Home Kawasaki Servis Kawasaki Versys-X 250, Berapa Biayanya?

Servis Kawasaki Versys-X 250, Berapa Biayanya?

Kawasaki Versys-X 250, Kawasaki Motor Indonesia resmi menghadirkan Versys-X 250 di Indonesia. Motor baru Kawasaki ini meluncur untuk memenuhi hasrat pecinta touring atau adventure. Selain harga jual motor, biaya perawatan Versys-X 250 bisa menjadi informasi yang penting. Termasuk untuk para pemilik motor ini.

Menurut informasi, biaya perawatan rival Honda CRF250 Rally ini mencapai Rp 500 ribuan. Biaya tersebut baru terjadi di bulan ke-12 atau setelah satu tahun pertama. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa menyimak detail berikut ini.

Servis 1 Bulan atau 600 km

Saat sudah mencapai 1 bulan atau 600 km (tergantung mana yang lebih dulu tercapai) pemilik motor Kawasaki ini harus melakukan servis ke bengkel. Dikutip dari Otomotifnet, Eddy Yulianto, Kepala Mekanik Kawasaki Super Sukses Motor Fatmawati mengatakan servis pertama ini gratis jasa servis, oli mesin dan filter oli mesin.

“Untuk yang hobi turing harus ada pemeriksaan sebelum dan setelah turing, jangan dibiarkan karena motor segmen turing pemeriksaan servisnya harus lebih ketat,” saran Eddy.

Servis 6 bulan atau 3.800 km

Pemilik Kawasaki Versys-X 250 perlu melakukan servis kedua setelah 6 bulan atau 3.800 km. Menurut buku manual, tidak ada penggantian part. Motor hanya perlu diperiksa saja.

Pengecekan meliputi cek jarak main bebas selongsong gas dan tuas kopling yang diatur pada jarak 2-3 mm. Jarak ini bisa disesuaikan dengan karakter setiap pengguna. Di samping itu juga dilakukan penyetelan jarak bebas main rantai 20-30 mm. Apabila lebih dari rentang ideal maka perlu dilakukan penyetelan.

Meskipun di dalam buku manual tidak terdapat himbauan untuk penggantian part, akan tetapi jika motor sering dipakai bisa jadi ada part yang sudah harus diganti. Misalnya kampas rem, ada yang baru 3 bulan tetapi sudah habis. Maka dari itu pengecekan perlu dilakukan oleh para pemilik.

Servis 12 Bulan atau 7.600 km

Saat motor sudah berusia 1 tahun, akan ada beberapa pengecekan dan penggantian. Seperti pengecekan saringan udara. Biasanya untuk pengguna yang sering bepergian dengan motor ini, pada kilometer 6.000 sampai 8.000 saringan udara sudah kotor.

Berikutnya adalah penggantian oli mesin dan filter mesin. Pada buku manual penggantian ini dilakukan dalam waktu yang bersamaan. “Kalau hanya ganti oli mesin butuh 2 botol oli, tapi kalau bareng dengan penggantian filter oli mesin butuh 2,2 liter itu berarti harus beli 3 botol,” ungkap Eddy.

Baca juga: Kelebihan Kawasaki Versys-X 250

Setelah itu busi juga perlu diganti. Busi bawaan Kawasaki Versys-X 250 masih biasa. Akan tetapi pemilik bisa menggantinya dengan busi tipe iridium jika ingin. “Bisa pakai kepunyaan ER-6n sudah iridium tapi harganya lebih mahal yaitu Rp 240 ribu dikalikan 2 ya,” kata Eddy.

Rekomendasi

Dalam buku manual dijelaskan bahwa penggantian oli mesin dilakukan setiap mencapai 7.600 km. Akan tetapi menurut Eddy itu merupakan jarak tempuh yang jauh. Untuk itu pemilik dihimbau untuk melakukan penggantian lebih cepat.

“Jika mengikuti buku manual itu terlalu jauh, belum lagi karakter jalan Indonesia yang banyak kemacetan sehingga umur oli bisa lebih pendek. Pemakaian Oli KGO Ultimate disarankan lakukan penggantian tiap 4.000 km,” jelas Eddy.

Biaya Servis

 1 bulan (600 km)6 bulan (3.800 km)12 bulan (7.600 km)
Jasa servisGratisGratisGratis
Oli mesinGratis-Rp 92.000 x 2 (KGO Ultimate)
Saringan oli mesinGratis-Rp 100.000
Busi--Rp 120.000 x 2

Tabel Pemeriksaan

Periksa tekanan udara
Periksa sistem control throttle
Periksa suspensi
Periksa arah sorot lampu depan
Periksa kekencangan mur, baut dan pengencang
Periksa fungsi kerja kopling
Periksa kerusakan bearing roda
Periksa keausan chain guide dan rantai roda
Periksa fungsi kerja rem
Periksa switch lampu rem
Periksa batas ketinggian minyak rem
Periksa keausan kanvas rem dan pad rem
Periksa fungsi kerja sistem kelistrikan
Lumasi sistem suspensi
Periksa kondisi busi
Bersihkan sistem bahan bakar
Periksa putaran stationer mesin
Periksa gerakan kemudi

Sekian informasi mengenai servis Kawasaki Versys-X 250. Semoga dengan informasi di atas Anda tidak melupakan perawatan Versys-X 250 ya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply