Toyota C-HR Indonesia, Pakai Mesin Apa?

Loading...

Toyota C-HR Indonesia, Saat ini masyarakat Indonesia tengah menanti kehadiran salah satu mobil baru Toyota yang belum kunjung hadir. Mobil tersebut adalah Toyota C-HR. Selepas versi produksi C-HR dirilis, dunia otomotif dihangatkan dengan pemberitaan akan hadirnya mobil tersebut di Tanah Air.

Loading...

Meski sampai saat ini belum juga menampakkan diri, ada sedikit angin segar bagi Anda yang penasaran dengan mobil Toyota terbaru ini. Menurut informasi Toyota C-HR akan hadir di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 Agustus ini.

Sebelumnya Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan akan menghadirkan mobil baru, walaupun tidak disebutkan produk apakah itu. Akan tetapi dugaan bahwa model tersebut adalah C-HR semakin kuat setelah Toyota Indonesia mengunggah foto crossover tersebut melalui akun Instagram resminya.

Foto mobil ini memang terlihat disamarkan dengan latar belakang yang dibuat gelap. Akan tetapi melihatnya sekilas saja sudah dapat diketahui bahwa model yang ada dalam foto tersebut tidak lain adalah Toyota C-HR. Di samping itu Toyota Indonesia juga menambahkan tulisan atau caption “Be Ready! GIIAS 2017”.

Hal ini menjadi pertanda bahwa TAM akan memajang Toyota C-HR di GIIAS 2017. Jika hal tersebut terbukti benar, pertanyaan berikutnya adalah apa saja yang akan dibawa mobil ini?

Mesin

Perlu diketahui, di Jepang C-HR dijual dalam beberapa varian mesin. Sedangkan di Negeri Jiran, Malaysia yang sudah lebih dulu mendapat C-HR dijual dalam pilihan mesin 1.8 liter. Selain Malaysia beberapa negara di Asia Tenggara lainnya juga mendapat pilhan mesin itu, seperti Thailand dan Singapura.

Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi CVT. Kemungkinan mesin inilah yang akan ditawarkan oleh Toyota Indonesia.

Pemilihan mesin 1.8 liter itu bisa menjadi bekal Toyota untuk menghadang rival senegaranya, Honda yang saat ini memiliki Honda HR-V Prestige 1.8 liter. Seperti yang diketahui, sejauh ini TAM belum mempunyai produk yang bisa dihadapkan dengan varian tertinggi HR-V itu. Jika memang Toyota memilih mesin 1.8 liter, maka pilihannya adalah mesin 2ZR-FAE yang dipakai Toyota Corolla Altis.

Baca juga: Perbandingan Toyota C-HR dan Honda HR-V

Selain mesin 1.8 liter, mungkin saja Toyota juga menawarkan pilihan mesin lainnya, sama halnya dengan Honda HR-V. Beberapa rival yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia, seperti Nissan Juke, HR-V dan Suzuki SX-4 ditawarkan dengan mesin 1.5 liter.

Mungkin saja nantinya Toyota Astra Motor (TAM) juga menawarkan mesin serupa. Pilihannya bisa mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc empat silinder. Mesin ini mempunyai tenaga sebesar 107 dk dengan torsi maksimum 143 Nm. Saat ini dapur pacu tersebut dipakai oleh Toyota Sienta dan Yaris. Mesin ini dipadukan dengan sistem perpindahan gigi CVT.

Sebenarnya Toyota bisa saja menawarkan mesin turbo. Pilihannya adalah 1.2 liter dan 2.0 liter yang dilengkapi turbocharger. Beberapa waktu lalu pihak TAM mengungkapkan tengah mempertimbangkan pemilihan mesin turbo.

Fitur

Di Malaysia, Toyota C-HR mempunyai sederet fitur keselamatan yang cukup menarik. Crossover ini sudah dilengkapi dengan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Fitur ini merupakan sensor yang mendeteksi adanya mobil melintas ketika C-HR keluar mundur dari parkiran. RCTA nantinya akan memberi nada peringatan bila sensor radar mendeteksi mobil yang akan melintas.

Sistem perpindahan mobil Toyota ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Transmisi otomatis continuously variable transmission (CVT) bisa menjadi modal untuk berhadapan dengan Honda HR-V.

Toyota C-HR hadir dengan desain yang futuristik dan menarik. Rupanya kesan modern ini juga terasa di dalam kabin. Desain interior mobil ini tampak menyerupai gaya milik HR-V dengan konsol tengah besar yang memisahkan bangku pengemudi dan penumpang depan. Bila penasaran lebih jauh seputar detail mobil Toyota ini silakan simak pembahasan kami sebelumnya pada tautan berikut.

Baca juga: Detail Spesifikasi Toyota C-HR 2017

Sayangnya belum dapat diketahui berapa harga Toyota C-HR Indonesia ini. Di Malaysia sendiri harga mobil baru ini juga belum diumumkan. Kehadiran mobil baru Toyota ini bisa menjadi jawaban dari Toyota kepada masyarakat yang menginginkan sebuah crossover berdesain futuristik dan dilengkapi fitur-fitur yang menarik. Berminat untuk membeli mobil Toyota terbaru ini?

Loading...