Bocoran Toyota Voxy 2017 Pengganti NAV1

Loading...

Toyota Voxy, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 akan menjadi ajang bagi merek mobil di Tanah Air untuk meluncurkan produk terbarunya. Seperti yang diketahui, akan ada banyak mobil baru yang bertebaran di sana. Salah satu agen pemegang merek yang juga akan menghadirkan produk baru adalah Toyota Astra Motor (TAM).

Loading...

Disebutkan bahwa akan ada mobil baru yang diluncurkan di GIIAS 2017 nanti. Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT TAM memberikan bocoran bahwa akan ada satu model baru di pameran yang berlangsung 10-20 Agustus mendatang itu.

“Ada satu model baru dan ada satu model minor change di GIIAS nanti,” ujarnya, dikutip dari Sindonews. Meski tidak mengatakan dengan pasti, akan tetapi salah satu model yang akan dihadirkan adalah Toyota Voxy seperti yang hangat diperbincangkan belakangan ini.

Bahkan mobil Toyota terbaru ini sudah hadir di Indonesia. Hal ini terungkap dari bocoran foto yang beredar di dunia maya. Menurut foto yang dibagikan oleh salah satu tenaga penjualan Toyota di akun media sosial miliknya, Voxy mempunyai platform yang identik dengan Toyota NAV1 yang sudah lebih dulu dipasarkan di Indonesia.

Eksterior

Mobil ini juga dilengkapi dengan dual power sliding door yang dapat dioperasikan secara otomatis. Hanya saja tampilan depannya terlihat lebih modern dan mewah. Jika dicermati tampilannya mirip dengan Toyota Vellfire. Sedangkan bagian belakang berdesain mengotak juga terlihat mirip dengan NAV1.

Baca juga: Mobil Toyota Terbaru Hadir di GIIAS 2017

Interior

Menariknya dalam foto tersebut juga digambarkan seperti apa interior mobil ini. Interior Toyota Voxy terlihat mewah dengan penggunaan material kulit di seluruh jok dan door trim. Sedangkan untuk warna serupa dengan milik All New Fortuner. Desain joknya juga menarik dan sporty.

Toyota juga menyematkan panel berwarna piano black di beberapa bagian di dalam kabin. Alhasil kesan mewah panel ini berpadu manis dengan material kulit. Kesan mewah terasa kental berkat menyematkan double sun roof.

Mobil baru Toyota ini mengusung dasbor dengan desain yang lebih dinamis. Tampilannya dibuat bertingkat sehingga terlihat semakin menarik. Berbeda dengan NAV1 yang dasbornya dibuat mengotak.

Ada beberapa fitur yang disematkan pada Toyota Voxy ini. Seperti AC climate control dual zone dan audio double-DIN yang tersemat di bagian dasbor. Selain itu juga terdapat LCD TFT Touch Screen Audio System berukuran 5.8 inci.

Posisi tuas transmisinya juga mirip dengan NAV1. Toyota menyematkan tuas tersebut di bagian dasbor. Begitu juga dengan posisi tombol start/stop engine.

Mesin

Belum ada informasi resmi seputar dapur pacunya. Meski begitu kemungkinan model ini akan memakai transmisi otomatis CVT 7-percepatan shift tronic milik Toyota NAV1.

Di negara asalnya, Voxy dijual dalam dua varian mesin, yakni hybrid dan non-hybrid. Untuk versi non-hybrid menggunakan mesin 3ZR-FAE yang mempunyai kapasitas 2.0 liter. Mesin ini dipadukan dengan transmisi CVT.

Sementara mesin hybrid memakai 2ZR-FXE yang memiliki kapasitas 1.8 liter. Hanya saja jangan terlalu berharap varian mesin ini dijual di Tanah Air.

Kemungkinan Toyota Voxy Indonesia akan mengandalkan mesin tipe baru. Terlebih PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mempunyai pabrik mesin mobil di Karawang, Jawa Barat (Karawang Plant 3) dengan kapasitas produksi 216 ribu unit mesin.

Sementara saat ini pabrik itu baru memproduksi mesin bensin NR berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Mesin tersebut dipakai Toyota Yaris dan Toyota Sienta.

Sebagai informasi tambahan, Toyota NAV1 yang dijual di Tanah Air mengusung mesin 3ZR-FAE 4 silinder. Mesin ini dilengkapi teknologi Valvematic yang membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat. Teknologi ini diklaim lebih baik dari teknologi Dual VVT-i yang hanya mengatur durasi buka tutup katup masuk dan buang.

Valvematic tidak hanya mengatur durasi buka tutup katup masuk dan buang, namun juga mengatur waktu dan ukuran buka katup masuk dan katup buang. Berbekal mesin tersebut, Toyota NAV1 dapat mengeluarkan tenaga sebesar 158 dk pada putaran 6.200 rpm dengan torsi puncak 196 Nm pada 4.400 rpm.

Harga

Walaupun belum dirilis, estimasi harga Toyota Voxy sudah dapat diketahui. Menurut informasi wiraniaga dealer Toyota di DKI Jakarta, harga mobil Toyota terbaru ini berkisar Rp 460 jutaan. Mobil ini hanya akan tersedia dalam satu varian saja.

Di samping itu disebutkan bahwa calon konsumen sudah bisa melakukan pemesanan. Akan tetapi harus menunggu dua sampai tiga bulan ke depan untuk bisa mendapat unitnya. “Uang tanda jadinya sekitar Rp 15 juta, tetapi indennya cukup lama, karena unitnya impor dari Jepang,” kata pramuniaga itu, dilansir dari Otomania.

Bila memang benar harga Toyota Voxy Rp 460 juta, maka lebih tinggi dari harga Toyota NAV1 yang dijual Rp 406,85 juta sampai Rp 432,7 juta on the road DKI Jakarta. Akan tetapi dengan selisih harga tersebut bisa dipastikan ada beberapa keunggulan yang ditawarkan Voxy.

Untuk informasi tambahan, Toyota Voxy diluncurkan di Indonesia untuk menggantikan NAV1 yang discontinued akhir 2016 lalu. Jika resmi dipasarkan, mobil itu akan berhadapan dengan Mitsubishi Delica, Mazda Biante dan Nissan Serena.

Loading...