Home Auto News 5 Fakta Toyota Fortuner Indonesia, Nomor 3 Tidak Terduga

5 Fakta Toyota Fortuner Indonesia, Nomor 3 Tidak Terduga

Toyota Fortuner Indonesia, Pasar Sport Utility Vehicle (SUV) tengah memanas, termasuk di Indonesia. Seperti yang diketahui, ada banyak merek yang tertarik untuk menerjunkan mobil SUV atau setidaknya mobil dengan tampilan ala SUV yang gagah. Ada beberapa model yang bisa dibeli masyarakat, Toyota Fortuner adalah salah satunya.

Mobil Toyota ini pertama kali dipasarkan pada 2005. Di kelasnya Fortuner bersaing dengan Mitsubishi Pajero Sport. Mobil ini dirancang dengan mengusung platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV). Platform ini juga digunakan Toyota untuk membuat Hilux maupun Kijang Innova.

Toyota Fortuner dijual dalam enam varian berbeda. Antara lain SRZ (bensin), G, A/T, G M/T, G A/T 4×4, VRZ A/T 4×2, dan tertinggi VRZ 4×4 A/T. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Indonesia mematok harga Fortuner mulai Rp 456,8 juta sampai dengan Rp 651,8 juta.

Generasi terbaru Fortuner hadir dengan tampilan yang lebih modern dibandingkan model sebelumnya. Tidak hanya mengandalkan desain saja, mobil Toyota ini juga mengusung fitur dan spesifikasi yang tak kalah menggoda. Tak mengherankan bila mobil ini menjadi salah satu penyumbang angka penjualan utama bagi TAM.

Di balik ketenaran Fortuner, ada beberapa hal menarik yang tersimpan pada mobil ini. Untuk selengkapnya Anda bisa menyimak fakta berikut ini, yang dilansir dari Oto:

Kandungan Lokal Tinggi

Salah satu hal menarik dari Toyota Fortuner Indonesia adalah kandungan komponen lokal yang tersimpan di dalamnya. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi mobil tersebut dengan tingkat komponen lokal mencapai 75 persen. Kandungan tersebut meningkat seiring hadirnya generasi kedua Fortuner yang dirilis tahun lalu.

Perlu diketahui, sebelumnya pabrik Toyota di Indonesia hanya melakukan perakitan pada SUV tersebut. Sementara kandungan komponen lokal Fortuner hanya mencapai 60 persen.

Diproduksi di Karawang

Melihat ke belakang, Fortuner awalnya didatangkan secara utuh atau CBU dari pabrik Toyota di Thailand. Baru pada tahun 2007 Toyota Indonesia memutuskan untuk merakit Fortuner. Seiring berjalannya waktu penjualan Fortuner di Tanah Air terbilang baik. Di sisi lain salah satu pabrik Toyota di Thailand tutup.

Akhirnya pada 2010 PT TMMIN mengambil alih produksi mobil ini. Tidak hanya diproduksi untuk kebutuhan dalam negeri, mobil Toyota ini juga diekspor ke sejumlah negara lain.

Angka Ekspor Lebih Tinggi

Toyota Fortuner merupakan salah satu mobil yang diproduksi di Indonesia dan diekspor ke negara lain. Menurut data yang ada, pada kuartal pertama tahun ini Toyota Indonesia sudah berhasil mengekspor kendaran utuh sebesar 49.300 unit. Angka tersebut lebih besar dibanding periode yang sama di tahun 2016 yang hanya tercatat 34.700 unit.

Baca juga: Pajero Sport Limited Edition vs Fortuner TRD Sportivo

Dari angka tersebut, Fortuner berkontribusi sebanyak 16.600 unit. Negara yang menjual Toyota Fortuner produksi Indonesia adalah beberapa negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, Timur Tengah, Amerika Latin hingga Afrika. Tidak hanya itu, ada fakta yang tak kalah menarik terkait ekspor mobil ini.

Menurut data Gaikindo, angka ekspor Toyota Fortuner Indonesia justru lebih besar dibanding jumlah penjualan dalam negeri. Pada periode kuartal pertama atau Januari sampai Maret, penjualan Fortuner di Tanah Air mencapai 5.019 unit. Jauh lebih kecil dari jumlah ekspor yang menembus angka 16.600 unit.

Performa Mesin Memuaskan

Toyota Fortuner mempunyai dimensi yang tergolong besar. Kendati begitu tenaga yang dihasilkan dapur pacunya terbilang baik. Saat ini Toyota Fortuner Indonesia dipasarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu bensin dan diesel.

Berbeda dengan mesin diesel pada umumnya, Toyota menyematkan intercooler pada Fortuner varian VN Turbo berkapasitas 2.5 liter. Dengan mengusung teknologi tersebut Toyota meyakini tenaga mesin bisa melonjak hingga 40 PS. Di samping itu Fortuner disel juga dipersenjatai turbocharger.

Turbocharger merupakan teknologi mesin diesel yang memanfaatkan gas buang untuk menggerakkan turbin kompresor. Teknologi tersebut bertugas menghisap udara dari luar dan memaksanya masuk ke dalam ruang bakar. Alhasil jumlah udara yang masuk lebih besar dan dapat menaikkan performa.

Masih ada teknologi lain yang tersemat di dalam jantung pacu Fortuner. Teknologi tersebut adalah Variable Nozzle Turbocharger. Fungsinya adalah untuk mengatur tekanan turbo supaya sesuai kebutuhan.

Butuh Waktu Lama Munculkan Generasi Baru

Sejak dirilis pertama kali, Toyota Fortuner Indonesia tidak mendapat sentuhan ubahan yang berarti. Sebelumnya pabrikan mobil ternama asal Jepang ini hanya melakukan beberapa sentuhan penyegaran ringan atau juga disebut dengan istilah facelift. Salah satunya dilakukan di tahun 2008.

Toyota Fortuner facelift dirilis ke hadapan publik, bertepatan dengan Indonesia International Motor Show. Ada beberapa sentuhan revisi yang dilakukan. Seperti di bagian grille dengan desain baru, lampu depan baru model proyektor, lampu belakang berdesain baru, pelek alloy baru dan lain sebagainya.

Pada tahun 2011 mobil bongsor ini juga mendapat sentuhan perubahan. Penyegaran dilakukan di sisi eksterior, interior dan juga mesin. Satu tahun sesudahnya Toyota Fortuner hadir dengan varian mesin diesel 4×4. Penyegaran lain dilakukan di tahun 2013 dengan beberapa perubahan kecil.

Barulah pada 2016 rival Mitsubishi Pajero Sport ini mendapat generasi baru. Fortuner generasi kedua tampil dengan ubahan yang signifikan. Tidak hanya tampilannya saja yang baru, interior hingga dapur pacunya juga turut dirombak. Ini artinya butuh waktu 11 tahun sebelum akhirnya Fortuner berganti generasi.

Itulah beberapa fakta menarik seputar Toyota Fortuner Indonesia. Harga mobil Toyota ini memang terbilang cukup tinggi. Kendati begitu banderol yang ditawarkan sepadan dengan apa yang ditawarkan SUV ini. Terlebih Fortuner juga sudah cukup lama dijual di Tanah Air.

Source: fakta fortuner, fakta mobil fortuner, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply