rusak dapat menjadi penyebab pelek mobil rusak. Biasanya gejala yang muncul adalah peyang di sekitar bibir pelek. Terutama jika sering melintasi kondisi jalanan rusak dengan kecepatan lebih dari 30 km/jam.

Saat terjadi tumbukan keras maka bisa menyebabkan pelek bengkok atau peyang. Untuk mengeceknya bisa dengan melihat di bagian bibir bagian luar maupun dalam.

Di samping itu mengerem (hard braking) ketika melalui lubang lantaran melesat terlalu cepat juga dapat membuat pelek pecah maupun bengkok, terutama ban depan. Alasannya titik berat ketika mengerem bertumpu di ban depan, lalu menghantam lubang di permukaan yang agak tajam.

Kerusakan yang paling parah ban bisa pecah dan benjol di bagian dinding (side wall). Apabila jarak pengereman tidak mencukupi saat akan melalui lubang, maka ada baiknya untuk melepas tekanan pedal rem sesaat sebelum masuk lubang. Hal ini dapat meminimalisir dampak benturan lantaran titik berat sudah bergeser.

Ban

Penyebab pelek rusak berikutnya adalah pemakaian ban yang tidak sesuai dengan karakter pelek. Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Perlu diketahui, karakter pelek mobil bermacam-macam sehingga membutuhkan profil ban yang berbeda juga.

Ban yang tidak sesuai dengan karakter pelek dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Sisi keselamatan juga ikut berkurang. Maka dari itu saat hendak mengganti ban akan lebih baik mengikuti spesifikasi yang sudah ditentukan pabrikan.

Bila Anda memakai pelek yang tidak standar, konsultasikan dengan mekanik mengenai spesifikasi ban yang cocok. Pelek biasanya dapat rusak karena pemakaian profil ketebalan ban yang terlalu minim dan tapak yang terlalu lebar atau terlalu “narik” (gaya hella flush). Selain itu memakai ban off road berukuran terlalu besar tidak dianjurkan bila tidak sesuai dengan karakter dan material pelek.

Tekanan Angin

Penyebab terakhir pelek rusak adalah tekanan angin yang kurang. Untuk menghindari kerusakan, pastikan tekanan angin ban sesuai dengan aturan. Jika kurang hal ini bisa menyebabkan pelek bengkok di bagian bibir atau pengok.

Penyebabnya hampir sama dengan saat memakai ban profil tipis. Untuk itu sebelum melakukan perjalanan pastikan tekanan angin sesuai dengan instruksi pabrikan. Anda bisa melihatnya di dinding bagian dalam pintu. Dengan begitu Anda terhindar dari kerusakan pelek mobil.

Itulah beberapa penyebab pelek mobil rusak. Sudah selayaknya Anda sebagai pemilik mobil untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraan. Baik saat akan digunakan ataupun tidak.

Di samping memperhatikan beberapa kondisi komponen mobil, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala. Dengan begitu kerusakan atau permasalahan dapat dideteksi lebih dini dan menghindarkan Anda dari pengeluaran yang lebih banyak.

Sekian artikel seputar penyebab kerusakan pelek mobil yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply