Home Auto News Detail Singkat MPV Mitsubishi XM Indonesia

Detail Singkat MPV Mitsubishi XM Indonesia

0 422

Mitsubishi XM Indonesia, Mitsubishi tengah menjadi sorotan para pecinta mobil, terutama di Indonesia. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja memperkenalkan small MPV buatannyadi ball room  Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta. Seperti yang diketahui bersama, mobil baru Mitsubishi ini sudah lama membuat banyak orang penasaran.

Kini masyarakat sudah bisa melihat tampilannya tanpa ditutupi kamuflase. Jika memperhatikan tampilan eksteriornya, MPV Mitsubishi ini memang mirip dengan versi konsepnya yang diberi nama XM Concept.

Untuk bersaing di segmen small MPV yang dihuni lebih dulu oleh Toyota Avanza dan kawan-kawan, apa saja bekal mobil Mitsubishi ini? Silakan simak detail singkat berikut ini.

Spesifikasi Singkat

Eksterior

Untuk dimensinya, mobil terbaru ini mempunyai panjang 4.475 mm, dengan lebar 1.750 mm dan tinggi mencapai 1.700 mm. Daya tarik terlihat pada ground clearance yang dibuat tinggi, yakni mencapai 205 mm.

Untuk sektor kaki-kaki Mitsubishi memberikan dua pilihan diameter roda, yaitu 15 inci dan 16 inci. Untuk pelek 15 inci dibalut dengan ban berukuran 185/65-R15. Sementara pelek 16 inci dikombinasikan ban 205/55-R16.

Untuk sektor suspensi, disebutkan bahwa small MPV ini mengandalkan setelan Evo untuk suspensi depan dan belakang. Tujuannya supaya menghadirkan performa ala mobil sedan.

Mobil ini diklaim mempunyai ukuran yang lebih besar dan lebar dari rivalnya. Akan tetapi bobotnya justru lebih ringan dari kompetitor. Tidak hanya itu, Mitsubishi Expander ini juga memiliki air intake yang diposisikan cukup tinggi sehingga aman untuk permukaan jalan di Indonesia yang bermacam-macam.

Tampilan luar mobil keluarga ini tampak stylish dengan konsep khas Dynamic Shield. Mitsubishi mencampurkan gaya dinamis dengan ekspresi visual dari perlindungan penumpang dan pejalan kaki.

Baca juga: Small MPV Mitsubishi, Harga Mulai Rp 189 Juta!

Kesan gagah khas SUV tampak dari fender yang dirancang melebar. Bila diperhatikan lagi tampilannya tampak mirip dengan Mitsubishi Pajero Sport. Posisi lampu mempunyai tiga tingkat tata pencahayaan, dengan posisi LED terletak tinggi di sisi kap mesin. Sementara lampu depan dipasang lebih rendah dan untuk paling bawah ada lampu kabut atau foglamp.

Mesin

Melirik dapur pacunya, MPV Mitsubishi ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, inline 4 cylinder 16 katup dengan teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem penggerak roda depan. Sayangnya belum dapat diketahui berapa besar tenaga yang bisa dihasilkan mesin tersebut.

Alhasil tenaganya diklaim besar namun tetap hemat bahan bakar. Lalu untuk menyalurkan tenaga ke roda, Mitsubishi XM versi produksi massal ini mempunyai dua opsi transmisi. Yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Pengoperasian gigi mundur MPV Mitsubishi versi transmisi manual ini sedikit berbeda. Tidak seperti small MPV pada umumnya, pada mobil berlogo tiga berlian ini tuas persneling harus digeser ke samping kiri, lalu angkat sedikit cincin yang terdapat di batang tuas, baru tuas digeser ke depan. Sistem pengoperasiannya mirip dengan mobil Eropa seperti BMW.

Interior

Berpindah ke bagian interior, mobil keluarga ini juga menawarkan pesona yang tak kalah menggoda. Tampilannya terkesan mewah dengan pengaplikasian warna hitam di dasbor dan sebagian trim pintu. Mitsubishi memadukannya dengan warna beige yang terdapat di jok, sebagian dasbor dan trim.

Bangku kedua dan ketiga mobil MPV ini dapat dilihat hampir menyentuh lantai. Dengan demikian pengguna akan mendapat bagasi yang sangat luas. Tidak berhenti sampai di situ, low MPV ini juga mempunyai utilitas yang banyak.

Di dalam kabin pengguna juga dapat menyimpan hingga 13 botol air minum. Mitsubishi telah membekalinya dengan kantong untuk menyimpan gadget dan juga terdapat power supply di setiap bangku.

Kabin mobil Mitsubishi terbaru ini juga diklaim lebih senyap dibandingkan kompetitor. Hal tersebut tercipta lantaran ada beberapa perbaikan di bagian mesin sehingga bisa mengurangi suara. Selain itu Mitsubishi juga melakukan pembenahan bodi, seperti memakai kaca yang lebih tebal di bagian depan dan belakang, seal ganda di setiap pintu dan lain-lain.

Alhasil suara mesin terdengar lebih senyap di dalam kabin saat mobil ini dipacu di jalanan. Bahkan ketika diuji di jalan non-aspal, gemuruh ban ketika bersentuhan dengan tanah dan kerikil juga terdengar halus.

Fitur

Melirik panel instrumennya, Mitsubishi menyematkan model kombinasi jarum (speedometer dan takometer) dan digital untuk MID. Rival Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia dan Honda Mobilio ini juga sudah dibekali sistem steering elektrik (EPS). Menariknya sistem EPS ini sangat responsif. Belum lagi setirnya sudah mengadopsi teknologi tilt dan telescopic.

Khusus tipe tertinggi, Mitsubishi menyertakan head unit 2DIN dengan fitur kamera mundur. Di samping itu kabin mobil Mitsubishi ini terdapat 3 port lighter. Satu di antaranya diletakkan di dasbor, sedang lainnya berada di konsol tengah dan trim jok baris ketiga.

 

MPV ini juga mempunyai fitur keyless operation system (KOS). Fitur ini memungkinkan pengemudi membuka pintu dan menghidupkan mesin ketika kunci berada di dalam saku. Tombol KOS berkomunikasi dengan kendaraan melalui teknologi nirkabel.

Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menyalakan lampu dengan menekan tombol. Sehingga cocok untuk di pakai saat mencari mobil di area parkir yang luas. Untuk kenyamanan yang lebih baik, lampu depan tetap menyala selama 30 detik saat keluar dari mobil pada malam hari.

Mitsubishi XM Indonesia ini juga mengusung fitur yang berfungsi sebagai fitur penunjang keamanan. Seperti fitur ABS dan AFC. Juga hadir hill assist yang berguna membantu saat berhenti di tanjakan. Menghidupkan mesin mobil ini juga mudah berkat hadirnya teknologi keyless dan start/stop button di dasbor.

 

Riset dan Survey Selama 3 Tahun

Dijelaskan bahwa sebelum menghadirkan small MPV ini Mitsubishi telah melakukan riset dan survey. “Sebelum meluncurkan mobil ini kami telah melakukan riset dan survei kebutuhan mobil keluarga di Indonesia sejak 3 tahun yang lalu,” ujar Taaki Kishii, Chief Product Specialist MMC, dikutip dari DetikOto.

Ia menambahkan, berdasarkan risetnya mobil yang paling banyak dipilih oleh pengemudi di Indonesia adalah Small MPV dengan kapasitas kabin yang lebar. Untuk itulah mobil yang digadang-gadang mengusung nama Mitsubishi Expander ini hadir.

“Next Generation MPV memiliki nilai jual yang unik yakni Class-Leading Body, Styling, Roominess dan Driving Performance,” kata Kyoya Kondo, Presiden Direktur PT MMKSI.

Ia menambahkan, mobil ini memiliki target segmen para pengendara berusia 30-40 tahun. Dengan begitu perkembangan yang paling besar terdapat pada muatan kabin yang besar sehingga menghadirkan kenyamanan untuk penggunanya.

Diproduksi 80.000 unit per Tahun

Walaupun baru saja diperkenalkan dan belum mulai dipasarkan, mobil dengan slogan Next Generation MPV ini ditargetkan dapat terjual sampai 60.000 unit per tahun di Indonesia. Untuk itu Mitsubishi akan memproduksi MPV terbarunya itu sebanyak 80.000 unit, termasuk ekspor. Sementara penjualan baru akan dilakukan di GIIAS 2017 nanti.

Diharapkan di tahun 2020 nanti mobil Mitsubishi ini dapat mendominasi pasar otomotif Tanah Air. “Melihat perkembangan pasar Indonesia dan melakukan riset terhadapnya, Small MPV ini adalah jawaban dari keinginan konsumen yang ingin miliki mobil dengan muatan besar serta performa yang baik,” jelas Taakaki.

Nantinya MPV Mitsubishi ini dipasarkan dalam enam varian. Harga mobil MPV Mitsubishi ini mulai Rp 189 jutaan sampai dengan Rp 246 jutaan.

“Detail dari mobil ini akan diungkap di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show bulan Agustus mendatang. Namun hari ini secara eksklusif kami ingin mempersembahkan dari MPV generasi terbaru kepada konsumen Indonesia,”  kata Kyoya.

Tertarik untuk membeli Mitsubishi XM Indonesia ini? Silakan datangi booth Mitsubishi saat ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 Agustus mendatang.

Source: foto foto mobil mpv mitsubishi dalaem nya, macam warna mobil xm indonesia, mithsubishi xm, mitsubishi xm indonesia, tipe mitsubishi expander, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply