Home Honda Honda CR-V vs Nissan X-Trail 2017, Pilih Mana?

Honda CR-V vs Nissan X-Trail 2017, Pilih Mana?

0 372

Honda CR-V, Ada deretan mobil SUV yang bisa kita jumpai di pasaran. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah Honda CR-V dan Nissan X-Trail. Kedua mobil ini sama-sama mengusung desain yang menarik.

Tidak hanya itu, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan juga memiliki daya tarik tersendiri. Supaya jelas, pada kesempatan ini akan dibahas bagaimana komparasi mobil Honda dan Nissan ini. Silakan simak uraian selengkapnya berikut ini.

Honda CR-V

Generasi terbaru CR-V baru saja hadir di Indonesia, tepatnya pada April kemarin. Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Honda CR-V terbaru mempunyai tampilan yang lebih segar. Sejumlah perubahan dihadirkan, mulai dari eksterior, interior hingga sektor mesin.

Yang menjadi daya tarik tentu saja adalah pilihan mesin berteknologi turbo. Jantung pacu ini mempunyai kapasitas yang lebih kecil dari model sebelumnya, yakni 1.5 liter, 4 silinder segaris, 16 katup VTEC Turbo. Dengan mesin tersebut, Honda CR-V 2017 diklaim dapat mengeluarkan tenaga hingga 187 hp pada 5.600 rpm dengan torsi maksimum 240 Nm pada 2.000-5.000 rpm.

Di samping itu pilihan mesin 2.0 liter 4 silinder segaris, 16 katup tetap ditawarkan. Hanya saja varian ini tidak dilengkapi dengan piranti turbo. Tenaga yang dihasilkan pun lebih kecil, yakni 151 hp pada putaran 6.500 rpm dengan torsi 189 Nm pada 4.300 rpm.

Di bagian eksterior, ubahan yang dilakukan Honda terdapat di bagian lampu depan, lampu kabut dengan desain baru dan lampu senja yang sekarang sudah memakai LED. Selain itu SUV Honda ini juga sudah dibekali dengan fitur daytime running light (DRL) LED. Mobil ini juga mengusung tailgate spoiler baru, dual-exhaust pipe dan finisher.

Baca juga: Honda CR-V 2017 vs X-Trail dan Santa Fe

Tampilannya semakin menarik dengan dibekali pelek alloy berukuran 18 inci yang mempunyai desain agresif. Tidak cukup sampai di situ, juga terdapat fitur panoramic sunroof yang membuatnya terlihat berkelas.

Di sisi interior, untuk Honda CR-V 1.5 liter terasa lebih lapang dan mempunyai bangku baris ketiga. Dengan begitu mobil Honda ini dapat memuat hingga tujuh penumpang. Fitur yang ditawarkan di antaranya layar sentuh 9 inci dan nanoe system yang berfungsi menjaga kualitas udara di dalam kabin.

Honda CR-V generasi kelima ini juga tidak luput dari fitur penunjang keselamatan. Pabrikan mobil asal Negeri Bunga Sakura itu menyertakan beberapa fitur. Di antaranya Emergency Stop Signal, Hill Start Assist, rem ABS + EBD + BA dan Vehicle Stability Assist (VSA).

Nissan X-Trail

Kini giliran X-Trail yang kita bahas. Mobil ini sampai sekarang belum juga mendapat penyegaran. Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan di Tanah Air melakukan pembaruan mobil SUV tersebut pada tahun 2014. Akan tetapi beda cerita jika melihat di luar negeri.

Nissan X-Trail facelift sudah lebih dulu hadir di AS. Mobil ini diluncurkan pada September 2016 di ajang Miami International Auto Show. Sayangnya belum diketahui pasti kapan NMI menghadirkan mobil baru tersebut di Indonesia.

Melihat tampilannya, X-Trail 2017 dipercantik dengan grille berdesain V-motion. Tampilan depan juga dipermanis dengan adanya foglamp baru yang dibuat mengikuti desain bumper. Sedangkan untuk bagian belakang menggunakan lampu LED dengan pemanis berbahan krom di bagian bumper dan bagasi.

Baca juga: Desain dan Teknologi Nissan X-Trail Terbaru

Lalu untuk sektor kaki-kaki hadir dengan tampilan yang lebih dinamis. Mobil Nissan ini dijual dalam beberapa pilihan ukuran pelek, antara lain 17, 18 dan 19 inci.

Di sisi kabin, Nissan X-Trail terbaru menawarkan nuansa yang lebih segar. Ada setir D-shaped. Selain itu dinding pintu, instrument cluster dan konsol tengah dibalut dengan pelapis kulit model baru.

Untuk sektor dapur pacu mobil ini mengandalkan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.5 liter. Tenaga yang dihembuskan diklaim mencapai 170 hp dengan torsi puncak 237 Nm. Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis.

Jika melihat tenaganya, mobil ini kalah tenaga dengan CR-V 1.5 turbo. Selisih tenaga keduanya mencapai 17 hp.

Selain mesin bensin 2.5 liter itu, masih ada pilihan mesin lainnya. Seperti hybrid 4 silinder 2.0 liter yang ditemani motor listrik. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi Xtronic CVT dengan output daya mencapai 176 hp.

Sementara di Inggris ada tiga varian mesin, dua diesel dan satu bensin. Untuk diesel berkapasitas 1.600 cc dengan tenaga 128 dk dan 2.000 cc yang mempunyai daya 175 dk. Sementara mesin bensin berkapasitas 1.600 cc dengan keluaran daya 161 dk.

Sejumlah fitur turut disematkan pada Nissan X-Trail facelift ini. Di antaranya adalah Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Intelligent Cruise Control (ICC) dan Forward Emergency Braking dengan Pedestrian Detection.

Juga ada teknologi Nissan Autonomous ProPilot. Sistem ini dapat mengatur setir, akselerasi, pengereman dan start-stop system yang bekerja ketika lampu merah dan kemacetan.

Itulah komparasi Honda CR-V dan Nissan X-Trail 2017. Untuk saat ini CR-V di Indonesia unggul karena sudah mendapatkan pembaruan. Tinggal menunggu kedatangan X-Trail facelift. Mana yang menarik bagi Anda?

Source: 2017 x-trail vs honda, crv 2017 vs x trail 2017 mana yang terbaik, crv terbaru vs xtrail terbaru, crv vs x trail terbaru, pilih new crv atau new xtrail 2017, pilih xtrail atau crv, pilih xtrail atau crv 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply