Home Auto News Honda Jazz Indonesia Terbaru, Mesin Turbo Atau Hybrid?

Honda Jazz Indonesia Terbaru, Mesin Turbo Atau Hybrid?

0 277

Honda Jazz Indonesia, Beberapa waktu lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) diketahui tengah menyiapkan Honda Jazz terbaru. Melihat di negara tetangga, mobil hatchback ini ditawarkan dengan pilihan mesin hybrid. Lantas apakah HPM juga berniat untuk menawarkan Honda Jazz Hybrid di Tanah Air?

Sayangnya untuk saat ini agen pemegang merek Honda di Indonesia itu belum mempunyai rencana untuk memasukkan Jazz Hybrid. Honda Prospect Motor lebih memilih mendahulukan teknologi turbo. Seperti yang diketahui, teknologi ini sudah mulai diterapkan pada beberapa mobil Honda yang dijual di Indonesia.

Akan tetapi bukan berarti rival Toyota Yaris itu nantinya juga akan dipersenjatai dengan mesin berteknologi turbo, seperti halnya CR-V dan Civic. Melansir dari KompasOtomotif, Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM mengatakan bahwa antara hybrid dan turbo sebenarnya tidak bisa dipilih. Keduanya sudah sama-sama berjalan saat ini.

“Gini, hybrid itu menjadi teknologi transisi untuk nantinya mobil bisa berjalan tanpa menggunakan bahan bakar, contohnya seperi listrik. Kalau turbo, pengembangan dari mesin konvensional yang menggunakan bahan bakar. Turbo berguna untuk menaikan tenaga dengan menurunkan konsumsi bahan bakar yang bisa menekan gas buang, jadi keduanya tidak bisa dipilih mau yang mana, kita lihat dari sisi benefit untuk konsumen saja,” paparnya.

Mengenai Honda Jazz bermesin hibrida, sampai detik ini HPM belum memiliki niat untuk memasarkannya di Indonesia. Begitu juga dengan menawarkan teknologi turbo pada mesin 1.500 cc milik Jazz. Jonfis menerangkan hal tersebut tidak akan menguntungkan bagi konsumen jika dilihat dari segi harga.

Alasannya Hodna Jazz yang dijual saat ini mengandalkan mesin 1.500 cc. Apabila menyematkan turbo maka harganya akan menjadi naik karea pajak yang juga bertambah. “Masalahnya mau tidak konsumen bila sudah dipasang turbo harga Jazz misalnya naik Rp 60 juta, tidak ada benefitnya kan, sama juga bila Brio kita pasang turbo jadi mahal,” papar Jonfis.

Lain cerita dengan mobil SUV Honda CR-V. Pemakaian turbo pada mesin mobil tersebut memiliki dampak positif. Jonfis menjelaskan, mesin berkapasitas besar mempunyai pajang yang lebih tinggi.

Untuk itu ketika diturunkan kapasitasnya maka pajak juga ikut turun. Dengan begitu ada pengalihan menerapkan teknologi turbo yang memberikan keuntungan bagi konsumen.

Jonfis menggambarkan, Honda CR-V yang dibekali dengan mesin 2.400 cc mempunyai pajak sebesar 20 persen. Ketika ditawarkan dengan mesin 1.500 cc pajaknya turun 10 persen. “Dari situ ada kompensasi bila kita pasang turbo, jadi antara mesin mesin dan pajak ada kompensasi dan benefit untuk konsumen, kalau di Jazz harga pasti akan mahal,’ jelasnya.

Honda Jazz facelift dipastikan akan hadir di Indonesia. Bahkan Jonfis sempat mengatakan bahwa Honda Jazz Indonesia terbaru akan hadir pada tahun ini juga. Hanya saja belum dapat disampaikan kapan mobil tersebut hadir menyapa masyarakat.

Dalam waktu dekat akan ada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ajang pameran otomotif ini rencananya akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang. Akan tetapi pihak HPM belum memastikan bahwa Jazz akan diluncurkan pada pameran tersebut.

Meski belum ada bocoran seputar spesifikasinya, dijelaskan bahwa Honda Jazz Indonesia akan berbeda dengan yang sudah hadir di Malaysia, Thailand dan Jepang. Tampilan bisa saja sama, akan tetapi untuk tawaran fiturnya berbeda. Alasannya setiap negara mempunyai kebutuhan yang berbeda sehingga tidak bisa dipukul sama rata.

Untuk informasi, Honda Jazz facelift bermesin hybrid dirilis di Malaysia pada awal Juni 2017. Tampilan mobil ini tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya. Daya tariknya tentu terletak pada mesin hibrida.

Disebutkan bahwa Jazz facelift ini dibekali dengan Sporty Hybrid Intelligent Dual-Clutch Drive (i-DCD). Teknologi tersebut datang sebagai pengganti dari sistem Integrated Motor Assist (IMA) yang dikombinasikan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc. Untuk transmisinya memakai otomatis dual-clutch tujuh percepatan.

Mesin 1.500 cc DOHV i-VTEC ini mempunyai tenaga sebesar 110 PS dengan torsi 134 Nm. Jika dipadukan dengan motor listrik Atkinson-Cycle Engine, tenaga yang dihasilkan bisa menembus 137 PS dengan torsi 160 Nm.

Untuk mengetahui seperti apa fitur dan spesifikasi Honda Jazz Indonesia, Anda bisa menanti kabar terbaru dari HPM nanti. Semoga saja mobil hatchback ini segera hadir di pasaran.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply