Home Mobil Belajar Mengemudi, Pilih Mobil Matic atau Manual?

Belajar Mengemudi, Pilih Mobil Matic atau Manual?

0 169

Mobil Matic, Mobil masih menjadi salah satu transportasi andalan masyarakat Indonesia. Terlihat dari tingginya penjualan mobil baru di Tanah Air setiap tahunnya yang masih tinggi. Salah satu hal yang tak terpisahkan dari mobil adalah bagaimana cara mengemudikannya.

Sebagian masyarakat suka hal yang praktis. Untuk itu banyak di antara mereka ingin belajar mengemudikan mobil dengan harapan nantinya bisa bepergian tanpa tergantung orang lain. Begitu juga dengan anak-anak muda yang beranjak dewasa. Tidak sedikit dari mereka yang mulai belajar untuk menggunakan mobil.

Seperti yang diketahui, saat ini ada dua jenis transmisi yang dikenal masyarakat umum. Yakni transmisi manual dan otomatis atau matic. Jika mulai belajar dari nol, mungkin ada selisih pendapat mana transmisi yang ideal untuk dipakai pemula.

Ada yang mengatakan manual lebih cocok. Alasannya orang akan terbiasa menggunakan kopling. Jika bisa menggunakan mobil manual, tidak membutuhkan waktu yang lama untuk belajar mobil matic.

Sementara sebagian lainnya berpandangan bahwa mobil matic ideal untuk belajar mengemudi. Alasannya transmisi ini lebih mudah dan sederhana untuk dioperasikan. Selain itu kebanyakan mobil modern juga sudah menawarkan transmisi ini sebagai pilihan untuk konsumennya.

Pereli Rifat Sungkat berpendapat bahwa dari sisi pengoperasian, mobil dengan transmisi otomatis dinilai lebih cocok dipakai sebagai alat belajar bagi pengemudi pemula. Tentu ada alasan mengapa transmisi ini ideal untuk belajar mengemudi.

RIfat menjelaskan, secara gerak tubuh mengemudi mobil matic lebih sederhana dengan meniadakan gerakan yang dilakukan dengan menggunakan kaki (menginjak clutch pedal atau kopling). Lain halnya dengan mobil manual (MT) pengemudi harus bekerja ekstra lantaran dituntut bisa merasakan situasi dan kondisi mobil dengan lebih saksama dengan adanya fungsi kopling.

Pada intinya, mengemudikan mobil transmisi manual mewajibkan pengemudi untuk mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan perpindahan gigi dan RPM yang sedang berlangsung.

Di samping itu, dilihat dari performanya mobil transmisi otomatis dinilai lebih baik. Alasannya tingkat akselerasi dan efisiensi bahan bakar sudah mulai mendekati tingkatan bahan bakar mobil dengan transmisi manual. Hal ini bisa terjadi lantaran sistem kerjanya sangat mengoptimalkan antara putaran mesin dengan putaran gigi yang sedang dioperasikan.

Untuk itu, kata Rifat, dalam proses belajar orang harus memulainya dari yang paling mudah. Apabila yang mudah sudah dipahami dengan benar, maka baru melanjutkan ke tingkatan berikutnya. Sama halnya dengan belajar di sekolah.

Baca juga: Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula

Untuk informasi, transmisi otomatis (AT) dibagi menjadi tiga kategori. Pertama adalah AT konvensional yang terdiri dari 4, 5 atau 6 kecepatan. Selanjutnya AT tiptronic yang dioperasikan dengan tuas yang berada di setir mobil sehingga pengemudi dapat mengontrol saat shifting gears (perpindahan gigi). Dan untuk yang terakhir adalah AT continuously variable transmisi (CVT) yang sistem kerjanya mirip dengan skuter matic.

Walaupun mobil matic dinilai tepat untuk belajar mengendarai mobil, Rifat tidak menyanggah bahwa transmisi MT lebih unggul dalam hal keamanan. Transmisi manual lebih baik karea pengemudi mempunyai kontrol lebih terhadap manuver-manuver kendaraan. Hal ini tidak didapati pada mobil dengan transmisi matic.

Akan tetapi jika bertujuan untuk belajar, mobil bertransmisi matic lebih mudah untuk dipahami. Hal ini berguna untuk pengemudi pemula sebelum naik tingkat pada pengoperasian mobil manual. Di sisi lain kondisi lalu lintas di Tanah Air terbilang sangat macet dan sudah tidak kondusif. Maka dari itu mobil matic dirasa menjadi pilihan yang tepat.

Source: belajar mengemudi manual atau matic, cara belajar mobil manual, pilih matic atau mobil manual, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply