Lebih Dekat dengan Honda Jazz 2017 Indonesia

Loading...

Honda Jazz 2017, Para pecinta mobil hatchback di Indonesia digoda dengan hadirnya Honda Jazz facelift. Salah satu mobil andalan Honda ini mendapat serangkaian penyegaran yang membuatnya semakin menarik.

Loading...

Sebagai informasi, Honda Jazz terbaru di Indonesia hadir dalam dua pilihan varian. Yakni Honda Jazz standar dan Honda Jazz RS. Sementara untuk dapur pacu masih tetap mengandalkan mesin L15, 4 silinder segaris dengan kapasitas 1.500 cc.

Sementara transmisinya ada manual dan CVT. Tidak ada pilihan mesin turbo dan hybrid untuk mobil Honda ini. Mari berkenalan lebih dekat dengan mobil baru yang satu ini.

Perbedaan dengan Modal Lama

Meskipun sudah mendapat penyegaran, jika diperhatikan sepintas tampilan pesaing Toyota Yaris ini tidak berbeda dengan model sebelumnya. Kendati begitu ada bagian-bagian yang direvisi. Berikut adalah daftar perbedaannya.

  1. Lampu depan mengadopsi full LED headlamp. Honda menyematkan fitur positioning lamp atau juga disebut dengan nama day time running light (DRL). Fitur ini tersedia untuk tipe RS.
  2. Grille mengusung desain yang lebih segar dan dibagi menjadi dua bilah besar. Di bagian bawahnya terdapat desain honeycomb yang membuatnya semakin menarik. Tawaran ini juga terdapat pada Honda Jazz 2017 tipe RS.
  3. Masih untuk tipe RS, Honda membekalinya dengan jok dan tuas transmisi yang dipercantik dengan aksen jahitan sewarna dengan bodi.
  4. Untuk Jazz tipe S terdapat fitur head unit 6 inci layar sentuh yang mempunyai fungsi aux/AM/FM. Sementara tipe RS dibekali head unit berlayar 8 inci yang mempunyai fitur bluetooth dan mirroring apps dari smartphone.
  5. Honda Jazz tipe S dibekali dengan pelek 15 inci. Sedangkan tipe RS mengusung warna dan desain pelek multi spoke 16 inci.

Impresi Awal

Sebagaimana dikabarkan laman Otomotifnet, tidak sulit untuk mendapatkan posisi berkendara yang optimal pada Honda Jazz facelift ini. Pengemudi hanya perlu menyesuaikan ketinggian jok dan posisi kaki ke pedal akselerasi dan rem.

Posisi mengemudi mobil Honda terbaru ini cenderung ke arah sporty. Selain itu pandangan ke depan, samping dan belakang masih terlihat dengan jelas. Dengan kata lain hatchback ini minim blind spot.

Untuk versi transmisi otomatis memakai model CVT. Kendati begitu karakter agresif khas akselerasi Jazz tetap bisa dipertahankan. Pengoperasian audio juga lebih praktis. Pasalnya Honda menyematkan tombol pengendali di bagian setir kemudi.

Pengaturan suhu kabin memakai pengatur digital yang mudah untuk doperasikan. Pengguna hanya perlu mengusapnya untuk meningkatkan atau menurunkan suhu dan besarhnya hembusan angin dari ventilasi AC.

Tidak Ada Mesin Turbo dan Hybrid

Mesin turbo dan hybrid memang cukup menarik. Mesin ini menawarkan performa yang lebih menggoda dibanding mesin konvensional. Hanya saja Honda Prospect Motor (HPM) memilih tetap menyematkan mesin lama berkapasitas 1.500 cc. Keputusan HPM ini bisa jadi membuat pecinta roda empat di Tanah Air Kecewa.

Akan tetapi pasti ada alasan tertentu yang membuat HPM memilih mesin lama itu untuk dipasang ke Honda Jazz 2017. Jonfis Fandy, Direktur Penjualan dan Purnajual PT HPM mengungkapkan, mesin hybrid tidak dipilih lantaran infrastruktur di Indonesia masih belum mendukung.

Mobil yang mengusung mesin hybrid mempunyai banyak sensor yang sensitif dengan kondisi jalan. Salah satunya adalah Honda Active Sense. Honda Accord Hybrid yang sempat ditawarkan HPM juga memiliki fitur tersebut. Dikatakan bahwa fitur tersebut sering dimatikan oleh pemiliknya.

Baca juga: Fitur dan Harga Honda Jazz 2017

Lalu untuk mesin berteknologi turbo Jonfis sempat mengungkapkan alasannya saat Media Test Drive All New CR-V 1.5L Turbo di Malang. Ia mengatakan bahwa jika menyematkan turbo di mesin 1.500 cc yang sekarang hanya akan membuat harga mobil mahal.

“Harga jualnya bisa jadi lebih mahal sampai Rp 80 jutaan. Yang jadi pertanyaan, mau gak konsumen bayar lebih segitu?” ucapnya.

Honda Jazz di Pasar Indonesia

Jika melihat penjualan di segmen city car hatchback, Honda Jazz masih mempertahankan gelarnya sebagai market leader. Jonfis mengaku optimis Honda Jazz bisa terus mendominasi penjualan mobil hatchback di Tanah Air.

“Marketshare hingga Juli 2017 sebesar 47 persen, atau 7 ribu unit. Honda Jazz menjadi market leader sejak 10 tahun,” ungkapnya.

Salah satu rival kuat Jazz adalah Toyota Yaris. Mobil Toyota ini meraih angka penjualan (wholesales) sekitar 6 ribuan unit. Ini didapat dari data Gaikindo pada periode Januari sampai Juni 2017.

Sejak dijual 10 tahun, Honda Jazz diklaim sudah terjual sebanyak 287.240 unit di Indonesia. “Honda Jazz telah terjual 287.240 unit sejak 2004,” kata Takehiro Watanabe, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM).

Hadirnya Honda Jazz 2017 bisa semakin memperkuat penjualannya di pasar hatchback. Terlebih mobil ini mengusung sejumlah pembaruan, baik di sisi eksterior maupun interior. Bagaimana, berminat membeli mobil Honda ini?

Loading...