Home Auto News Ini Mobil Daihatsu Terbaru Kembaran Toyota Camry

Ini Mobil Daihatsu Terbaru Kembaran Toyota Camry

0 235

Mobil Daihatsu Terbaru, Toyota dan Daihatsu diketahui kerap bekerjasama untuk mengembangkan suatu produk. Salah satunya yang paling terkenal adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Mobil MPV ini juga bukan satu-satunya. Sebab masih ada model lain yang juga merupakan hasil kerjasama antara dua merek mobil asal Jepang ini. Seperti Rush-Terios, Agya-Ayla dan juga Calya-Sigra.

Akan tetapi siapa sangka masih ada model lain selain yang sudah disebutkan di atas. Mobil tersebut adalah Daihatsu Altis. Meski ada nama ‘Altis’, mobil ini bukanlah turunan dari Toyota Corolla Altis. Mobil sedan Daihatsu ini merupakan saudara kembar dari Toyota Camry.

Sejak dimiliki penuh oleh Toyota, Daihatsu memasarkan mobil sedan ini di negara asalnya. Sementara itu beberapa waktu lalu Toyota meluncurkan Camry terbaru di Negeri Bunga Sakura. Daihatsu pun juga menghadirkan saudara kembar Camry dengan nama Altis.

Sebelum resmi diproduksi dan dijual di Jepang, mobil Toyota itu lebih dulu diproduksi di pabriknya yang berada di Kentucky, Amerika Serikat. Lalu bagaimana dengan Daihatsu Altis? Apa saja keistimewaan mobil ini?

Disebutkan bahwa Daihatsu Altis mengandalkan mesin hybrid. Hal ini tentu menjadi tawaran yang menarik. Di samping itu Altis hanya tersedia dalam satu varian, yakni 2.5 Hybrid G. Sementara harga mobil Daihatsu ini sekitar US$ 30 ribu. Banderol tersebut mirip dengan harga Toyota Camry Hybrid.

Lantaran hanya tersedia dalam varian mesin hybrid, calon konsumen tidak bisa membeli Daihatsu Altis dalam dukungan mesin konvensional. Jika sangat ingin membeli maka solusinya adalah membeli Toyota Camry. Sedan Toyota itu dijual dengan harga mulai US$ 29 ribu sampai Rp US$ 37 ribu di Jepang. Bila dikurskan harga mobil Toyota itu berkisar Rp 380 juta sampai rp 492 jutaan.

Mobil sedan Daihatsu itu membawa mesin berkapasitas 2.5 liter. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 211 PS dengan torsi maksimum 202 Nm. Tenaga yang dihasilkan dapur pacu tersebut diteruskan ke roda melalui transmisi CVT. Sementara sistem penggeraknya tidak berbeda dengan milik Toyota Camry.

Daihatsu Altis dikembangkan dengan mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Teknologi rancang bangun ini dipakai pada sejumlah mobil Toyota terbaru. Seperti Prius dan Toyota C-HR. Dengan berbekal platform tersebut, efisiensi mobil menjadi lebih baik. Selain itu konsumsi BBM juga lebih irit.

Baca juga: 5 Mobil Daihatsu Edisi Spesial Rilis di GIIAS

Selain itu, Altis juga dilengkapi dengan Human Machine Interface (HMI). Hadirnya fitur ini memudahkan pengemudi ketika berkendara dengan Altis. Selain itu mobil Daihatsu ini juga mengusung fitur canggih Toyota Safety Sense P.

Teknologi tersebut membuat beberapa fitur keselamatan. Di antaranya rear cross traffic auto brake, lane departure warning and correction, automatic high-beam assist, pre-collision system, pendeteksi pejalan kaki, adaptive cruise control sampai 10 airbag.

Selama dijual di pasar otomotif, Toyota Camry mempunyai beberapa nama lain. Untuk generasi pertama saudara kembar Daihatsu Altis ini diberi nama Toyota Vista. Lalu pada generasi kedua dijual dengan nama Lexus ES dan Holden Apollo. Tidak hanya itu, mobil Toyota itu juga pernah dijual dengan nama Toyota Scepter dan Toyota Vienta.

Terlepas dari hal tersebut, kehadiran Daihatsu Altis dengan tampilan mirip Camry ini bisa menjadi pilihan menarik untuk pecinta mobil Daihatsu. Terlebih hadirnya dukungan teknologi terkini yang akan membuat sensasi berkendara lebih mantap dan juga aman. Akankah sedan ini dipasarkan di Indonesia nantinya?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply