Home Auto News 5 Fakta Honda CR-V 2017 Indonesia

5 Fakta Honda CR-V 2017 Indonesia

0 147

Honda CR-V, Pasar SUV bisa jadi tengah memanas setelah hadirnya Honda CR-V generasi terbaru. Mobil baru ini diperkenalkan PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang berlangsung bulan April kemarin. Ada banyak pembaruan yang ditawarkan pada mobil SUV ini.

Yang cukup jelas terlihat adalah tampilan eksteriornya yang terlihat lebih elegan. Tidak hanya itu, HPM juga menawarkan mesin baru berteknologi turbo yang memiliki performa tak kalah gahar. Masih ada banyak tawaran menarik lainnya pada mobil Honda ini, baik dari segi fitur maupun spesifikasi.

Di balik itu semua, ada beberapa fakta seputar Honda CR-V 2017. Setidaknya ada empat fakta yang tercatat. Jika penasaran, silakan simak detail berikut, sebagaimana dilaporkan laman Liputan6.

Mesin Lebih Kecil

Seperti yang sudah disinggung di atas, CR-V terbaru mengusung mesin baru dengan teknologi turbo. Menariknya kapasitasnya justru mengecil menjadi 1.5 liter. Mesin turbocharger ini dilengkapi dengan Earth Dreams Technology.

Tenaga yang dihembuskan diklaim mencapai 187 hp pada putaran mesin 5.600 rpm dengan torsi maksimum 240 Nm pada putaran 2.000 sampai 5.000 rpm. Perlu diketahui, mesin lama berkapasitas 2.4 liter DOHC i-VTEC dapat menyajikan tenaga sebesar 187 hp pada 7.000 rpm dengan torsi 221 Nm pada 4.400 rpm.

Selain mesin 1.5 liter Honda juga masih tetap mempertahankan mesin naturally aspirated berkapasitas 2.0 liter SOHC i-VTEC. Tenaga yang dapat dihasilkan mesin ini mencapai 151 hp pada 6.500 rpm dengan torsi 189 Nm pada 4.300 rpm.

Hadirnya pilihan mesin turbo tersebut tentu ada alasannya. Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purna Juaal PT Honda Prospect Motor mengungkapkan hal tersebut terkait dengan regulasi yang berlaku di beberapa negara.

Baca juga: Honda CRV Lama Diskon Sampai Rp 35 Juta

“Untuk memenuhi regulasi tersebut, sulit bila masih pertahankan mesin dengan kapasitas silinder besar. Makanya pada All New CR-V, diputuskan pakai mesin ber-cc lebih kecil dari generasi sebelumnya,” jelasnya, dikuip dari Otomotifnet.

Agar performa tetap besar untuk menggerakkan SUV Honda yang bertubuh bongsor itu, maka cara menyiasatinya adalah dengan menyematkan mesin turbo. Berbekal teknologi ini, tidak hanya tenaganya yang lebih besar, efisiensi bahan bakar juga lebih irit sehingga konsumen tidak akan dikorbankan dari segi performa.

Tidak hanya itu, pemilihan mesin 1.5 liter turbo ini juga bertujuan untuk mengakali harga jual agar tidak melambung. Jonfis menerangkan, bila mempertahankan mesin lama dengan kapasitas besar, maka pajak jadi tinggi dan dana yang dikeluarkan konsumen juga lebih besar. Bisa lebih mahal Rp 60 jutaan dari model sebelumnya.

Hanya Ada Transmisi Otomatis

Pada generasi sebelumnya Honda CR-V mempunyai dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. Akan tetapi untuk CR-V 2017 seluruh varian  yang dijual hanya memiliki pilihan transmisi CVT. Penggunaan transmisi CVT ini terbilang baru, sebab sebelumnya mobil Honda ini mengusung transmisi otomatis lima percepatan atau manual enam tingkat percepatan.

Kapasitas Kabin 7 Penumpang

Walaupun sekilas dimensinya tidak berbeda, sisi kabin Honda CR-V terbaru kini mempunyai tiga baris bangku. Itu artinya mobil ini bisa memuat hingga tujuh orang penumpang. Akan tetapi tawaran ini hanya berlaku pada Honda CR-V tipe Turbo dan Turbo Prestige. Sedangkan tipe 2.0 liter masih menawarkan kabin 5-penumpang.

Bisa Menggunakan BBM Premium

Mesin turbo biasanya dikaitkan dengan bahan bakar RON tingi. Akan tetapi dalam kondisi darurat mobil ini bisa menggunakan bahan bakar premium. Hal ini diungkapkan oleh Koji Hirano, Assistant Large Project Leader All New Honda CR-V, Honda Co., Research and Development Centre.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya menguji CR-V dengan RON 83 yang menjadi oktan terendah di dunia. “Kami menguji CR-V dengan RON 83 yang merupakan bahan bakar dengan oktan terendah di dunia. Jadi ron 88 yang dimiliki premium, bisa juga digunakan. Tapi tentunya yang kami rekomendasikan adalah RON 92 sesuai di buku manual,” ujarnya.

Punya Fitur brake Hold

Fitur ini menjadi salah satu fitur menarik dari Honda CR-V terbaru. Letak tombol fitur ini berada di dekat tuas persneling. Untuk mengaktifkan tinggal menekan tombol itu saja. Maka ketika berhenti di tanjakan, walaupun pengemudi lupa mengaktifkan rem tangan mobil akan berhenti secara otomatis.

Itulah beberapa fakta seputar Honda CR-V terbaru di Indonesia. Tertarik untuk membeli mobil SUV ini?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply