Home Auto News Suzuki Satria F115 Young Star, Akankah Hadir Lagi?

Suzuki Satria F115 Young Star, Akankah Hadir Lagi?

0 118

Suzuki Satria F115 Young Star, Beberapa waktu lalu Suzuki Indomobil Sales (SIS) R2 mengejutkan para pecinta roda dua dengan kembali melahirkan Suzuki Smash, yang sebelumnya sempat berhenti produksi. Setelah kemunculan motor tersebut, SIS dipercaya akan menghadirkan motor bebek lain yang pernah dijual di Indonesia.

Keputusan agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air itu untuk menghadirkan motor bebek yang pernah dijual sebelumnya bisa dikatakan unik. Seperti yang diketahui, saat ini motor matic menjadi penguasa pasar roda dua di Indonesia. Disusul motor sport yang mempunyai penggemar tersendiri.

Khusus untuk sport, Suzuki telah memiliki GSX 150 yang disambut positif oleh masyarakat. Lalu untuk model matic ada Address 110 dan juga Nex yang dibangkitkan kembali beberapa waktu lalu. Yang menjadi pertanyaan, motor baru apa lagi yang akan hadir setelah Smash untuk mengisi pasar bebek?

Kemungkinannya adalah Shogun atau Axelo. Sebenarnya masih ada Suzuki Satria F115 Young Star. Akan adik Suzuki Satria F150 ini dipastikan tidak akan hadir lagi di Tanah Air.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Yohan Yahya, Marketing and Sales 2W Department Head PT SIS. Sebagaimana dikutip dari Otomania, Young Star tidak akan menjadi salah satu dari delapan model baru yang disiapkan untuk hadir di Tanah Air.

Awalnya Suzuki Satria F115 Young Star dihadirkan sebagai cara untuk mengeksplorasi Satria F150 yang menjadi salah satu motor terlaris di Indonesia. Sekilas Young Star memang tampak mirip dengan sang kakak. Mengusung desain mirip motor ayam jago. Akan tetapi Satria F115 Young Star tetap saja berbeda.

Untuk suspensi depan mengusung gaya sport, akan tetapi tidak begitu dengan bagian tengah hingga ke belakang. Tampilannya tetap dibuat layaknya motor bebek, berikut dual shockbreaker sebagai suspensi belakangnya. Bukan model monoshock seperti sang kakak. Lalu untuk dapur pacu mengusung mesin Smash, yakni 115 cc SOHC dengan pendingin udara.

Mesin tersebut disandingkan dengan teknologi Fuel Injection (FI) yang diatur oleh Electronic Control module (ECM). Mesin ini diklaim mempunyai kelebihan pada diameter intake valve yang besar, valve angle yang rapat dan posisi spark plug (busi) yang lebih dekat dengan ruang pembakaran.

Baca juga: Perbandingan Kawasaki Athlete Dan Suzuki Satria F115

Hal tersebut bertujuan untuk mendongkrak performa dan efisiensi mesin. Terdapat teknologi low friction berupa pemakaian roller rocker arm, valve spring dan piston dengan bobot yang ringan. Perpaduan low friction dan teknologi FI ini membuat motor Suzuki itu sanggup menciptakan efisiensi bahan bakar hingga 63 km/liter.

Motor bebek ini juga dilengkapi dengan setang yang mirip dengan Suzuki Satria F150. Tujuannya supaya memperoleh pengendalian khas balap dan lebih akurat. Tawaran lainnya adalah garpu depan sporty dan high rigid yang dipadukan material aluminium pada bagian bracket untuk menambah kestabilan.

Juga terdapat panel instrumen kecepatan yang dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dibaca dan informatif. Suzuki Satria F115 ini juga mengusung teknologi short stroke gear shifting yang nyaman dipakai saat kondisi macet. Motor ini juga mempunyai bagasi berkapasitas 8 liter di balik jok yang memungkinkan pengguna membawa barang bawaan.

Suzuki Satria F115 Young Star pertama kali dirilis pada Mei 2015. Akan tetapi penjualan motor Suzuki ini dihentikan pada 2016. Salah satu alasannya adalah harga yang tidak kompetitif. Ketika dilepas di pasaran, harga Suzuki Satria F115 mencapai Rp 16,5 juta.

Source: jupiter z1 terbaru 2017, satria young star, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply