Home Auto News Klasemen Usai MotoGP Jerman 2017, Marquez Memimpin

Klasemen Usai MotoGP Jerman 2017, Marquez Memimpin

0 184

MotoGP Jerman, Pemimpin klasemen sementara MotoGP 2017 kembali berganti. Kali ini Marc Marquez yang berhasil merebutnya. Pembalap Repsol Honda ini mengambil alih puncak klasemen setelah berhasil memenangkan GP Jerman yang berlangsung di Sachsenring, Minggu (2/7/2017).

Sebelumnya rekan satu tim Dani Pedrosa ini berada di peringkat keempat. Ia tertinggal 11 poin dari Andrea Dovizioso. Akan tetapi suksesnya Marquez merebut kemenangan di MotoGP Jerman membuatnya berada di puncak klasemen. Jalan Marquez untuk berada di klasemen teratas semakin dimudahkan setelah Dovizioso hanya berhasil finish di urutan kedelapan.

Setelah merebut podium teratas, Marquez mendapat tambahan 25 poin. Alhasil pembalap asal Spanyol ini mengantongi 129 poin. Ia memimpin klasemen di paruh musim pertama memasuki libur panjang musim panas.

Sementara peringkat kedua diduduki oleh pembalap Yamaha, Maverick Vinales yang memperoleh 124 poin atau selisih 5 poin dari Marquez. Sedangkan Andrea Dovizioso berada di urutan ketiga dengan 123 poin.

Valentino Rossi yang sempat keluar sebagai juara di Assen, Belanda harus berlapang dada dengan turun ke peringkat keempat dengan total 119 poin. Ini artinya Rossi terpaut 10 poin dari Marquez. Pedrosa menyusul di bawah Rossi dengan raihan 103 poin.

Johann Zarco berada di posisi enam dengan total 84 poin, diikuti Jorge Lorenzo dengan 71 poin. Jonas Folger, sang tuan rumah yang berhasil meraih juara kedua di MotoGP Jerman membuat posisinya naik dari posisi 11 ke 7.

MotoGP 2017 Jerman menjadi pembuktian bagi Marquez. Pasalnya kemenangan tersebut semakin mempertegas bahwa Marquez tak terkalahkan selama delapan kali berlaga.

Kemenangan pembalap berjuluk Baby Alien ini didedikasikan untuk Nicky Hayden yang meninggal bulan Mei kemarin. Seperti yang diketahui, Hayden meninggal setelah kecelakaan ketika bersepeda.

“Dan itu adalah sesuatu yang saya janjikan kepada diri sendiri bahwa kemenangan pertama sejak kecelakaan Hayden. Ini untuknya dan keluarganya, karena dia adalah teman yang sangat baik,” ungkapnya, dikutip dari laman Otomotifnet.

Untuk informasi, Marquez dan Hayden sempat jadi rekan satu tim di GP Australia tahun kemarin. Saat itu Hayden bertugas untuk menggantikan Pedrosa di tim Repsol Honda. Hayden sendiri memutuskan pensiun dari MotoGP di tahun 2015. Karirnya berlanjut di kejuaraan dunia superbike (WSBK) hingga akhir hayatnya.

Baca juga: Hasil MotoGP Jerman 2017

Prestasi gemilang yang ditunjukkan oleh pendatang baru (rookie), Folger mendapat pujian dari Marquez. “Saya mengharapkan lawan yang biasanya, tetapi kemudian Jonas mengejutkan saya saat dia berada di antara saya dan yang lainnya,” kata Marquez.

Marquez memang memimpin jalannya perlombaan sejak start dari pole position. Hanya saja itu berlangsung hingga lap keenam. Rekan setim Pedrosa itu merelakan posisi terdepan setelah disalip oleh Folger. Akan tetapi Folger hanya mampu bertahan hingga lima lap sebelum akhirnya posisi terdepan diambil alih kembali oleh Marquez.

“Jonas layak mendapat piala sebagai pembalap tercepat,” ujar Marquez.

Folger memang menjadi pembalap tercepat ketika mencetak fastest lap di lap keempat. Ia berhasil menorehkan waktu 1 menit 21,442 detik.

Sementara itu penampilan duo Yamaha, Rossi dan Vinales di GP Jerman memang tidak maksimal. Vinales berada di urutan keempat, disusul Rossi di posisi kelima. Kendati begitu perolehan tersebut lebih baik daripada sesi latihan bebas dan kualifikasi.

Terlepas dari pertarungan sengit di GP Jerman 2017, Marquez pernah mengatakan bahwa hasil setiap pertandingan MotoGP 2017 sulit untuk diduga. Siapa saja bisa tampil gemilang, sama halnya dengan Folger. Yang dikatakan Marquez memang benar, sembilan seri MotoGP sudah dilalui dan ada lima pemenang berbeda.

Klasemen Sementara Usai GP Jerman

PosisiPembalapTimPoin
1Marc MarquezRepsol Honda Team129
2Maverick VinalesMovistar Yamaha MotoGP124
3Andrea DoviziosoDucati Team123
4Valentino RossiMovistar Yamaha MotoGP119
5Dani PedrosaRepsol Honda Team103
6Johann ZarcoMonster Yamaha Tech 384
7Jorge LorenzoDucati Team71
8Jonas FolgerMonster Yamaha Tech 366
9Danilo PetrucciOCTO Pramac Racing65
10Cal CrutchlowLCR Honda64
11Jack MillerEG 0,0 Marc VDS44
12Scott ReddingOCTO Pramac Racing41
13Alvaro BautistaPull&Bear Aspar Team33
14Hector BarberaReale Avintia Racing32
15Loris BazReale Avintia Racing31
16Andrea IannoneTeam SUZUKI ECSTAR28
17Tito RabatEG 0,0 Marc VDS23
18Aleix EspargaroAprilia Racing Team Gresini21
19Karel AbrahamPull&Bear Aspar Team20
20Michele PirroDucati Team14
21Bradley SmithRed Bull KTM Factory Racing8
22Pol EspargaroRed Bull KTM Factory Racing7
23Aleix RinsTeam SUZUKI ECSTAR7
24Sam LowesAprilia Racing Team Gresini2
25Sylvain GuintoliTeam Suzuki ECSTAR1

Kira-kira setelah MotoGP Jerman siapa pembalap berikutnya yang akan tampil mengejutkan?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply