Home Auto News Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz Terbaru

0 216

Honda Jazz Terbaru, Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya menghadirkan Jazz facelift. Memang mobil hatchback ini hanya mendapat sentuhan minor. Itu artinya Honda Jazz 2017 ini tidak mendapatkan banyak perubahan.

Kendati begitu ada beberapa tawaran baru yang membuat Honda Jazz terbaru ini terlihat lebih menarik dibanding model sebelumnya. Pembaruan tersebut mau tak mau turut mendongkrak harga Honda Jazz hingga Rp 1-6 jutaan. Dengan selisih harga tersebut, kira-kira apa saja kelebihan dan kekurangan mobil Honda ini?

Pertama-tama mari bicara soal desain eksterior. Honda Jazz facelift mendapat sentuhan revisi di bagian luar. Hanya saja varian RS dirasa mendapat ubahan paling banyak. Honda melakukan beberapa penyegaran, mulai desain grille, bumper dan lampu yang dibuat lebih menarik.

Di samping itu juga terdapat LED strip sebagai lampu siang atau daytime running light (DRL). Hanya saja tawaran ini terdapat pada Honda Jazz terbaru tipe RS saja. Sementara varian Jazz S atau varian standar tampil biasa saja dan harus diakui kalah menarik dari tipe RS.

Tampilan rival Toyota Yaris ini juga semakin menarik dengan hadirnya warna baru Phoenix Orange. Tidak hanya itu, bagian atap dilabur warna hitam sehingga menambah kesan sporty. Sayangnya pilihan warna ini hanya terdapat pada varian RS saja.

Senada dengan eksterior, sisi interior juga berbalut desain sporty. Khusus varian RS, terdapat jahitan berwarna jingga yang tampil kontras dengan interior yang didominasi warna hitam. Begitu juga dengan transmisi dan roda kemudi yang dibalut dengan kulit dan dipercantik jahitan warna jingga. Alhasil tampilannya terlihat semakin menarik.

Mobil baru Honda ini juga dibekali fitur unggulan seperti tombol Start/Stop. Fitur ini akan memudahkan pengguna dalam menghidupkan maupun mematikan mesin kendaraan.

Baca juga: Fitur dan Harga Honda Jazz 2017 Indonesia

Di sisi fitur hiburan tersemat layar sentuh 8 inci dengan desain floating. Sisi dashboard juga turut disegarkan agar nuansa baru terlihat di dalam kabin. Sedangkan New Honda Jazz standar dibekali dengan layar sentuh yang terintegrasi dengan dasbor.

Infotainment baru milik Honda Jazz 2017 ini mempunyai beberapa kelebihan. Fitur ini sudah dapat terhubung dengan smartphone dan dapat dipakai untuk mengakses ponsel. Hadirnya desain floating pada dashboard Jazz RS juga membuatnya lebih mudah dimodifikasi tanpa perlu membongkar dashboard.

Sayangnya Honda Jazz belum dilengkapi dengan kamera mundur. Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari Honda Jazz. Tidak hanya itu saja, sensor parkir mundur yang jauh lebih sederhana juga tidak disematkan pada mobil hatchback ini.

Kekurangan lainnya terletak pada fitur penunjang keselamatan. Honda Jazz terbaru belum dilengkapi dengan vehicle stability assist (VSA) dan hill start assist (HAS). Hal ini perlu menjadi perhatian bila Anda adalah orang yang selalu mengutamakan tawaran fitur yang melimpah, termasuk fitur keselamatan.

Jika melirik mobil Honda lainnya, Mobilio RS sudah dibekali dengan fitur tersebut. Padahal harga Honda Mobilio sendiri lebih terjangkau dari model ini.

Di bagian dapur pacu tidak ada yang berbeda dengan model sebelumnya. Mobil ini tetap mengusung mesin berkapasitas 1,5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder. Tenaga yang dapat disajikan mencapai 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 14,8 kg.m pada 4.600 rpm.

Jangan berharap Honda Indonesia akan menawarkan mesin turbo maupun hybrid. Pasal penyematan mesin tersebut justru membuat harga Honda Jazz semakin mahal, hingga lebih dari Rp 6 juta.

Kendati begitu setidaknya mobil ini sudah dibekali dengan cruise control dan paddle shift. Hanya saja lagi-lagi fitur tersebut terdapat pada tipe RS saja. Fitur ini menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Honda Jazz terbaru memiliki beberapa fitur baru. Tampilannya pun juga terlihat lebih segar, meski tidak terlalu signifikan. Dengan begitu selisih harga Rp 1-6 juta dinilai sudah pas.

Absennya beberapa fitur keselamatan bisa dimaklumi. Sebab jika Honda memutuskan untuk menyematkan fitur tersebut bukan tidak mungkin harga mobil andalannya ini semakin mahal. Di sisi lain HPM ingin tetap menjaga pasar dengan tawaran harga yang kompetitif.

Itulah kelebihan dan kekurangan Honda Jazz terbaru. Tertarik untuk membeli mobil baru Honda ini?

Source: kekurangan honda jazz, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply