Home Honda Perbandingan Yamaha X-Ride 2017 vs Honda BeAT Street

Perbandingan Yamaha X-Ride 2017 vs Honda BeAT Street

Yamaha X-Ride, Beberapa tahun Yamaha X-Ride tidak memiliki pesaing. Lalu pada akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda BeAT Street yang mengusung konsep serupa dengan sang rival.

Tidak berhenti sampai di situ, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya menghadirkan All New X-Ride. Sesuai namanya, motor matic Yamaha ini mendapat sentuhan rombakan signifikan. Mulai dari desainnya yang benar-benar baru dan mesin yang memakai 125 cc.

Jika melihat data penjualan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Honda BeAT Street lebih unggul dari motor Yamaha itu. Skuter matik Honda ini dapat terjual sebesar 10.873 unit pada Juni 2017. Lebih besar dari Yamaha X-Ride yang hanya membukukan penjualan 4.387 unit.

Meski kalah dalam penjualan, hadirnya Yamaha X-Ride 2017 bisa menjadi modal YIMM untuk mendongkrak penjualannya di pasar sepeda motor. Lantas mana yang lebih menarik, apakah Yamaha X-Ride atau Honda BeAT Street? Berikut adalah komparasi keduanya.

Desain

Untuk segi desain, motor Yamaha ini tampak menarik dengan aura yang gagah dan khas motor petualang. Pemakaian setang lebar semakin memperkuat kesan tersebut dan juga memudahkan pengguna untuk bermanuver di berbagai jenis jalan. Belum lagi hadirnya ban tapak lebar.

Untuk bagian depan mempunyai ukuran 80/80-14 dan bagian belakang 100/70-14. Sayangnya ground clearance Yamaha X-Ride 2017 justru lebih rendah, yakni 135 mm. Hal ini menjadi catatan tersendiri mengingat konsepnya sebagai motor matic petualang yang semestinya memiliki jarak bodi ke tanah yang lebih tinggi agar mudah melalui jalanan yang tidak rata.

Lain halnya dengan Honda BeAT Street yang lebih menonjolkan aura sporty, dipadukan desain yang pas dengan selera kawula muda. Sebenarnya model ini tidak banyak berbeda dari model BeAT Sporty. Yang membedakan adalah pemakaian setang telanjang. Di samping grafis yang menempel pada bodi juga dibuat beda.

Meski begitu tampilan khas motor petualang bisa terlihat jelas pada skutik ini. Di samping itu ground clearance BeAT Street juga lebih tinggi, yakni 146 mm. Dengan begitu risiko bodi motor terbentur tanah lebih kecil.

Fitur

Yamaha X-Ride terbaru dibekali dengan fitur yang melimpah. Salah satunya adalah lampu depan LED dengan daytime running light (DRL). Di samping itu juga terdapat sub tank suspension yang menawarkan sensasi berkendara lebih baik.

Motor Yamaha ini juga dilengkapi dengan lampu hazard yang dapat dimanfaatkan sebagai tanda situasi darurat pada kendaraan lain. All New Yamaha X-Ride juga mengusung fitur Eco Indicator yang memungkinkan pengendara berkendara secara efisien. Fitur lainnya adalah ban yang sudah mengadopsi jenis tubeless.

Hanya saja motor ini tidak mempunyai bagasi yang luas. Anda tidak dapat menyimpan helm half face ke dalamnya.

Baca juga: Fitur Honda BeAT Street Terbaru

Sedangkan kekurangan BeAT Street terletak pada fitur yang tidak terlalu banyak. Motor Honda ini dilengkapi dengan panel instrumen digital yang terlihat lebih modern. Hanya saja informasi yang ditampilkan tidak banyak. Meliputi kecepatan, kapasitas bahan bakar dan odometer.

Kendati begitu Honda BeAT Street sudah dilengkapi combi brake system (CBS) khas motor matic Honda. Fitur ini berfungsi mengintegrasikan rem depan dan belakang. Dengan begitu jarak pengereman menjadi lebih pendek dibanding rem tanpa CBS.

Di samping itu ban skuter matik ini juga sudah mengusung tubeless. Hanya saja bagasinya tidak dapat dimanfaatkan untuk menyimpan helm, sama seperti X-Ride.

Mesin

Yamaha X-Ride mengandalkan mesin baru dengan kapasitas lebih besar, yakni 125 cc 1 silinder SOHC. Mesin Yamaha X-Ride 125 ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 9,52 PS pada 8.000 rpm dengan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm. Untuk transmisi memakai CVT.

Sedangkan BeAT Street mengusung mesin yang lebih kecil, yaitu 108,2 cc. Tenaga dan torsi yang dihasilkan juga sedikit lebih rendah, yakni 8,68 PS pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 9,01 Nm pada putaran 7.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi CVT.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Yamaha X-Ride 125

Walaupun kalah performa, Honda mengklaim motor matic ini lebih irit bensin. Konsumsi bahan bakarnya bisa menembus angka 55 km/liter dengan pengujian metode ECE R40. Alhasil Honda BeAT Street terbaru ini cocok untuk dipakai sebagai motor harian.

Harga

Dari segi harga, Honda BeAT Street lebih terjangkau dari rivalnya. Harga motor Honda ini mencapai Rp 15,875 juta on the road Jakarta. Untuk pilihan warnanya hanya ada dua, yaitu hitam dan putih.

Sementara harga Yamaha X-Ride 2017 mencapai Rp 17,25 juta on the road (OTR) Jakarta. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni explorer green, passion red dan tough black.

Itulah komparasi Yamaha X-Ride terbaru dengan Honda BeAT Street. Seperti yang telah dijelaskan di atas, keduanya sama-sama mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal bagaimana kebutuhan dan selera calon konsumen.

Source: eco motor beat, motor x ride vs beat street, motor x-ride terbaru, motor yamaha x ride 2017, perbandingan beat 2017, perbedaan petualang all new x-ride dan honda beat street, x ride 125 vs beat, yamaha xride 2017, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply