Home Auto News Mobil Nissan Grand Livina Terbaru Usung Platform Baru

Mobil Nissan Grand Livina Terbaru Usung Platform Baru

0 227

Mobil Nissan Grand Livina, Jagat otomotif di Tanah Air sempat dihangatkan dengan rumor mengenai Nissan Grand Livina generasi kedua. Salah satu pemain di pasar mobil MPV ini dikabarkan akan hadir dalam waktu dekat. Sayangnya belum banyak bocoran seputar mobil Nissan ini.

Meski begitu setidaknya ada sedikit informasi yang bisa dijadikan gambaran. Keterangan ini disampaikan langsung oleh pihak Nissan Motor Indonesia, agen pemegang merek Nissan di Tanah Air.

Budi Nur Mukmin, GM Strategy Marketing NMI mengatakan bahwa generasi kedua mobil Nissan Grand Livina akan mengandalkan platform baru. Platform ini dikatakan belum pernah dipakai model Nissan lain. Dengan mengusung platform baru ini, Grand Livina diklaim akan lebih irit daripada model saat ini yang mengadopsi platform serupa dengan Nissan Tiida dan Latio.

Mobil baru ini tetap diproduksi di pabrik NMI yang berada di Karawang, Jawa Barat. Lantas bagaimana dengan masalah ekspor? Untuk hal tersebut Budi menyatakan masih terlalu dini untuk membicarakannya.

MPV Mitsubishi

Di sisi lain sempat beredar kabar bahwa Nissan Grand Livina generasi terbaru akan memakai platform yang sama seperti MPV Mitsubishi yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat. Mobil baru yang dikatakan memiliki nama Mitsubishi Expander itu merupakan hasil kolaborasi prinsipal Nissan dan Mitsubishi di Jepang.

Baca juga: Nissan Grand Livina Terbaru Dilengkapi Fitur Canggih

Langkah berbagi platform dengan Mitsubishi memiliki efek yang cukup menguntungkan. Sebab biaya pengembangan kedua model menjadi berkurang. Rencananya MPV Mitsubishi yang sebelumnya hadir dalam wujud XM Concept itu akan dirilis pada bulan depan.

Pasar Terbesar

Perlu diketahui, Indonesia menjadi pasar terbesar Nissan Grand Livina di seluruh dunia. Maka dari itu NMI juga terlibat dalam pengembangan Grand Livina generasi kedua. Budi mengungkapkan bahwa tim riset dan pengembangan perusahaan sangat dilibatkan untuk model terbaru Grand Livina.

Hanya saja ia masih belum mengatakan kapan mobil keluarga tersebut hadir di Tanah Air. Yang pasti Budi menegaskan bahwa Nissan Grand Livina terbaru akan lebih kompetitif dengan MPV medium merek lain.

“Yang pasti generasi berikutnya Grand Livina kompetitif, kami memastikan semua studi dilakukan dengan benar,” ungkapnya, dilansir dari Otomania.

Budi menyadari kompetisi model di Tanah Air semakin berat di segala aspek, baik produk maupun non produk. Ia menyampaikan bahwa saat ini NMI sedang membenahi salah satu yang terpenting, yaitu purna jual. Hanya saja untuk produk Budi enggan untuk memberikan informasi lebih jauh.

Nissan Grand Livina tidak hanya diproduksi dan dipasarkan NMI. Mobil ini juga dijual dan diproduksi di Negeri Jiran, Malaysia secara completely knock down (CKD). Komponen CKD itu diekspor dari Indonesia. Selain itu Mobil Nissan ini juga masih dipasarkan di Filipina dan Brasil. Hanya saja secara keseluruhan penjualan Grand Livina di Indonesia paling besar.

Grand Livina yang dijual di Indonesia membawa mesin berkapasitas 1.5 liter HR15DE 4 cylinder inline, 16 valve, DOHC. Mesin tersebut ditemani Dual Injector dan Twin VTC (Intake & Exhaust). Berbekal teknologi tersebut mesin mobil Nissan Grand Livina diklaim dapat menyajikan performa dan efisiensi bahan bakar yang lebih optimal. Tenaga yang dapat dihasilkan disebut mencapai 109 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimum 14,6 kgm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Source: Mobil Nissan Grand Livina Terbaru Usung Platform, kabar mobil mitsubishi expander 2017, mobil keluarga paling irit, penjelasan new grand livina 1 5 at, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply