Home Honda Honda CR-V vs Mazda CX-5 Terbaru, Komparasi Duo SUV Nan Memikat

Honda CR-V vs Mazda CX-5 Terbaru, Komparasi Duo SUV Nan Memikat

0 390

Honda CR-V, Pasar SUV menjadi salah satu fokus merek otomotif di samping pasar MPV. Ada beberapa model yang diterjunkan di pasar mobil yang identik dengan tubuh kekar itu. Beberapa di antaranya adalah Honda CR-V dan Mazda CX-5.

Keduanya baru saja berganti generasi, meskipun untuk CX-5 masih baru dirilis nanti di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Jika dua mobil baru ini diadu, boleh jadi CR-V lebih unggul lantaran nama besar Honda. Di sisi lain populasi mobil Honda itu juga cukup banyak.

Hal tersebut menandakan bahwa keberadaan Honda CR-V sudah mendapat tempat di hati masyarakat. Meski begitu bukan berarti Mazda CX-5 hadir tanpa daya tarik. Kualitas mobil Mazda ini juga tidak boleh dipandang sebelah mata.

Berstatus sebagai generasi baru maka akan ada sederet ubahan yang diberikan pada kedua mobil ini. Hal ini membuat Mazda CX-5 dan Honda CR-V terbaru lebih menarik dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk mengetahui mana yang unggul, silakan menyimak komparasi keduanya berikut ini.

Dimensi

Melihat dimensinya, Honda CR-V terbaru mempunyai dimensi yang lebih panjang dan lebar dibandingkan CX-5. Hanya saja mobil tersebut tidak lebih tinggi dari rival. Begitu pula dengan wheelbase atau jarak poros roda yang lebih pendek.

Mazda CX-5 menawarkan kabin yang cukup lapang. Penumpang depan dan belakang bisa duduk dengan nyaman tanpa masalah pada kelegaan kabin. Lalu bangku belakang dapat reclining dan bagasi tampak lebih lega.

Honda CR-V 2017 juga menawarkan kabin yang tak kalah lapang. Mobil SUV ini unggul karena sudah membawa 7-kursi penumpang. Hanya saja kursi baris ketiga tidak terlalu nyaman untuk diduduki orang dewasa. Hal ini seakan sudah menjadi permasalahan klasik pada mobil dengan tiga baris kursi.

Fitur

Beralih ke bagian fitur, keduanya menawarkan beragam fitur menarik. Bahkan beberapa diantaranya sama. Seperti electric parking brake, cruise control, lampu LED otomatis, sunroof, AC otomatis dua zona dan infotainment yang dilengkapi sistem audio handal. Untuk hal audio Mazda CX-5 terbaru unggul lantaran sudah memakai sistem audio BOSE.

Baca juga: Detail Lengkap Honda CRV 2017 Indonesia

Pada Honda CR-V terdapat layar sentuh 9 inci. selain itu ada fitur nanoe TM system yang fungsinya menjaga kualitas udara di dalam kabin. Fitur lainnya adalah kamera parkir mundur dengan garis bantu dan sistem navigasi.

Honda juga menyematkan pengaturan elektis dengan lumbar support di bagian jok. Baris kedua juga terdapat AC yang akan menjamin kesejukan selama perjalanan. Masih ada juga fitur power tailgate guna memudahkan pengemudi membuka bagasi.

Di dalam kabin Mazda CX-5 mempunyai fitur Active Driving Display (heads-up display). Fungsinya agar pengemudi lebih mudah memproyeksikan informasi seputar kecepatan mobil langsung melalui kaca depan bagian bawah pengemudi.

Membuka dan menutup bagasi juga lebih mudah karena adanya fitur Power Lift Gate otomatis yang disertai fungsi anti-jam. Fitur ini juga dapat meningkatkan unsur keselamatan yang mencegah pengguna terjepit pintu.

Di dasbor ada Multi Information Display (MID) dengan layar LCD berukuran 3,6 inci TFT beresolusi tinggi. Juga disertakan layar informasi utama dengan ukuran 7 inci.

Perbedaan yang cukup mencolok antara CR-V dan CX-5 adalah fitur penunjang keselamatan. Honda CR-V mempunyai enam kantong udara yang terdapat pada varian tertinggi. Di samping itu mobil bongsor bertampang modern ini dilengkapi fitur Hill Start Assist, VSA, ESS, rem ABS, EBD dan BA.

Mazda CX-5 2017 lagi-lagi lebih unggul di sektor ini. Pasalnya ada banyak fitur yang disematkan. Antara lain enam airbags, Lane keep Assist System, Steering assist dan Lane departure warning, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert dan Smart City Brake Support. Masih ada lagi tawaran menarik lain seperti Tire Pressure Monitoring System, Antilock Brake System (ABS), Electric Brakeforce Distribution (EBC), Emergency Brake Assist (EBA), Dynamic stability Control (DSC) dan Traction Control System (TCS).

Mesin

Untuk dapur pacu, Honda membekali SUV andalannya dengan mesin baru yang dikombinasikan dengan teknologi turbo. Di samping itu pilihan mesin naturally aspirated 2.0 liter tetap tersedia untuk varian termurah.

Untuk varian mesin turbo mirip dengan milik Civic turbo, yakni 4-silinder 1.5 liter VTEC turbo. Tenaga yang dapat dihembuskan mencapai 190 PS dengan torsi maksimum 240 Nm. Daya tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi CVT.

Baca juga: Detail Ubahan Mazda CX-5 2017 Indonesia

Lalu untuk Mazda CX-5 mengandalkan mesin yang lebih besar, namun tanpa adanya turbo. Mesin 4-silinder 2.5 liter SKYACTIV-G ini mempunyai daya maksimum 187 PS dengan torsi 250 Nm. Dari data tersebut CR-V lebih unggul dari segi tenaga, tetapi kalah torsi dari CX-5.

Beralih ke transmisi, Mazda membekali mobilnya dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Sistem perpindahan gigi ini memiliki performa yang responsif dan mulus. Lalu Honda membenamkan transmisi CVT andalannya ke dalam CR-V terbaru.

Bila disandingkan, transmisi CVT milik CR-V sangat nyaman dipakai untuk kegiatan harian. Lalu Mazda CX-5 lebih menarik karena mempunyai mode Sport. dengan mode tersebut perpindahannya lebih tepat, bahkan dapat lebih sesuai dengan putaran mesin yang diinginkan.

Untuk efisiensi bahan bakar Honda tampak lebih unggul karena sudah mengandalkan turbocharger. Kendati begitu Mazda CX-5 terbaru memiliki fitur tambahan i-stop yang membuat konsumsi bahan bakar lebih irit ketika melintasi jalanan yang macet. Untuk kapasitas tangki bahan bakar CX-5 mencapai 56 liter, lalu CR-V 53 liter.

Harga

Untuk hal ini, Honda unggul dari rival senegaranya. Harga Honda CR-V 2017 lebih terjangkau dari harga CX-5. Untuk lebih jelas Anda bisa menyimak daftar berikut ini.

ModelHarga
Honda CR-V
Honda CR-V 2.0L Rp 432 juta
Honda CR-V 1.5L Turbo Rp 466 juta
Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp 506 Juta
Mazda CX-5
Mazda CX-5 Touring Rp 492,3 juta
Mazda CX-5 Touring (Soul Red) Rp 495,3 juta
Mazda CX-5 Grand Touring Rp 524,1 juta
Mazda CX-5 Grand Touring (Soul Red) Rp 527,1 juta

Perlu dicatat, harga Mazda CX-5 di atas merupakan harga untuk model saat ini. Sedangkan untuk generasi terbarunya belum dapat diinformasikan. Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) beberapa waktu lalu mengatakan saat ini masih dalam tahap homologasi. Kendati begitu dipastikan harganya tidak berbeda jauh dari model saat ini.

Kesimpulan

Honda CR-V terbaru mempunyai harga yang lebih terjangkau dibandingkan CX-5. Di samping itu mobil ini mempunyai reputasi yang cukup baik di Indonesia. Terlebih brand Honda yang juga baik di mata masyarakat.

Keunggulan lainnya adalah jaringan penjualan dan aftersales yang tersebar luas di Tanah Air. Hal ini memudahkan konsumen untuk membeli CR-V terbaru.

Sementara Mazda CX-5 2017 meski kalah pamor namun tetap menarik untuk dilirik. Harganya yang sedikit lebih mahal sepadan dengan tawaran fitur dan teknologi yang disematkan. Belum lagi desain yang tampak berkelas dan elegan sehingga bisa menjadi pusat perhatian.

Itulah komparasi Honda CR-V vs Mazda CX-5 generasi terbaru. Kedua mobil SUV ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kini keputusan berada di tangan Anda. Tinggal memilih mana yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Jika ada pertanyaan seputar mobil di atas, Anda bisa bertanya ke dealer resmi terdekat.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply