Home Mobil Ide Modifikasi Mobil, Ganti Pelek Kaleng Supaya Unik

Ide Modifikasi Mobil, Ganti Pelek Kaleng Supaya Unik

0 1378

Pelek Kaleng, Dalam dunia modifikasi mobil ada beragam cara yang bisa ditempuh untuk menciptakan mobil idaman yang menawan atau unik sesuai dengan selera pemiliknya. Salah satu yang paling sering dimodifikasi adalah pelek mobil. Bagian ini tergolong mudah untuk diubah, namun memberi dampak signifikan terhadap tampilan mobil.

Biasanya para pemilik mengubah pelek dengan produk aftermarket atau yang juga disebut dengan nama pelek racing. Pelek ini dipilih lantaran mempunyai desain yang menarik. Dengan begitu tampilan mobil menjadi lebih memikat. Akan tetapi sebagian orang lainnya mempunyai cara tersendiri untuk mengubah pelek mobil.

Alih-alih memakai pelek racing, ada pemilik yang menyematkan pelek kaleng pada kendaraan kesayangannya. Hasilnya pun terbilang tak kalah menarik dan terlihat unik.

Melihat ke belakang, pelek kaleng atau juga disebut pelek tertutup dop menjadi kelengkapan standar di tahun 70-an sampai dengan 90-an. Baik pabrikan mobil asal Jepang maupun Eropa banyak yang menyertakan pelek ini pada mobil buatannya. Akan tetapi kebanyakan pemilik menilai pelek kaleng tidak menarik dan terkesan murahan. Oleh karenanya pada akhirnya banyak yang mengganti pelek tersebut dengan pelek aftermarket yang mempunyai tampilan lebih menarik.

Mempercayakan pelek kaleng untuk mempermanis tampilan mobil bukanlah hal yang aneh. Hal ini dibuktikan dengan beberapa pemilik yang memutuskan mengganti pelek asli mobil mereka dengan pelek kaleng dari mobil lain agar tampilannya terlihat lebih menarik.

Salah satu yang melakukannya adalah Javier Syach Alam Sarni. Pemilik Toyota Kijang LSX 1992 ini sebelumnya sempat berganti-ganti pelek racing sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada pelek kaleng.

“Setelah bolak balik ganti pelek racing, sekarang saya pakai pelek kaleng Mitsubishi Colt L300. Ukurannya 14×5,5 inci dengan ban Dunlop SP Touring T1185/80R14,” jelas pria yang akrab disapa Javier itu, dikutip dari Otomotifnet.

Menariknya banyak yang tidak menyangka bahwa pelek yang dipakai Javier itu merupakan pelek kaleng dari sebuah mobil pikap. Sang pemilik mengungkapkan alasan pribadinya memilih pelek tersebut.

Baca juga:

“Pelek kaleng meski berat tapi kekuatannya jelas, dan ternyata mobil saya tetap terlihat keren kan? Hehehe,” ungkapnya.

Selain itu Adam Rizal juga melakukan ubahan serupa pada Toyota Great Corolla 1994 kepunyaannya. Ia memakai pelek kaleng Toyota Limo berdiameter 14 inci. Pelek ini dibalut dengan ban Dunlop Enasave 175/60R14. “Pelek kalengnya Greco sebenarnya masih ada, tapi saya ingin yang modelnya beda,” ungkapnya.

Tidak hanya mobil Jepang saja, mobil Eropa juga bisa tampil menarik dengan pelek kaleng. Hal ini dibuktikan oleh Mahendra, pemilik Peugeot 306 N5 tahun 1997. Ia mengatakan mobil ini cocok memakai pelek kaleng Peugeot 406 15×6,5 inci. Di sisi lain PCD juga cocok sehingga tidak perlu melakukan ubahan besar.

Pemilik mobil SUV juga bisa mencobanya. Salah satu inspirasinya datang dari Bayu Triyudhanto. Ia mengaplikasikan pelek kaleng pada Honda CR-V gen 1.

Sang pemilik memilih pelek kaleng Daihatsu Terios dan bagian tengah dipasang dop Citroen Berlingo. Agar kesan SUV tetap terasa, Bayu menyematkan ban motif kasar pada pelek berukuran 15×5,5 inci.

Jika Anda ingin melakukan sentuhan ubahan ringan namun tetap unik dan menarik, modifikasi pelek mobil ini bisa menjadi salah satu solusinya. Akan tetapi jangan asal mengganti, lebih baik konsultasi terlebih dahulu kepada orang yang lebih ahli supaya hasil ubahan nantinya tidak mengganggu segi keamanan mobil. Dengan begitu mobil tidak hanya tampil memikat, namun juga tetap aman untuk dipakai kegiatan harian.

Source: cara modifikasi velg kaleng, modif pelek kaleng, veleq kaleng modif, Pelek k, modif velk kaleng jadi mantaf, cara memodif velg kaleng mobil agar bagus, memodifikasi velg kaleng supaya unik, ignis velg kaleng, harga honda crv thn 2015 pake pelek racing, velk modif kaleng, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply