Home Mobil Check Engine Menyala, Penyebab dan Pertolongan Pertama

Check Engine Menyala, Penyebab dan Pertolongan Pertama

0 271

Check Engine Menyala, Mobil saat ini menjadi kendaraan andalan sebagian besar masyarakat, tak terkecuali di Indonesia. Seiring berjalannya waktu mobil juga mengalami banyak perubahan. Tidak seperti awal kemunculannya dahulu kala, mobil modern dilengkapi dengan teknologi-teknologi terkini.

Masing-masing teknologi mempunyai peran tersendiri, baik untuk menunjang berkendara, keselamatan ataupun performa. Di samping itu beberapa mobil baru juga dilengkapi dengan sistem yang terkomputerisasi. Hanya saja hal tersebut kadang kala justru membuat penggunanya kebingungan. Sebagai contohnya adalah “engine check”.

Tanda check engine biasanya dijumpai pada panel indikator. Apabila mendapati logo tersebut menyala, maka itu artinya ada gangguan yang perlu ditangani. Meski begitu tidak perlu khawatir. Sebab biasanya engine check yang menyala tidak membuat mobil berhenti secara tiba-tiba. Indikator engine check menyala hanya menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres pada salah satu ataupun beberapa bagian dalam mobil yang terdeteksi sistem komputer mobil.

Rusdi Sopandi, pengelola salah satu bengkel yang berada di kawasan Pondok kelapa, Jakarta Timur mengungkapkan permasalahan tersebut dapat diketahui sesudah diperiksa satu per satu. Ia menyarankan untuk melakukan pengecekan dengan scanner. Dengan begitu dapat diketahui apa yang menyebabkan indikator check engine menyala.

Supaya jelas, berikut adalah beberapa permasalahan yang sering menyebabkan engine check menyala:

  1. Adanya permasalahan pada salah satu sensor. Bisa jadi ada sensor yang mengalami malfungsi atau tidak berfungsi.
  2. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil.
  3. Ada beberapa komponen atau snsor yang terkena percikan air atau genangan air ketika melewati jalanan basah atau tergenang banjir.
  4. Sistem error atau sensor yang tidak berfungsi. Misalnya adalah sensor intake air temperature, air flow meter, MAF, oksigen, injektor, CKP dan lain sebagainya.

Untuk poin nomor dua, contoh permasalahannya adalah mobil injeksi terbaru yang membutuhkan bahan bakar dengan oktan di atas 92. Itu artinya mobil tersebut membutuhkan BBM seperti Pertamax atau Pertamax Plus. Akan tetapi sang pemilik justru mengisi BBM dengan oktan 88. Hal ini dikatakan Rusdi dapat menyebabkan engine check menyala.

Lebih jauh, knalpot atau exhaust manifold mobil injeksi biasanya dilengkapi sensor O2 (sensor oksigen). Fungsinya adalah untuk mendeteksi kadar bahan bakar “rich” atau “lean”.

Apabila tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dan dalam keadaan yang sudah parah, engine check akan menyala, memberitahukan kepada pengguna bahwa kadar bahan bakar tidak sesuai dengan mesin. Perlu diketahui, BBM yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin juga dapat merusak sistem sensor bila dipakai terus menerus.

Pertolongan pertama

Jika didapati engine check menyala, maka pengguna perlu melakukan penanganan supaya tidak menimbulkan permasalahan yang lebih serius.

”Jika kena sensor-sensor tertentu, mesin bisa makin boros, atau terasa berat, ’brebet’, keluar asap hitam, susah hidup, dan lainnya,” kata Rusdi, yang dilansir KompasOtomotif.

Baca juga: Ciri-Ciri Mobil Butuh Servis

Anda bisa melakukan pertolongan pertama. Selengkapnya silakan simak cara berikut ini:

  1. Cabut konektor aki negatif dalam kondisi mesin mati. Lalu hubungkan konektor aki negatif dan positif (konektor kabelnya saja). Tunggu selama sekitar 3 detik lalu pasang kembali.
  2. Jika ada kesalahan atau error, maka engine check akan mati dan kembali normal. Akan tetapi bila tetap menyala, permasalahannya bisa jadi ada sensor yang rusak.

Jika Anda mengalami masalah nomor dua, disarankan untuk segera membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan pengecekan dengan memakai scanner. Jika ditemui adanya sensor yang rusak, lakukan penggantian.

Demikian adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui terkait check engine menyala. Jangan lupakan perawatan mobil supaya kendaraan selalu prima dan bebas masalah.

Source: indikator check engine menyala terus, penanganan pertama engine mobil menyala, yang menyebabkan Intake Air Temperature mengalami malfungsi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply