Home Auto News Honda Civic Type R 2017 Punya 3 Knalpot, Apa Efeknya?

Honda Civic Type R 2017 Punya 3 Knalpot, Apa Efeknya?

0 135

Honda Civic Type R, Salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Honda menggebrak pasar dengan menghadirkan Honda Civic Type R. Hot hatch ini hadir di Geneva Motor Show Maret 2017 kemarin. Kehadiran mobil Honda terbaru ini langsung mendapat sambutan hangat dari para pecinta mobil.

Selain membawa tampilan yang sporty dan terkesan agresif, Honda Civic Type R juga memiliki performa yang gahar. Menurut spesifikasi teknis mobil ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 310 PS atau 306 hp dengan torsi puncak 400 NM (295 lb-ft). Tak mengherankan bila Civic Type R 2017 langsung menarik perhatian banyak orang.

Terlepas dari performa dan tampilannya yang memikat, mobil ini juga menyimpan secuil kontroversi. Ada sebagian orang yang menganggap bagian belakang terlalu berlebihan. Terutama hadirnya tiga pipa knalpot pada mobil Honda ini. Lantas bagaimana tanggapan pihak Honda?

Sebagaimana dilansir dari KompasOtomotif, Rob Keough, Senior Product Planner Honda Amerika memberikan penjelasannya pada kesempatan wawancara dengan Road&Track. Dijelaskan bahwa pemasangan tiga knalpot itu bukan sebatas pemanis saja. Ada fungsi yang tersimpan di dalamnya.

“Secara tradisional hanya dengan satu sistem pembuangan besar, saat melaju di jalan raya, suaranya akan banyak berdengung, meledak-ledak, tidak begitu nyaman untuk berkecepatan tinggi. Karena itulah Honda menggunakan sistem tiga pipa,” jelas Keough.

Lebih lanjut ia menjelaskan dua pipa besar di sebelah kanan dan kiri mengadopsi straight-flow muffler. Sedangkan pipa bagian tengah bertugas sebagai resonator atau peredam suara dengan trik pemanja telinga lainnya.

Sistem knalpot yang disematkan pada Honda Civic Type R 2017 dapat mengakomodasi gaya suara dan masih menawarkan kenyamanan di dalam kabin. Saat mobil melaju dalam kecepatan rendah, knalpot akan menghasilkan geraman yang lebih keras dan agresif baik di luar maupun di dalam mobil.

Akan tetapi ketika melesat dengan kecepatan jalan raya, sistem knalpot tersebut dapat meredam suara sehingga tidak membuat kabin menjadi bising. “Jadi pengemudi masih merasakan arus besar melalui dua pipa luar, tapi juga mendapatkan pengalaman kabin yang nyaman di pada berkecepatan tinggi,” kata Keough.

Baca juga: Detail Spesifikasi Honda Civic Hatchback Turbo 

Dijelaskan bahwa keseluruhan gagasan di balik Type R 2017 adalah memiliki mesin yang natural dan jujur. Untuk itu knalpotnya tidak menggunakan konsep suara palsu. Sistem tersebut dirancang dengan sangat sederhana. Pemilik dapat memperoleh kepuasan tanpa komponen tambahan. Keough mengatakan hal tersebut merupakan solusi yang sangat tahan lama, murah dan efektif.

Honda Civic Type R mempunyai performa gahar lantaran mengandalkan mesin Honda VTEC Turbo Earth Dreams Technology 2.0 liter 4 silinder, direct injection segaris. Mobil ini juga dibekali dengan fitur baru berupa tombol “+R” yang dapat menawarkan sensasi berkendara ekstrem kepada pengemudi.

Untuk transmisinya memakai enam percepatan manual yang diklaim lebih responsif namun tetap halus ketika melakukan perpindahan gigi. Tidak hanya itu, sensasi berkendara sporty dapat diaktifkan dengan pilihan mode berkendara Sport dan +R.

Honda Civic Type R

Untuk bagian suspensi mengandalkan MacPherson Strut di bagian depan. Suspensi ini dapat menghasilkan handling yang sporty saat mobil dipakai berkendara. Lalu untuk bagian belakang mengandalkan suspensi New Independent Multi-Link System yang memberikan kestabilan berkendara.

Honda Civic Type R terbaru juga mendapat revisi dalam hal aerodinamika. Beberapa bagian seperti under body, front air curtain, lightweight rear wing dan vortex generator mendapat pembaruan. Di samping itu coefficient drag juga ditingkatkan supaya dapat menciptakan keseimbangan yang baik dalam berkendara.

Honda Civic Type R akan dipasarkan di Eropa pada musim panas tahun 2017. Mobil Honda ini diproduksi di pabrik Honda yang berada di Swindon, Inggris. Selain memproduksi Civic Type R, pabrik Honda di Swindon juga memproduksi beberapa model lainnya. Di antaranya Honda Jazz, HR-V, CR-V dan All New Civic Hatchback.

Menariknya pabrikan otomotif asal Negeri Samurai itu mengatakan bahwa Honda Civic Type R 2017 merupakan permulaan saja. Hideki Matsumoto, Chief Engineer Honda mengatakan bahwa masih ada banyak model Honda yang akan dibekali mesin bertenaga 306 hp. Hal ini dilakukan supaya Honda memiliki lebih banyak varian dan juga bertujuan untuk menstabilkan pasar Honda.

Source: 3 knalpot civic, harga honda civic 3 knalpot, harga honda civic kenalpot 3, honda civik terbaru kenalpot 3, kenepa civic type r 3 knalpot, knalpot civic r, knalpot keras mobil honda civic type r, suara honda civic type r, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply