Home Auto News MPV Mitsubishi 2017 Indonesia Pakai Mesin Siapa?

MPV Mitsubishi 2017 Indonesia Pakai Mesin Siapa?

0 288

MPV Mitsubishi 2017, Mitsubishi akhirnya resmi memperkenalkan mobil terbarunya. Small MPV Mitsubishi ini akan bersaing dengan rival lainnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Meskipun ada beberapa detail spesifikasi yang belum disampaikan, diketahui bahwa mobil baru Mitsubishi ini mengandalkan mesin 1.500 cc.

Jika melihat ke belakang, Mitsubishi Motors tidak memiliki sejarah di kelas 1.500 cc di Indonesia. Maka dari itu yang menjadi pertanyaan adalah mesin apa yang disematkan pada MPV Mitsubishi 2017 itu? Apakah dapur pacu tersebut benar-benar baru?

Takaaki Kishii, Chief Product Specialist Product Strategy Division, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) berkenan membocorkan sedikit informasi seputar mesin tersebut. Disebutkan bahwa mesin Mitsubishi Expander itu merupakan pengembangan dari mesin yang sudah ada sebelumnya.

”Saya harus mengatakan ’ya’ (baru). Mesin ini dikembangkan atau dimodifikasi dari mesin yang sudah ada sebelumnya. Jadi, 1.500 cc Mitsubishi, ini adalah yang terbaru,” jelasnya, mengutip dari laman KompasOtomotif.

Kishii San pernah mengatakan bahwa mesin mobil Mitsubishi terbaru itu memakai basis pengembangan berkode 4NI. Akan tetapi menurut informasi kode tersebut tidak terdapat pada permesinan Mitsubishi. Hanya ada kode 4N1 yang merupakan generasi mesin diesel 4-silinder.

Di samping itu Kishii San menegaskan bahwa mesin MPV Mitsubishi terbaru itu juga akan disematkan pada beberapa model Mitsubishi terbaru yang mengandalkan mesin 1.500 cc. Ia mengatakan ada beberapa kunci supaya mesin tersebut dapat diterima masyarakat di segmennya.

”Mesin dikembangkan dengan pertimbangan konsumsi bahan bakar, rasio tenaga, dan torsi. Jadi, kami mengatakan bahwa mesin ini paling cocok untuk Indonesia dan MPV,” jelasnya.

Sebagai informasi tambahan, Mesin Mitsubishi Expander dilengkapi dengan valve timing electronic control (MIVEC). Teknologi ini memungkinkan mesin menghasilkan tenaga dan konsumsi bahan bakar yang rendah. Sebagai gambaran mari kita lihat bagaimana performa mesin para kompetitor.

Toyota Avanza yang diniagakan di Indonesia ditawarkan dalam dua pilihan mesin. Yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Untuk Avanza bermesin 1.300 cc 4 silinder 16 valve DOHC dapat mengeluarkan tenaga sebesar 96,5 dk pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 12,3 kgm pada 4.200 rpm.

Lalu untuk mesin 1.500 cc 4 silinder 16 valve DOHC dapat menghembuskan daya sebesar 104 dk pada 6.000 rpm dengan torsi sebesar 13,9 kgm pada putaran mesin 4.200 rpm. Mesin ini sudah dibekali dengan teknologi dual VVT-i yang diklaim membuatnya lebih efisien, performa lebih baik dan eco friendly.

Baca juga: Detail MPV Mitsubishi XM Indonesia

Sedangkan Suzuki Ertiga dibekali dengan pilihan mesin K14b yang mempunyai kapasitas sebesar 1.373 cc. Tenaga yang dapat dikeluarkan mesin ini mencapai 95 PS dengan torsi maksimum 130 Nm.

Honda Mobilio yang baru saja mendapat penyegaran tetap mengandalkan mesin yang sama dengan model sebelumnya. Mesin tersebut adalah 1.500 cc i-VTEC. Tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 115 hp dengan torsi puncak 145 Nm. Mesin ini ditemani dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis CVT.

Setidaknya mesin MPV Mitsubishi terbaru ini nantinya setara dengan rivalnya di kelas low MPV. Dengan begitu selain mengandalkan tampang yang menarik, performa mesin juga kompetitif sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Mobil Mitsubishi terbaru ini akan dibanderol dengan harga Rp 189 juta sampai dengan Rp 246 juta. Untuk pilihan tipenya ada 6 varian yang bisa dipilih oleh konsumen. Mitsubishi juga menyediakan dua opsi transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Rencananya MPV Mitsubishi 2017 ini akan diluncurkan resmi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang akan berlangsung Agustus mendatang.

Source: mitsubishi expander konsumsi bahan bakar, mpv terbaru indonesia 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply