Home Mobil Bekas Pilih Mobil Suzuki Ignis Atau MPV Bekas? Simak Plus-Minusnya

Pilih Mobil Suzuki Ignis Atau MPV Bekas? Simak Plus-Minusnya

Mobil Suzuki Ignis, Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran Suzuki Ignis di Indonesia mendapat dampak positif bagi Suzuki Indomobil Sales (SIS). Mobil yang masuk segmen city car ini berhasil menjadi idola baru di tengah masyarakat setelah dirilis pertengahan April kemarin.

Hadir dengan konsep Urban SUV, mobil baru Suzuki ini tampil dengan desain layaknya SUV yang gagah dan dikemas dalam bentuk sebuah city car yang berdimensi kompak. Selain desain yang terkesan modern, mobil Suzuki ini juga dipersenjatai dengan sederet fitur. Tidak hanya itu, harga Suzuki Ignis juga terjangkau sehingga membuatnya layak untuk dibeli.

Untuk informasi, Suzuki Ignis Indonesia dijual mulai Rp 130 jutaan sampai dengan Rp 160 jutaan. Berbekal tampilan, fitur dan harga yang cukup menggiurkan itu, mobil mungil ini berhasil menduduki peringkat tiga besar di segmen hatchback dalam data Gaikindo.

Jika melihat harga, Ignis bisa dikatakan setara dengan harga mobil MPV bekas yang dijual di pasar mobil bekas. Apabila Anda berencana membeli mobil dengan rentang harga Rp 160 jutaan, maka pertimbangkan hal tersebut.

Hingga saat ini low MPV masih menguasai penjualan mobil di Indonesia. Mobil ini mempunyai beberapa keunggulan, seperti kapasitas penumpang yang banyak dan mesin yang mumpuni dan irit bensin.

Dengan modal dana setara harga Ignis, Anda bisa membeli Toyota Avanza G tahun 2015 dengan transmisi manual atau Suzuki Ertiga tahun 2015 tipe GL. Harga Avanza bekas ini mencapai Rp 166 jutaan. Sedangkan Ertiga GL 2015 mencapai Rp 159 jutaan. Lantas lebih baik pilih mana, Suzuki Ignis atau MPV bekas? Sebagai gambaran mari kita simak kelebihan dan kekurangan keduanya.

Suzuki Ignis yang dijual di Indonesia menawarkan kabin dengan kapasitas empat penumpang. Mobil ini dibekali dengan sederet fitur modern. Seperti LED Projector dengan Daytime Running Light (DRL) yang ada pada tipe tertinggi. Selain itu juga terdapat fitur roof rail, pengaturan suhu kabin (AC) digital, head unit terkoneksi radio, CD, USB MP3, WMA dan juga konektivitas bluetooth.

Salah satu fitur yang cukup menarik perhatian adalah smart entry dan tombol start/stop. Dengan fitur tersebut mobil dapat mendeteksi kunci dalam radius 80 cm dan akan membukakan kunci untuk pengguna. Alhasil pengemudi tidak perlu memencet tombol di remote.

Menghidupkan mesin mobil juga lebih mudah karena tinggal menekan tombol start saja. Di samping memberikan kemudahan, fitur tersebut juga akan menambah faktor keamanan.

Mobil Suzuki Ignis juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap. Mobil ini mempunyai fitur dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Selain itu juga terdapat sabuk pengaman dengan pretensioner dan force limiter.

Suzuki juga menyertakan fitur ISOFIX pada kursi belakang sehingga pengguna lebih mudah untuk memasang child seat. Untuk sistem pengereman sudah dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brakeforce distribution (EBD) dan brake assist (BA).

Baca juga: Suzuki Ignis 2017 vs Honda Brio RS 

Di sektor dapur pacu Ignis hanya mengandalkan mesin berkapasitas 1.2 liter. Mesin ini memiliki daya sebesar 83 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 113 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Kini saatnya membahas pilihan mobil MPV bekas. Seperti yang disebutkan di atas, keunggulan utama dari mobil ini adalah kabinnya yang bisa memuat banyak penumpang. Di samping itu ground clearance model MPV sedikit lebih unggul dari Ignis. Sebagai gambaran, Ertiga mempunyai ground clearance 185 mm dan Daihatsu Xenia mencapai 200 mm.

Ground clearance yang lebih tinggi dapat memudahkan pengemudi untuk melintasi jalanan yang kurang rata. Hal inilah yang sering dijumpai oleh pengemudi ketika bepergian. Di samping itu mobil MPV juga mengusung mesin yang kapasitasnya lebih besar, yakni 1.3 liter hingga 1.5 liter.

Pilihan MPV bekas lain selain Avanza, Xenia dan Ertiga adalah Honda Mobilio RS dan Chevrolet Spin. Honda Mobilio RS merupakan varian tertinggi. Jika beruntung, Anda bisa membeli Honda Mobilio bekas tahun 2014 dengan harga Rp 160 jutaan.

Sementara Chevrolet Spin 1.3 TDCI bisa dibeli dengan banderol harga sekitar Rp 140 jutaan. Mobil ini mengusung mesin 4 silinder dengan turbo diesel yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 75 dk.

Baca juga: 5 MPV Bekas di Bawah 150 Jutaan

Akan tetapi bila ingin membeli mobil MPV bekas, Anda patut melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini menjadi kegiatan wajib jika ingin membeli mobil bekas. Sebab seiring penggunaan biasanya ada part mobil yang mulai mengalami permasalahan.

Belum lagi adanya faktor lain yang membuat komponen tertentu rusak sebelum masanya habis. Dengan pemeriksaan secara menyeluruh Anda bisa mengetahui kerusakan atau permasalahan yang ada pada mobil pilihan Anda.

Itulah komparasi Suzuki Ignis dan MPV bekas yang bisa kami sampaikan. Membeli mobil baru memang lebih menarik. Akan tetapi bila Anda mengutamakan kabin yang lapang dan mesin yang lebih mumpuni bisa mempertimbangkan LMPV bekas.

Source: mending mana mobilio dengan suzuki ignis, pilih ignis atau honda city bekas, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply