Home Mobil Perawatan Mobil Setelah Mudik, Cek 7 Bagian Ini

Perawatan Mobil Setelah Mudik, Cek 7 Bagian Ini

0 94

Perawatan Mobil, Pada musim mudik Lebaran 2017 masih banyak masyarakat yang menggunakan mobil pribadi untuk pulang ke kampung halaman. Terlepas dari plus-minus mudik dengan mobil pribadi, ada hal yang patut diperhatikan. Usai menempuh perjalanan panjang bukan berarti mobil tidak membutuhkan perawatan.

Setelah tiba di rumah, pemilik perlu melakukan pengecekan guna memastikan kondisi mobil kesayangan masih dalam keadaan baik. Dengan melakukan perawatan dan pengecekan, pemilik akan mengetahui apa saja masalah yang dijumpai pada kendaraannya. Alhasil penanganan bisa segera dilakukan sebelum masalahnya bertambah serius.

Lantas apa saja perawatan dan pengecekan yang perlu dilakukan oleh para pemilik mobil? Untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan menyimak tips di bawah ini, yang dilansir dari laman Kumparan:

Filter Udara

Rudy Ganevi, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak mengatakan bahwa pemudik yang menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur tahun ini banyak mengandalkan jalan tol fungsional. Kondisi jalan ini biasanya berdebu sehingga membuat sistem pernafasan mesin mobil berpotensi terganggu.

Untuk itu setelah dipakai mudik mobil perlu diperiksa filter udaranya. Apabila kotor disemprot dengan angin bertekanan. Jika filter udara tidak diperiksa padahal di sana terdapat banyak kotoran, maka distribusi udara ke mesin dapat terganggu. Hal ini bisa membuat campuran udara dan bensin tidak sesuai standar.

“Istilahnya campurannya kaya (terlalu banyak bensin), sehingga mobil bisa boros bensin dan performa terganggu,” kata Rudy.

Kolong Mobil dan Bodi

Di samping itu pemilik mobil juga dihimbau untuk mencuci bagian kolong mobil. Menurutnya, dengan mencuci bagian tersebut pemilik akan mengetahui permasalahan di sektor kaki-kaki. Tidak hanya itu, mencuci kolong mobil juga bisa mencegah munculnya karat pada sejumlah komponen.

Selain kolong mobil, pastikan Anda menghilangkan kotoran yang menempel di permukaan cat maupun kaca mobil. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel guna mencegah terjadinya karat.

Mesin

Jangan lupa untuk memeriksa sektor mesin. Seperti yang diketahui sektor ini menjadi bagian paling penting dari mobil. Komponen yang perlu dicek di antaranya oli mesin, transmisi, air radiator, aki, dan v-belt. Untuk v-belt, jika kondisinya retak atau kering alangkah baiknya untuk segera menggantinya.

Baca juga: Cek 10 Komponen Mobil Ini Sebelum Mudik

Tujuannya agar tidak menimbulkan suara berdecit saat mesin hidup. Lalu jika Anda mendapati oli mesin dan air radiator di bawah standar, segera tambah volumenya agar tidak terjadi permasalahan.

Rem

Sistem pengereman menjadi bagian yang tak kalah penting untuk diperiksa. Cek kondisi minyak rem dan perhatikan apakah ada kelainan ketika pedal rem diinjak. Kelainan yang dimaksud adalah suara berdecit ketika mobil berjalan atau rem kurang pakem.

Ban

Saat dipakai mudik, ban menjadi salah satu bagian yang juga bekerja ekstra. Jalanan di Indonesia yang tidak selamanya mulus membuat ban melalui berbagai kondisi jalan. Baik jalanan yang dipenuhi kerikil maupun berlubang.

Untuk itu jika sudah tiba di rumah cek kembali permukaan ban, termasuk kembangannya. Jika ada gejala seperti retak atau kembangan tipis, pertimbangkan untuk segera menggantinya. Hal ini dilakukan supaya aktivitas Anda dengan mobil bebas dari gangguan.

Suspensi

Jangan lupa untuk mencermati bagian suspensi. Cek apakah ada bunyi yang tidak wajar ketika mobil berjalan, terutama di jalan yang tidak rata. Di samping itu rasakan apakah mobil terasa tidak stabil atau bergoyang ke kanan dan ke kiri. Di samping itu jika setir kemudi terasa bergetar atau melayang lebih baik lakukan spooring dan balancing. Perawatan mobil ini bisa dilakukan di bengkel resmi terdekat.

Kopling

Untuk mobil bertransmisi manual, sesudah melalui jalanan macet dan tanjakan biasanya mengalami penurunan performa kopling. Gejala yang bisa dicermati adalah RPM mesin sudah tinggi tetapi kecepatan mobil sulit naik. Jika mengalaminya, Anda perlu mengganti 1 set kopling.

Itulah perawatan mobil yang perlu dilakukan setelah mudik. Jangan lupa bahwa mobil juga membutuhkan perawatan berkala. Dengan begitu Anda akan bisa mengetahui bagaimana kondisi komponen-komponen mobil dan juga mengetahui apa saja bagian yang butuh diperbaiki atau diganti. Selain itu perawatan juga membuat performa mobil terjaga dan bebas dari masalah yang tidak diharapkan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply