Home Auto News Detail Suzuki Vitara Brezza, Akankah Hadir di Indonesia?

Detail Suzuki Vitara Brezza, Akankah Hadir di Indonesia?

0 264

Suzuki Vitara Brezza, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengejar ketertinggalannya dengan menghadirkan sederet mobil baru. Beberapa di antaranya adalah Suzuki Ignis dan Jimny. Melihat kedua produk baru tersebut, tampak jelas bahwa agen pemegang merek Suzuki di Indonesia itu tidak mengabaikan pasar SUV yang saat ini tengah berkembang.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat mulai melirik mobil SUV. Kendaraan ini dipilih lantaran mempunyai tampang gagah nan rupawan dan juga karakter yang dinilai pas dengan jalanan di Indonesia. Yang menjadi pertanyaan, setelah kehadiran Ignis dan Jimny, mobil baru Suzuki apa lagi yang akan meluncur?

Berkaitan dengan pertanyaan tersebut, ada yang memprediksi salah satu merek otomotif asal Jepang itu akan meluncurkan Suzuki Vitara Brezza. Mobil tersebut saat ini dipasarkan di Negeri Hindustan, India. Perlu diketahui, Vitara Brezza tidak sama dengan Grand Vitara yang dijual di Indonesia.

Ada banyak perbedaan di antara keduanya. Seperti dimensinya, Vitara Brezza mempunyai wheelbase 2.500 mm. Hal ini membuatnya lebih pendek 140 mm dari Suzuki Grand Vitara yang memiliki jarak sumbu roda 2.640 mm.

Tidak hanya itu saja, Suzuki Vitara Brezza mempunyai ground clearance yang lebih tinggi dibanding saudaranya. Jarak bebas ke tanah mobil tersebut mencapai 198 mm. Sedikit lebih tinggi dari Grand Vitara yang mencapai 193 mm.

Secara keseluruhan Suzuki Vitara Brezza mempunyai dimensi yang tergolong kompak. Maka dari itu mobil ini berada di kelas yang berbeda dengan Grand Vitara yang di Indonesia berhadapan dengan Honda CR-V dan Nissan X-Trail di kelas SUV medium. Jika dijual di Tanah Air, Vitara Brezza akan menjadi rival dari Honda HR-V maupun Chevrolet Trax.

Melihat desainnya, mobil Suzuki ini tampil dengan wajah yang lebih dinamis dan segar dari Vitara atau Grand Vitara. Melihat tampilan depan, mobil ini mengusung grill dengan desain yang dibagi menjadi 2 bagian. Untuk bagian atas dilapisi krom dan bawah berwarna hitam dof biasa.

Grill tersebut ditemani dengan sepasang lampu yang dirancang lebih kecil dari Grand Vitara. Juga ada sentuhan sporty pada mobil ini. Alhasil tampilannya lebih memikat dan tampak mirip mobil sedan.

Sedangkan untuk bagian belakang mengusung desain yang juga berbeda. Ada perubahan di bagian kluster lampu dan bumper. Tampilannya dibuat bergaya crossover.

Beralih ke bagian interior, Suzuki Vitara Brezza hanya mempunyai kapasitas 5 penumpang. Akan tetapi hal tersebut membuat kabin terlihat lebih lega dan memiliki banyak ruang penyimpanan. Sedangkan tampilannya terkesan modern dan ergonomis. Hanya saja Suzuki banyak mengaplikasikan bahan plastik seperti di bagian trim pintu dan dasbor sehingga mengurangi kesan elegan.

Tidak hanya mengandalkan tampilan, Vitara Brezza juga dibekali dengan fitur-fitur yang menarik. Ada pelek 16 inci, LED daytime running lights dan sensor yang terintegrasi pada kaca spion. Selain itu masih ada sistem pengereman ABS, EBS, kantong udara ganda dan sistem hiburan SmartPlay.

Di India, Suzuki Vitara Brezza dipasarkan dengan mesin diesel 4 silinder segaris yang mempunyai kapasitas sebesar 1.300 cc. Tenaga yang dapat dihembuskan mesin ini mencapai 89 dk dengan torsi puncak 200 Nm.

Mobil Suzuki ini mempunyai empat varian, antara lain LDI yang menjadi entry level, VDI, ZDI dan ZDI Tone yang menjadi varian tertinggi. Khusus model ZDI Tone ada pilihan warna two-tone, seperti Blazing Red (bodi) dan Monster Black (atap), Fiery Yellow (bodi) dan Arctic White (atap) atau Cerulian Blue (bodi) dan Arctic White (atap).

Hal ini tentu menjadi tawaran menarik. Sebab Suzuki Vitara Brezza digadang-gadang menjadi yang pertama dengan pilihan warna two-tone. Jika tidak ingin memilih warna two-tone, konsumen bisa memilih warna monoton yang juga menarik. Di antaranya Blazing Red, Fiery Yellow dan Cerulian Blue, selain warna standar seperti hitam dan silver.

Harga Suzuki Vitara Brezza berkisar Rs 740.000 atau mencapai Rp 153 juta untuk trim entry level. Sementara model yang paling tinggi dibanderol Rs 992.000 atau Rp 205 jutaan.

Melihat tawaran fitur dan spesifikasinya, bukan tidak mungkin SIS mempertimbangkan untuk memasarkan Suzuki Vitara Brezza di Indonesia. Hanya saja belum ada tanda mobil Suzuki ini akan segera meluncur. Kita nanti saja kabar dari Suzuki Indomobil Sales.

Source: Harga vitara baru, suzuki vitara brezza, suzuki vitara brezza ldi kapan rilis di indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply