Home Motor Motor Matic Tips Servis Yamaha XMAX Indonesia Tahun Pertama

Tips Servis Yamaha XMAX Indonesia Tahun Pertama

0 106

Yamaha XMAX Indonesia, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mempunyai XMAX yang berhasil menarik hati konsumen di seluruh penjuru Tanah Air. Motor ini dihadirkan untuk menemani Yamaha NMAX yang juga terbilang laris di pasaran.

Terlepas dari sederet kelebihannya, baik dalam hal fitur maupun spesifikasi, sama halnya dengan motor lain, Yamaha XMAX juga membutuhkan perawatan secara berkala. Hal ini dilakukan supaya motor Yamaha itu tetap mempunyai performa yang baik dan terhindar dari kerusakan serius.

Sebagai gambaran, berikut ini akan dibahas seputar servis berkala Yamaha XMAX Indonesia. Berikut informasi selengkapnya, yang dihimpun dari Otomotifnet.

Servis 1.000 km atau 1 bulan

Pemilik XMAX perlu melakukan servis pertama ketika motor sudah menempuh 1.000 km atau 1 bulan, tergantung mana yang lebih dulu tercapai. Tidak jauh berbeda dengan motor matic lainnya, yang dilakukan adalah penggantian filter oli. Tujuannya supaya memastikan serbuk metal sisa perakitan tersaring.

Untuk filter olinya sama seperti milik Yamaha V-Ixion. Sedangkan oli memakai Yamalube tipe Super Matic. Yamaha XMAX 250 ini membutuhkan 2 botol oli karena volume yang diperlukan sebanyak 1,5 liter.

Setelah selesai, saklar rem depan dan belakang perlu dicek. Di samping itu periksa bearing kemudi dan kinerja rem depan dan belakang.

Tidak perlu risau, untuk servis pertama ini Anda tidak akan dikenai biaya jasa servis alias gratis, termasuk oli. Anda hanya perlu membeli filter oli yang dijual sekitar Rp 27.000 saja.

Servis 5.000 km atau 5 bulan

Yamaha XMAX 2017 perlu kembali menyambangi bengkel saat 5.000 km atau maksimal 5 bulan. Pada servis kedua ini masih belum banyak part yang diganti. Hanya oli mesin saja yang perlu diganti.

Baca juga: Spesifikasi Yamaha Xmax Indonesia

Motor Yamaha ini mempunyai 3 penyaringan oli pada mesin. 2 buah saringan oli tipe kasa dan 1 buah saringan oli tipe kertas. Maka dari itu penyaringannya sangat baik. Meski begitu tidak ada salahnya bila ingin mengganti oli lebih cepat. Tujuannya supaya pelumasan bisa lebih baik lagi.

Ada part yang perlu dicek dan dibersihkan. Seperti Continuous Variable Transmission (CVT). Komponen ini harus dibersihkan setiap servis berkala. Filter CVT XMAX 250 mempunyai dimensi yang cukup besar dan memakai elemen kertas kering yang berfungsi sebagai penyaring.

Dengan elemen kertas tipe kering itu, umurnya bisa mencapai lebih dari 20.000 km. Di samping itu penggantiannya tidak ada patokan. filter diganti bila sudah sobek dan tidak dapat dibersihkan lagi dengan angin bertekanan.

Selain itu sistem injeksi motor matic Yamaha ini juga perlu dicek. Untuk pemeriksaannya memakai diagnostic tools Yamaha. Dijelaskan bahwa pemeriksaan bisa memakai diagnostic tools Yamaha yang lama. Akan tetapi perlu upgrade software terlebih dahulu ke versi 3. Jika tidak maka alat tersebut tidak dapat bekerja.

Servis 10.000 km atau 10 bulan

Memasuki servis ketiga, ada beberapa komponen yang perlu diganti. Oli mesin menjadi salah satu yang wajib diganti. Selain itu busi motor juga perlu diganti dengan busi NGK berkode LMAR8A-9.

Perlu diketahui, usia busi pada buku servis hanya 8.000 km. Akan tetapi pengguna bisa menggantinya saat menyentuh 10.000 km supaya sekalian bongkar ketika servis berkala.

Komponen lain yang perlu diganti adalah filter udara. Yamaha XMAX Indonesia mempunyai 3 penyaring udara. Ada elemen filter udara yang utama, sub-elemen filter udara dan pre-elemen. Untuk dua terakhir itu berbentuk busa kecil.

Menurut buku servis ketiga filter udara itu diganti saat menyentuh 12.000 km. Akan tetapi berdasarkan banyak kasus filter udara sudah kotor saat baru mencapai 10.000 km. Di sisi lain filter tersebut tidak boleh dibersihkan ketika servis alias hanya sekali pakai.

Untuk itu filter udara bisa diganti sekalian ketika servis 10.000 km. Hanya saja harga part yang satu ini belum diketahui.

Menurut buku servis setiap 10.000 km perlu dilakukan penyetelan klep. Akan tetapi menurut Pieter Adi Nugraha, Service Advisor Yamaha Flagship Shop (FSS) di Jakarta Pusat hal tersebut tidak perlu selalu dilakukan.

Ia menjelaskan, selama suara mesin masih halus maka tidak perlu setel dan cek kerenggangan klep. Di samping itu pengerjaan tersebut membutuhkan waktu yang lama karena mesin harus mundur dilepas dari rangka.

Untuk yang terakhir adalah ganti oli transmisi setiap kelipatan 10.000 km. Volume yang dibutuhkan yakni 200 ml. Dengan begitu konsumen perlu memebli 2 botol oli transmisi kemasan 100 ml.

Harga Part Yamaha XMAX 250

PartHarga
Filter OliRp 27.000
Oli MesinRp 60.000
Oli TransmisiRp 11.000
Pre-elemen filter udaraRp 6.000

Tabel Pengecekan

Tabel Pengecekan
Periksa suspensi depan & belakang
Cek fungsi kelistrikan & lampu
Periksa rem depan & belakang
Setel handle gas
Periksa roda
Periksa kelayakan ban
Periksa baut pengikat
Periksa busi & kompresi
Cek gerak bebas kemudi
Periksa tegangan & charge battery
Periksa & ganti oli mesin
Periksa tekanan ban
Periksa aliran oli & stel klep
Periksa & stel putaran mesin
Bersihkan saringan CVT
Periksa oli gearbox
Periksa sistem injeksi & cetak hasilnya
Periksa indicator warning light

Itulah informasi seputar servis Yamaha XMAX Indonesia tahun pertama. Usahakan untuk selalu memperhatikan kondisi motor Anda, termasuk dengan melakukan perawatan secara berkala. Servis rutin dapat membuat performa motor tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan. Selain itu servis juga dapat menjaga harga motor ketika dijual kembali.

Source: harga motor xmax 250cc, perawatan motor yamaha nmax, yamaha xmax dan spesifikasinya, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply