Home Motor Tips Merawat Rem Cakram Motor, Ini yang Dilakukan

Tips Merawat Rem Cakram Motor, Ini yang Dilakukan

0 268

Rem Cakram Motor, Sepeda motor mempunyai banyak komponen penting. Masing-masing komponen ini memiliki peran tersendiri. Tidak hanya itu, secara berkala komponen motor tersebut perlu dilakukan perawatan supaya performanya tetap baik. Salah satu yang juga butuh perawatan adalah rem cakram.

Rem merupakan peranti yang bertugas memperlambat laju kendaraan motor. Tentu akan sangat berbahaya bila rem tidak dapat bekerja secara maksimal saat dibutuhkan. Tidak menutup kemungkinan terjadi kecelakaan yang pastinya tidak kita harapkan. Untuk itulah penting bagi pemilik motor untuk memperhatikan perawatan.

Pada motor dengan rem cakram, setidaknya ada 4 bagian yang perlu diperhatikan. Seperti master rem, kaliper, kampas rem dan minyak rem. Supaya lebih jelas Anda bisa menyimak tips merawat rem cakram motor berikut ini.

Master Rem

Berbicara masalah rem, tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan feeling rem yang berubah. Ini biasanya terjadi saat motor sudah dipakai dalam waktu yang lama. Ketika ditekan tuasnya terasa keras. Selain itu rem juga tidak pakem sehingga membuat jari cepat pegal.

Hal tersebut terjadi biasanya dikarenakan stut di master rem yang sudah kering dan kotor. Bisa jadi komponen tersebut sudah kering atau karet pelindung yang robek sehingga membuat kotoran bisa masuk. Agar tekanan rem kembali seperti sedia kala, stut master rem perlu dibersihkan dan dilumasi dengan gemuk.

Kaliper

Kondisi kaliper juga tidak boleh diabaikan. Komponen ini berada di bawah dan dekat dengan roda. Alhasil kaliper bisa lebih cepat kotor. Untuk itu kaliper butuh dibersihkan. Untuk membersihkannya bisa dimulai dari membersihkan piston kaliper.

Sebelum menekan piston ke dalam, disarankan untuk membersihkan dulu piston kaliper dengan menggunakan sikat kawat. Tujuannya untuk mencegah sil piston kaliper bocor karena terdorong kotoran. Selain itu jangan lupa untuk lumasi braket kaliper supaya tidak kaku ketika direm. Hal ini kerap kali terlewat, padahal efeknya bisa membuat kampas rem habis sebelah.

Kaliper memang jarang sekali rusak. Kendati begitu tidak menutup kemungkinan pemasangannya tidak tepat atau posisinya goyah karena suatu hal. Untuk itulah posisi kaliper perlu diperiksa secara rutin.

Caranya adalah dengan memutar ban sepeda motor dan cermati gerakan piston. Apabila gerakannya masih seirama dengan piringan cakram, maka artinya tidak ada sentuhan atau gesekan. Hal ini menandakan kaliper masih normal.

Baca juga: Memperbaiki Rem Cakram Motor Masuk Angin

Kondisi kaliper yang goyah atau bergetar akan membuat kaliper dan cakram menjadi tidak rata. Sebab bagian-bagian tertentu dari kaliper akan bergesekan terus menerus dengan piringan cakram, meskipun tidak dilakukan pengereman. Hal ini juga menyebabkan jalannya motor seperti tersendat-sendat.

Kampas Rem

Untuk kampas rem, yang perlu dicermati adalah ketebalannya. Apabila alur pada kampas rem sudah hilang atau sudah rata, maka sudah waktunya untuk mengganti dengan yang baru.

Minyak Rem

Minyak rem berfungsi sebagai penekan piston di kaliper. Karena perannya tak kalah penting, maka minyak rem juga tidak boleh luput dari pengawasan. Minyak rem perlu diganti setiap 2 tahun.

Jangan biarkan minyak rem tanpa diganti. Sebab minyak rem yang sudah dipakai lama kualitasnya akan menurun. Hal tersebut dapat menyebabkan free play handle rem lebih besar.

Minyak rem yang sudah terlalu lama akan menjadi lumpur. Hal ini membuat jalur menuju selang rem dan kaliper terhambat. Permasalahan inilah yang juga membuat rem menjadi keras.

Untuk menguras minyak rem dengan mudah, bisa memanfaatkan brake bleeder. Cara kerjanya sederhana seperti suntikan sehingga tidak perlu kesusahan untuk memompanya. Dipompa secara manual tidak hanya melelahkan, namun juga membutuhkan proses yang cukup lama.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply