Home Mobil Cara Membaca Ukuran Ban Motor dan Mobil

Cara Membaca Ukuran Ban Motor dan Mobil

0 4649

Cara Mengetahui Kode Ukuran Ban Mobil dan Motor, Saat memilih ban motor atau mobil untuk mengganti dengan yang baru biasanya akan disesuaikan dengan ukuran asli bawaan sewaktu membelinya. Setiap ban memiliki kode ukuran yang tercantup pada permukaan ban tersebut. Pertama, ada dua jenis kode angka yang dugunakan secara universal untuk menentukan ukuran ban motor atau mobil yaitu kode metric dan kode imperial. Perbedaannya hanya terletak pada penulisan saja tetapi ukuran tidak jauh berbeda. Contohnya penulisan kode metric 90/90-17 67H. Sedangkan untuk kode imperial 3.00-H-17 4PR. Apakah maksudnya? Bisa brosis lihat beberapa point di bawah ini.

Kode metric 90/90-17 67H, artinya kurang lebih sebagai berikut:

  • 90 artinya lebar ban mempunyai ukuran 90 mm (selalu menggunakan satuan millimeter)
  • 90 artinya perbandingan tinggi ban dengan lebar ban, jika ban memiliki ukuran lebar 90 mm, maka tinggi ban mempunyai ukuran 90% dikali 90 mm yaitu 81 mm. semakin kecil perbandingan ban, maka stabilitas motor akan lebih baik.
  • 17 artinya ukuran diameter ban tersebut dalam ukuran inchi
  • 67 artinya beban maksimal yang diperbolehkan untuk motor, dengan menggunakan Load Index atau LI, LI 67 kurang lebih sekitar 307 kilogram, jadi berat total yang diperbolehkan terhadap ban tersebut adalah 307 kilogram.
  • H adalah kode untuk batasan kecepatan motor jika menggunakan ban ini

Sedangkan untuk kode Imperial 3.00-H-17 4PR, artinya kurang lebih sebagai berikut :

  • 3.00 artinya lebar ban dalam satuan inchi
  • H adalah kode untuk batasan kecepatan motor jika menggunakan ban ini
  • 17 artinya ukuran diameter ban tersebut dalam ukuran inchi
  • 4PR artinya 4 ply rating, yaitu kekuatan lapisan nilon dalam ban ini sama dengan 4 lapis kain ban.

Mengetahui Kode Ban Mobil

Selain beberapa tips mobil diatas, biasanya juga terdapat kode tahun produksi ban tersebut. Namun, tidak semua ban mencantumkan kode tahun produksi, kode ini ditulis dengan 4 digit angka, misalnya 2113 artinya adalah ban tersebut diproduksi pada minggu ke 21 tahun 2013. Mengetahui kode tahun produksi sangat penting untuk mengetahui kondisi ban apakah masih layak digunakan. Bahan karet dan nilon untuk membuat ban bisa mengeras sehingga mengurangi traksi ban terhadap permukaan jalan sehingga kemungkinan tergelincir menjadi lebih besar. Sangat berbahaya bukan?

Untuk mengetahui kondisi ban apakah masih bagus atau sudah saatnya diganti bisa dengan menekan ban dengan ujung kuku. Jika terasa lunak maka ban tersebut masih layak jalan, tetapi jika terasa keras lebih baik diganti dengan yang baru karena bisa berakibat fatal.

Source: ukuran ban motor, ukuran ban, cara membaca ukuran ban, cara membaca ukuran ban mobil, ukuran ban mobil, cara membaca kode ban, kode ban mobil, kode ukuran ban mobil, membaca ukuran ban sepeda motor, mengenal jenis ukuran ban mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply