Home Auto News Mobil Renault Kwid, Seberapa Laris di Indonesia?

Mobil Renault Kwid, Seberapa Laris di Indonesia?

0 196

Mobil Renault Kwid, Mobil dengan harga terjangkau memiliki pecinta tersendiri di Tanah Air. Untuk itu beberapa produsen mobil tertarik untuk menawarkan produk baru dengan banderol yang ramah di kantong. Salah satunya adalah Renault yang pada tahun lalu meluncurkan Renault Kwid.

Walaupun bukan tergolong mobil LCGC, harga Renault Kwid ini cukup menggoda. Sayangnya penjualan mobil Renault ini tidak terlalu bagus seperti mobil baru lainnya.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), diketahui bahwa jumlah penjualan pabrik ke dealer (wholesales) di segmen city car sepanjang semester pertama 2017 mencapai 15.262 unit. Kontribusi Renault Kwid sangatlah kecil, yakni hanya 83 unit saja.

Angka penjualan tersebut jauh lebih kecil dibandingkan mobil baru lain yang hadir di Indonesia. Sebagai pembanding, Suzuki Ignis yang baru saja meluncur di Indonesia berhasil membukukan penjualan sebesar 5.524 unit di semester ini. Apa yang menyebabkan kecilnya penjualan Renault Kwid?

Ario Soerjo, Sales & Marketing Division Head Renault Indonesia mengakui lemahnya penjualan Kwid di Indonesia. Ia mengungkapkan, kecilnya penjualan Renault Kwid itu bukan karena tidak ada peminat. Diakuinya bahwa ada masalah internal yang tidak bisa dihindari.

“Jadi, masalahnya suplai dari India. Itu yang tidak bisa saya hindari. Karena ada masalah di India jadi mengganggu, jadi pengaruh pada sales projection yang harusnya datang dari kapan, jadi banyak tertunda,” kata Ario, dikutip dari laman Liputan6.

Ario mengatakan, dari 200 unit Renault Kwid yang dipesan dari India, sampai saat ini jumlahnya tidak banyak. “Mohon maaf calon konsumen jadi ada yang kecewa. Tapi saya juga tidak bisa berkutik, karena suplai saya tergantung banget dari India,” ujarnya.

Lebih lanjut Ario menyampaikan jika ada konsumen yang tetap ingin menanti kehadiran Renault Kwid, maka Renault Indonesia akan memberikan kompensasi secara khusus.

Renault Kwid hadir dengan tampilan ala SUV yang dikemas ke dalam city car. Menariknya ground clearance mobil ini jua dibuat tinggi, yakni mencapai 180 mm. Desain mobil ini terbilang cukup menarik. Supaya tidak tampak polos, terdapat motif chequered flag dan tulisan 1.0.

Kesan SUV terlihat di bagian bumper dengan grill berstruktur bold, rumah foglamp, fender dan bumper belakang dengan skid plastik. Juga terdapat warna brusher silver pada bagian spionnya.

Baca juga: Renault Kwid Indonesia vs Agya dan Ayla

Di bagian interior, terdapat kombinasi warna merah dan abu-abu yang terdapat di jok fabrik. Sementara secara keseluruhan warnanya didominasi hitam dengan trim piano black.

Terdapat beberapa fitur yang disematkan pada mobil ini. Seperti AC plus penghangat, head unit yang terintegrasi MediaNAV dari LG dan lain-lain. Head unit mobil Renault Kwid ini merupakan layar sentuh 7 inci yang sudah memiliki dukungan konektivitas AUX port, USB dan Bluetooth.

Fitur menarik lainnya adalah sistem navigasi GPS yang akan memudahkan pengguna mencari tahu jalan atau mengetahui posisi. Juga disematkan keyless entry, spidometer digital dan power window untuk bagian depan yang terintegrasi fascia tengah. Sayangnya spidometer digital yang disematkan pada city car ini belum memiliki takometer. Pintu bagian belakang juga belum dilengkapi dengan power window.

Mobil Renault Kwid ini mengandalkan mesin berkapasitas 999 cc 1.0 SCe 3-silinder. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 67 dk pada putaran mesin 5.500 rpm dengan torsi puncak 91 Nm pada 4.250 rpm. Mesin ini ditemani dengan transmisi manual 5-percepatan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply