Home Auto News Bocoran Mobil Suzuki Ertiga Generasi Kedua, Ini yang Beda

Bocoran Mobil Suzuki Ertiga Generasi Kedua, Ini yang Beda

0 100

Mobil Suzuki Ertiga, Persaingan di segmen low MPV (Multi Purpose Vehicle) masih menarik untuk diperhatikan. Tentu saja salah satu alasannya adalah karena mobil keluarga masih diminati di Indonesia. Penjualannya dari tahun ke tahun masih terbilang tinggi, mengalahkan jenis kendaraan lainnya.

Tak mengherankan ada beberapa merek yang tertarik untuk menerjunkan mobil baru di segmen low MPV. Di sisi lain pabrikan yang sudah lebih dulu hadir di pasar low MPV memperkuat daya tempur model andalannya dengan melakukan sejumlah pembaruan.

Sebelumnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sudah lebih dulu mendapat penyegaran. Mobil ini tampil lebih menarik dibanding model sebelumnya, berikut penyematan fitur-fitur baru. Kemudian Honda Mobilio menyusul dengan melakukan revisi di sisi desain dan beberapa aspek lainnya.

Kini tinggal Suzuki Ertiga yang dinantikan penyegarannya. Sebagai informasi, mobil Suzuki ini merupakan salah satu pemain lama di pasar low MPV. Mobil ini pertama kali hadir di New Delhi Auto Show 2012.

Mengingat usianya yang sudah memasuki lima tahun, maka sudah waktunya Suzuki Ertiga ganti generasi. Kabar baiknya generasi kedua dari mobil ini sedang dalam tahap pengembangan. Hal ini bisa menjadi kabar baik, terutama bagi penggemar mobil Suzuki Ertiga yang ingin sesuatu lebih dari sekadar model facelift.

Lantaran berstatus generasi baru, maka akan ada perubahan besar. Mulai dari desain sampai dengan spesifikasinya. Beberapa waktu lalu sempat beredar prediksi tampilan Suzuki Ertiga terbaru. Gambar render tersebut dibuat oleh Adrians Ramadhani, bukan resmi dari pihak Suzuki.

Walaupun bukan resmi bocoran Suzuki, perkiraan tampilan Ertiga generasi terbaru itu tampil menarik dengan wajah depan yang mengadopsi Swift terbaru. Lalu bagaimana dengan bocoran seputar mobil baru Suzuki ini?

Baca juga: Prediksi Eksterior Suzuki Ertiga Terbaru

Menurut bocoran Oto.com yang didapat dari Suzuki Indomobil Sales, disebutkan bahwa Suzuki Ertiga terbaru akan naik kelas. Mobil MPV ini akan mengandalkan mesin baru. Tidak hanya itu, Ertiga juga mengusung platform baru yang membuat dimensinya lebih besar.

Menariknya ukuran Ertiga terbaru mendekati Toyota Kijang Innova generasi pertama. Lalu untuk platform yang dipakai adalah HEARTECT, sama seperti Baleno dan Swift generasi terbaru. Bocoran lainnya adalah bobot Suzuki Ertiga terbaru yang diprediksi akan lebih ringan sekitar 120 kg. Perubahan tersebut diharapkan dapat mendongkrak segi dinamis dan efisiensi bahan bakar.

Sayangnya belum dapat diketahui mesin apa yang akan dipakai Suzuki Ertiga generasi terbaru. Akan tetapi saat ini merek mobil asal Negeri Samurai itu diketahui tengah mengembangkan mesin turbodiesel baru berkapasitas 1.5 liter. Mesin tersebut dikembangkan sendiri oleh Suzuki tanpa campur tangan dari pihak lain.

Sebagai informasi, biasanya Suzuki dibantu Fiat untuk mengembangkan dan menyediakan mesin. Tidak menutup kemungkinan mesin baru tersebut akan dipasangkan lebih dulu di mobil Suzuki Ertiga terbaru sebelum disematkan pada model lainnya. Sementara kemungkinan lain Ertiga generasi kedua akan memakai mesin M15A, sama seperti yang dipakai Suzuki SX4 S-Cross.

Di sisi lain pemerintah Indonesia berencana memberikan skema perpajakan baru untuk mobil ramah lingkungan. Hal ini bisa menjadi semangat Suzuki dalam mengembangkan teknologi ramah lingkungan seperti Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang sudah disematkan pada Ertiga Diesel.

Suzuki Ertiga yang dijual di Indonesia tersedia dalam beberapa varian. Antara lain GA, GL, GX, ZDI SHVS Diesel dan Ertiga Drezza yang menjadi varian tertinggi. Harga mobil Suzuki Ertiga ini berkisar mulai Rp 186 juta sampai dengan Rp 239,5 juta.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply