Home Mobil Jangan Lupa Periksa Kaki-Kaki Mobil Setelah Mudik

Jangan Lupa Periksa Kaki-Kaki Mobil Setelah Mudik

0 172

Kaki-Kaki Mobil, Musim mudik tahun ini telah usai. Masyarakat juga sudah kembali ke rutinitas semula. Jika Anda menggunakan mobil pribadi saat mudik ke kampung halaman kemarin, maka tugas Anda sekarang adalah memastikan bahwa kondisi mobil tetap prima. Hal ini perlu dilakukan lantaran mobil tak jarang melintasi berbagai jenis jalanan.

Di samping itu biasanya mobil bekerja lebih ekstra daripada hari biasanya karena terjebak kemacetan panjang atau melintasi jalan yang panjang. Untuk itu tidak ada salahnya membawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel langganan yang Anda percaya. Sebelumnya kami sudah membahas seputar bagian mana saja yang membutuhkan perawatan usai dipakai mudik.

Pada artikel ini, pembahasan akan fokus ke pengecekan sektor kaki-kaki mobil. Arpan, mekanik Daihatsu mengatakan bahwa sektor kaki-kaki menjadi salah satu bagian terpenting yang perlu dicek usai mudik.

“Pemeriksaan setelah mudik biasanya selain mesin yang paling penting adalah kaki-kaki. Beragam kondisi jalan membuat bagian ini rentan terpengaruh dan membutuhkan pemeriksaan,” jelasnya, mengutip dari laman Otomania.

Pengecekan kaki-kaki mobil bisa Anda lakukan sendiri karena mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Salah satu komponen yang bisa Anda cermati adalah bagian sokbreker. Anda bisa melihat dan meraba bagian tabung. Apabila ada rembesan oli bisa jadi sokbreker mengalami kerusakan.

Di samping itu pemeriksaan performa sokbreker bisa diamati melalui peredamannya. Jika terasa berkurang saat melewati gundukan jalan, maka performa komponen ini bisa jadi menurun. Kerusakan sokbreker biasanya terjadi ketika melalui jalanan dengan kondisi yang rusak.

Berikutnya adalah memeriksa kondisi ban. Sesudah dipakai mudik, cek kondisi tekanan ban. Selain itu lihat pula Tread Wear Indicator (TWI) berupa logo segitiga. Fungsinya adalah untuk melihat tingkat keausan ban.

Apabila ban bocor saat dipakai mudik, segera tambal agar bisa dipakai kembali. Lalu simpan kembali ban cadangan yang Anda gunakan. Pengecekan selanjutnya adalah sektor pengereman.

Baca juga: Tips Perawatan Mobil Setelah Mudik

Jangan lupa untuk memeriksa ketebalan kampas rem setelah mudik. Alasannya perjalanan yang panjang tak jarang membuat rem bekerja lebih keras. Jika kampas rem sudah menipis, segera lakukan penggantian.

Khusus untuk mobil yang menggunakan rem cakram, cek apakah permukaan piringan terdapat baret atau tidak. Jika terdapat permasalahan pada komponen ini segera lakukan perbaikan. Sebab rem merupakan salah satu perangkat yang harus selalu terjaga kondisinya agar pengguna mobil dapat berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

Itulah beberapa pengecekan yang perlu dilakukan di sektor kaki-kaki mobil. Pemeriksaan dan perawatan pada mobil sejatinya tidak hanya dilakukan ketika selepas dipakai bepergian jauh saja. Seiring pemakaian dalam waktu lama komponen-komponen mobil membutuhkan perawatan. Sehingga penting bagi para pemilik untuk memperhatikan perawatan berkala, termasuk memeriksa komponen mobil.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply