Home Mobil Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Perlu Diketahui

0 480

Mobil Listrik, Perlahan namun pasti produsen mobil mulai menawarkan mobil listrik ke pasaran. Mobil listrik digadang-gadang menjadi salah satu cara untuk mengurangi polusi. Kendaraan ramah lingkungan ini diklaim mempunyai banyak kelebihan.

Salah satunya yang pasti adalah tidak adanya emisi. Tidak seperti mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar fosil. Selain itu mempunyai sederet kelebihan, mobil listrik juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk mengetahuinya, berikut adalah beberapa kelebihan yang dikutip dari DetikOto.

Kelebihan

Senyap

Salah satu keunggulan dari mobil listrik adalah lebih senyap dan sangat halus. Hal ini akan berdampak positif terhadap kenyamanan selama perjalanan lantaran tidak banyak kebisingan yang muncul di dalam mobil. Hal ini tentu berlawanan dengan mobil konvensional yang kinerja mesin bakarnya lebih berisik.

Hanya saja kesenyapan ini juga mengundang permasalahan lain. Lantaran tidak menimbulkan suara, orang mungkin akan sulit untuk mengetahui ada mobil listrik di sekitarnya. Untuk mengatasi hal tersebut, mobil listrik yang dijual di Amerika Serikat diminta untuk dilengkapi suara seperti mobil konvensional. Dengan begitu pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya dapat mengetahui keberadaan mobil listrik.

Baterai Bisa Diisi di Rumah

Mobil listrik mengandalkan baterai sebagai jantung pacunya. Apabila daya baterai habis, pemilik bisa mengisi ulang di rumah. Tidak perlu pergi ke SPBU seperti layaknya mobil konvensional. Tinggal masuk garasi dan hubungkan mobil ke sumber listrik untuk melakukan pengisian.

Lebih Murah

Kelebihan mobil listrik berikutnya adalah lebih murah dalam hal pemakaiannya. Di sebagian besar negara di dunia, listrik lebih efisien daripada pemakaian minyak bumi. Dikatakan bahwa pengeluaran memakai mobil listrik bisa sepertiga lebih murah dibanding mobil konvensional yang memakai bahan bakar.

Minim Perawatan

Berbeda dengan mobil konvensional, mobil listrik diklaim tidak memerlukan banyak biaya untuk perawatan. Pasalnya mobil ini tidak mempunyai sistem pembuangan. Selain itu mobil listrik juga tidak perlu mengganti oli atau suku cadang yang berhubungan dengan mesin bakar.

Meski begitu bukan berarti mobil ini bebas perawatan. Pemilik perlu melakukan pengecekan ban secara rutin untuk memastikan kondisinya tetap baik. Cukup sederhana bukan?

Tanpa Emisi

Seperti yang telah disinggung di atas, mobil ramah lingkungan ini tidak menghasilkan emisi. Hampir semua peneliti percaya bahwa mobil listrik, bahkan di daerah yang kelistrikannya memakai batubara, mempunyai dampak lingkungan yang lebih kecil daripada kendaraan konvensional.

Sementara di daerah yang sumber listriknya berasal dari campuran bahan terbarukan seperti angin, air dan matahari justru akan memunculkan manfaat yang sangat terasa. Dijelaskan bahwa mobil listrik dipercaya memberikan manfaat nyata untuk meningkatkan kualitas udara yang lebih baik.

Kencang

Kelebihan selanjutnya adalah akselerasi yang menggoda. Diklaim mobil listrik dapat mengirimkan torsi instan ke roda. Pengemudi cukup menginjak pedal gas dan mobil dapat melaju dengan cepat.

Sebagai contoh, Tesla Model S dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam hitungan 3 detik saja. Bahkan mobil listrik Tesla lainnya dapat mencatatkan waktu akselerasi di bawah 3 detik.

Kekurangan

Mobil listrik memang menggoda karena mempunyai beberapa keunggulan. Akan tetapi ada beberapa kekurangan yang juga tidak bisa diabaikan. Hal ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi masing-masing produsen yang menawarkan mobil listrik.

Kendati begitu bukan tidak mungkin ke depannya kekurangan mobil listrik ini dapat tertutupi sehingga membuatnya benar-benar menarik bagi masyarakat. Lantas apa saja kekurangannya? Berikut adalah detail selengkapnya.

Daya Jangkau Terbatas

Yang pertama adalah daya jangkau mobil listrik yang terjangkau. Permasalahan ini lantas menimbulkan kekhawatiran jika mobil listrik kehabisan tenaga di jalan yang akan merepotkan penggunanya.

Untuk diketahui, dalam satu kali pengisian baterai sampai penuh, mobil listrik rata-rata dapat menempuh jarak sejauh 200 km. ada pula mobil yang dapat menembus jarak 400 km. Hanya saja masih jarang dan harganya sudah pasti lebih tinggi.

Pengisian Baterai Lama

Kekurangan mobil listrik berikutnya adalah pengisian baterai yang membutuhkan waktu lama. Pada mobil ini dibutuhkan waktu berjam-jam agar baterai terisi penuh. Tentu berbeda dengan mobil konvensional yang membutuhkan waktu lebih singkat saat mengisi bahan bakar.

Hal inilah yang membuat orang khawatir jika mobil kehabisan daya di jalan lantaran jarak tempuh yang terbatas. Jika baterai mobil listrik habis di tengah jalan, maka pengguna harus menunggu waktu lama sebelum dapat menggunakan kendaraannya kembali.

Di sisi lain beberapa negara sudah menawarkan fasilitas fast charging yang dibuka untuk umum. Dengan memanfaatkan fasilitas tersebut pengguna hanya perlu menunggu waktu 20 sampai 25 menit agar mobil listrik bisa dipakai kembali untuk menempuh jarak 80 km.

Hanya saja fasilitas tersebut masih terbatas dan hanya berada di tempat-tempat yang populasi mobil listriknya banyak. Bila mobil ini dibawa ke tempat yang lebih jauh, maka perlu didukung dengan fasilitas pengisian baterai.

Saat ini negara-negara maju di dunia sudah mempunyai fasilitas tersebut. Fasilitas stasiun pengisian baterai mobil listrik ini bisa berkembang jika populasi mobil listrik semakin banyak.

Harga Mahal

Meski dari sisi penggunaan lebih murah dari mobil konvensional, dari segi harga justru sebaliknya. Harga mobil listrik bisa dikatakan lebih tinggi. Di Amerika Serikat, harga mobil listrik paling murah menembus US$ 30.000 sampai US$ 40.000 atau bila dikurskan mencapai Rp 400 jutaan sampai Rp 500 jutaan.

Meski begitu harga mobil yang mahal ini akan ditutupi oleh biaya penggunaan yang terjangkau. Di samping itu mobil listrik juga tidak perlu ganti oli atau mengganti suku cadang yang berkaitan dengan mesin bakar. Hal ini bisa menjadi pertimbangan calon konsumen sebelum memutuskan membeli mobil listrik.

Sementara itu pemerintah di beberapa negara memberikan insentif untuk masyarakat yang ingin membeli mobil listrik. Hal ini bertujuan untuk mendukung pemakaian mobil listrik. Dengan begitu masyarakat akan lebih mudah untuk membeli mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau.

Sensasi Berkendara Kurang

Kekurangan mobil listrik yang terakhir adalah sensasi berkendara yang kurang terasa. Seperti yang dijelaskan di atas, mobil listrik lebih senyap dibandingkan dengan mobil konvensional. Meski menambah kenyamanan, hal ini bisa mencari sebuah poin minus bagi pecinta mobil yang suka dengan suara knalpot gahar.

Tidak hanya itu, torsi yang langsung tersalur ke roda juga membuat sensasi mengemudi berkurang. Sebab tidak ada entakkan perpindahan gigi yang biasa dirasakan jika memakai mobil berbahan bakar fosil.

Itulah kelebihan dan kekurangan mobil listrik yang bisa disampaikan. Mobil listrik bisa menjadi tawaran menarik untuk masyarakat yang mengutamakan kenyamanan dalam berkendara dan tidak mengabaikan polusi udara yang dihasilkan kendaraannya.

Akan tetapi di sisi lain mobil listrik ini masih kurang bersahabat bagi masyarakat pecinta mobil yang senang mengejar sensasi dalam berkendara. Di samping itu mobil ini juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengisi daya baterai. Bagaimana, tertarik dengan mobil listrik?

Source: kekurangan mobil listrik, kelebihan dan kekurangan mobil listrik, kelemahan kendaraan listrik, keuntungan dan kekurangan mobil listrik, manfaat mobil listrik, mobil listrik, jika mobil listrik habis di jalan, mobil listrik indonesia kelebihan dan kekurangan, mwmbuat mobil listrik manfaat kerugian kelebihan, keunggulan mobil listrik dengan mobil bahan bakar, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply