Home Auto News Mitsubishi Pajero Sport Dakar Lokal Dirilis, Apa Bedanya?

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Lokal Dirilis, Apa Bedanya?

Mitsubishi Pajero Sport Dakar, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya mengumumkan bahwa seluruh Pajero Sport Dakar diproduksi secara lokal. Mobil SUV ini diproduksi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat secara CKD (Completely Knocked Down).

Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan Pajero Sport sudah menjadi ikon bagi merek Mitsubishi di Tanah Air. Oleh karenanya mobil Mitsubishi yang bersaing dengan Toyota Fortuner itu perlu mendapat perlakuan khusus.

Selain itu tipe Dakar juga menjadi model terlaris. Oleh karenanya pabrikan mobil berlambang tiga berlian itu merasa perlu memprioritaskan produksi lokal untuk varian tersebut dibandingkan varian Exceed dan GLX.

Sebagai informasi, Mitsubishi Pajero Sport pertama kali hadir di tahun 2009. Mobil ini telah terjual sebanyak 105 ribu unit. Menariknya untuk varian 4×2, mobil Mitsubishi ini menjadi yang paling laris di kelasnya.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 menjadi volume maker dengan sumbangan penjualan sebesar 80 persen. Lalu untuk tipe Dakar 4×4 rata-rata penjualannya mencapai 150 unit per bulan. Imam menerangkan, bagi Dakar 4×4 penjualan tersebut bisa dikatakan cukup tinggi dan menjadi market leader karena pasarnya tidak terlalu besar.

Imam berharap dengan diproduksinya Pajero Sport Dakar 4×2 dan 4×4 secara CKD dapat meningkatkan angka penjualan hingga 2.000 unit per bulan. Lalu untuk varian lainnya diharapkan bisa segera diproduksi lokal dalam waktu dekat.

Fitur

Dibandingkan dengan Pajero Sport Dakar Ultimate yang juga diproduksi secara CKD, kedua varian baru yang dihadirkan Mitsubishi ini diposisikan di atasnya. Tentu saja ada beberapa perbedaan yang diberikan. Seperti beberapa penyegaran dan pengembangan fitur dari model sebelumnya.

Untuk Dakar 4×4, terdapat sistem penggerak roda 4×4 otomatis dengan pengoperasian melalui knob putar di belakang tuas persneling. Di samping itu juga terdapat sunroof dan tailgate spoiler. Untuk selebihnya sama seperti tipe Ultimate. Seperti hadirnya fitur Hill Descent Control (HDC), Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW) dan lain sebagainya.

Baca juga: Pajero Sport Dakar Ultimate vs Honda CRV 2017

Lalu tipe Dakar 4×2 dilengkapi dengan Tailgate Spoiler dan Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System (UMS). Sedangkan selebihnya sama, mulai dari Cruise Control, Black Trim Interior with Piano Black Panel Design dan Center Doorlock Button & Power Window Switch Illumination.

Jika masih penasaran apa saja fitur yang tersedia pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar lokal beserta fungsinya, Anda bisa menyimak detail berikut ini.

Hill Descent Control (HDC)

Fitur yang satu ini bertugas untuk menjaga kecepatan kendaraan (konstan) ketika berada di kondisi jalan menurun. Dengan begitu pengemudi bisa berkonsentrasi dengan kemudi.

Forward Collision Mitigation System (FCM)

Salah satu fitur penunjang keselamatan ini mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di depan. Fitur ini memanfaatkan radar untuk mendeteksi kendaraan di depan mobil dan mengatur sistem pengereman bila diperlukan.

Blind Spot Warning (BSW)

Fitur ini dapat mendeteksi kendaraan di sekitar Pajero Sport Dakar dengan jarak kurang lebih 3 meter yang berada di area blind spot. Tidak hanya itu, BSW juga dapat membantu pengendara ketika berpindah jalur dan berbelok.

Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System (UMS)

Fitur ini berupa sensor yang akan menahan output mesin selama sekitar 5 detik ketika kendaraan dalam kondisi berhenti atau hampir berhenti. Tujuannya untuk mencegah tabrakan yang disebabkan kesalahan pengoperasian pedal gas. Di samping itu UMS juga dapat berfungsi sebagai sensor parkir depan dan belakang.

Adaptive Cruise Control (ACC)

Fitur ini berfungsi mempertahankan laju kendaraan pada kecepatan stabil tanpa menginjak pedal gas (cruise control). Di samping itu fitur ACC juga dibekali kemampuan menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan (adaptive).

7 SRS Airbags & Passenger Airbag Indicator

Mitsubishi Pajero Sport Dakar lokal dilengkapi dengan 7 SRS airbag. Dua di antaranya untuk pengemudi dan penumpang baris pertama, lalu lutut pengemudi 1 buah, 2 buah sisi depan dan 2 buah sisi tirai.

Multi Around View Monitor Display Enhancement

Fitur ini membantu menjangkau area blind spot dengan pengoperasian yang praktis. Dengan adanya display enhancement, pengemudi dapat menyesuaikan warna kendaraan pada mode “Bird Eye View”.

Tailgate Spoiler

Fitur standar ini bertujuan untuk membuat tampilan mobil lebih menarik dari sisi atas. Selain itu juga membantu sistem aliran udara di seluruh bodi mobil.

Center Door Lock Button & Power Windows Switch Illumination

Hadirnya fitur ini akan membuat pengguna lebih mudah untuk membuka dan mengunci pintu hanya dengan mengandalkan tombol yang terintegrasi dengan power window. Switch power window juga dilengkapi dengan lampu yang memudahkan pengoperasiannya.

Black Trim Interior with Piano Black Panel Design

Agar sentuhan mewah tampak kental pada Pajero Sport Dakar ini, Mitsubishi memberikan sentuhan desain interior dengan warna klasik black piano.

Harga

Sebelumnya banyak yang mengira bahwa harga Mitsubishi Pajero Sport versi lokal akan lebih terjangkau dibandingkan dengan model yang diimpor. Akan tetapi hal tersebut ternyata tidak benar. Harga mobil Mitsubishi ini tetap tinggi. Alasannya Mitsubishi telah menyematkan pembaruan pada mobil SUV tersebut, termasuk menambah sederet fitur.

“Ekspektasi harga yang lebih murah jika sudah diproduksi lokal, kami tidak anggap seperti itu. Kami punya cara sendiri yaitu dengan melengkapi ragam fitur terbaru, baik yang berhubungan dengan safety maupun yang berhubungan dengan kenyamanan berkendara dengan mobil ini. Sehingga setup harga lebih baik ketimbang dengan produk yang sama tapi kami impor,” kata Imam, dikutip dari Metrotvnews.

Untuk diketahui, harga Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia berkisar mulai Rp 504 juta untuk tipe GLX 4×4 M/T. Sementara Pajero Sport Dakar 4×4 yang menjadi varian tertinggi dipatok Rp 655 juta. Selengkapnya silakan simak daftar harga berikut.

Harga Mitsubishi Pajero Sport Indonesia 2017

VarianHarga
Pajero Sport Dakar 4x4Rp 655 juta
Pajero Sport Dakar 4x2Rp 505 juta
Pajero Sport Dakar 4x2 UltimateRp 549 juta
Pajero Sport Exceed 4x2 A/TRp 458 juta
Pajero Sport Exceed 4x2 M/TRp 447 juta
Pajero Sport GLX 4x4 M/TRp 504 juta

Hadirnya Mitsubishi Pajero Sport Dakar versi lokal bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang mendambakan mobil SUV dengan fitur yang melimpah.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply