Home Honda Beda 3 Varian Honda Vario 2017, Simak Agar Tak Salah Pilih

Beda 3 Varian Honda Vario 2017, Simak Agar Tak Salah Pilih

Honda Vario 2017, Motor matic bisa dikatakan mengusai pasar motor di Indonesia. Ada banyak sekali masyarakat yang memiliki dan ingin membeli skuter matik. Di jalanan pun juga ada banyak skutik yang berlalu-lalang.

Popularitas motor matic ini sukses menggeser motor bebek yang sebelumnya berkuasa. Kemudahan untuk dikendarai, tampilan yang menarik dan fitur yang menggoda menjadi bekal motor matic pada umumnya. Lantaran banyaknya masyarakat yang suka, beberapa produsen motor menghadirkan jajaran motor matic andalannya ke pasaran.

Salah satu pemainnya adalah Honda. Ada beberapa model yang dimiliki, seperti Honda BeAT, Vario, Scoopy dan lain-lain. Untuk kali ini kita akan fokus membahas seputar Honda Vario.

Mungkin ada masyarakat yang belum tahu betul bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki beberapa varian Vario. Setidaknya ada tiga varian yang dijual, yakni Vario 110, 125 dan 150. Ketiganya memiliki perbedaan yang cukup jelas, begitu juga dengan harga motor Honda tersebut.

Bahkan dari varian tersebut masih dibagi-bagi lagi hingga total mencapai 7 tipe. Di satu sisi banyaknya varian yang ditawarkan membuat Honda Vario berhasil menjadi kontributor terbesar kedua penjualan motor Honda setelah BeAT. Akan tetapi mungkin tidak sedikit yang kebingungan saat hendak membeli motor ini.

Akan tetapi tidak perlu bingung, berikut akan dibahas satu per satu mengenai detail singkat varian Honda Vario. Dengan begitu Anda bisa menentukan model mana yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Berikut adalah detail selengkapnya.

Honda Vario 110

Varian pertama ini bisa dikatakan merupakan varian paling murah dari Vario Series. Motor matic ini dibekali dengan mesin berkapasitas 110 cc. Melihat desainnya, motor ini tampak mirip dengan model Vario yang pertama kali meluncur di pasaran.

Meski begitu mesin motor ini sudah dilengkapi dengan teknologi injeksi. Selain itu juga terdapat beberapa fitur canggih yang siap menemani perjalanan penggunanya. Salah satu di antaranya adalah Idling Stop System (ISS). Hanya saja fitur ini tersedia pada tipe termahal saja.

Baca juga: Yamaha Aerox 155 vs Honda Vario 150

Fitur ISS memungkinkan mesin mati secara otomatis ketika mesin motor hidup dan dibiarkan dalam kondisi diam selama beberapa detik. Fitur lain yang disertakan pada motor matic Honda ini adalah Combi Brake System (CBS). Fitur ini memudahkan keseimbangan pengereman roda belakang dan depan sehingga menunjang sisi keamanan saat berkendara.

Selain itu juga ada Brake Lock yang dapat mencegah motor loncat ketika menghidupkan mesin. Hadirnya Dual Keen Eyes LED Headlight juga membuat Honda Vario eSP ini terlihat lebih menarik dan memiliki sorotan sinar yang terang dan tahan lama.

Fitur yang tak kalah menarik adalah Answer back System. Fitur ini berupa sebuah tombol remote untuk membantu pengendara menemukan posisi motor saat di tempat parkir. Hanya saja fitur ini terdapat pada tipe CBS-ISS saja.

Tidak hanya itu, Honda Vario 110 juga dilengkapi dengan ban tubeless, Integrated Key Shutter with Seat Opener, Functional Hook, Side Stand Switch dan juga ACG Starter.

Untuk sektor mesin, Vario 110 mengandalkan mesin berkapasitas 108,2 cc, 4 langkah, SOHC pendingin udara, eSP. Tenaga yang dapat dihasilkan mencapai 6,4 kW pada 7.500 rpm dengan torsi 9,1 Nm pada 6.000 rpm. Konsumsi bahan bakarnya diklaim dapat mencapai 59 km/liter (Euro 3 metode ECE R40 dengan ISS).

Harga Honda Vario 110 eSP mencapai Rp 16,675 juta tanpa dukungan fitur ISS. Sementara varian dengan fitur tersebut dijual Rp 17,475 juta. Juga ada varian Vario 110 Advanced yang dijual Rp 16,775 juta (CBS) dan Rp 17,575 juta (CBS-ISS). Setidaknya ada empat pilihan warna yang disediakan, antara lain Grande White, Advance Matte Grey, Glam Red dan Estilo Black.

Honda Vario 125

Untuk varian ini tampilannya sangat berbeda dengan Vario 110. Honda mendesain motor matic ini dengan sentuhan modern, sporty dan menarik. Di samping itu dimensi Vario 125 eSP ini juga lebih besar.

Sedangkan fiturnya ada beberapa yang mirip dengan Vario 110. Seperti lampu LED, ACG Starter yang memungkinkan mesin lebih senyap ketika dihidupkan hingga ISS. Tidak hanya itu, bagasi di balik jok motor ini juga lebih besar dan diklaim dapat memuat satu helm full face.

Baca juga: Tips Beli Honda Vario 125 eSP 2015

Mesin yang disematkan berkapasitas 124,8 cc yang didukung eSP dan PGM-FI. Dapur pacu ini dapat mengeluarkan daya sebesar 8,3 kW pada 8.500 rpm dan torsi puncak 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Berbekal mesin tersebut motor ini diklaim dapat berakselerasi 0-200 meter dalam hitungan 12,4 detik. Sementara kecepatan maksimum yang dapat diraih 96 km/jam dan tingkat konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 59,5 km/liter.

Honda Vario 125 dibagi menjadi dua varian, yakni CBS dan CBS-ISS. Perbedaan keduanya terletak pada fitur ISS saja. Harga Honda Vario 125 CBS mencapai Rp 18,175 juta dan untuk varian CBS-ISS mencapai Rp 18,775 juta. Selisih Rp 2 jutaan dari Vario 110.

Ada empat pilihan warna yang bisa dipilih oleh konsumen. Antara lain Bionic Red, Sonic White Red, Titanium Black dan Vigor Black.

Honda Vario 150

Varian ini bisa dikatakan menjadi varian paling bertenaga. Pasalnya motor ini mengusung mesin berkapasitas 150 cc. Inilah yang menjadi pembeda utama antara Vario 150 dan Vario 125. Sementara untuk tampilannya sangat mirip. Hanya saja pilihan warnanya yang dibuat berbeda.

Mesin Honda Vario 150 eSP ini diklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 9,3 kW pada putaran 8.500 rpm dengan torsi maksimum 12,8 Nm pada 5.000 rpm. Motor ini diklaim dapat melesat 0-200 meter dengan waktu 11,94 detik. Sementara kecepatan maksimumnya diklaim menembus 102 km/jam. Lalu konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 48 km/liter.

Model ini ditawarkan dalam satu tipe saja. Harga Honda Vario 150 eSP ini mencapai Rp 21,175 juta. Pilihan warnanya di antaranya Exclusive Pearl White, Exclusive Matte Brown, Exclusive Matte Black dan Exclusive Matte Blue.

Walaupun paling mahal, menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Vario 150 menjadi yang terlaris kedua dari jajaran Vario Series. Penjualannya selama lima bulan pertama di 2017 menembus angka 176 ribu unit. Sementara yang paling laris adalah Vario 125 dan untuk Vario 110 berada di urutan terakhir.

Itulah detail singkat seputar beberapa varian Honda Vario 2017 yang dijual di pasaran. Dengan informasi di atas Anda bisa menentukan mana varian yang sesuai dengan gaya berkendara dan kebutuhan Anda. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Terutama bagi Anda yang sedang berencana membeli motor Honda ini.

Source: harga sepeda motor honda, beda varioscoopy dan beat, Honda Vario 150 eSP Sporty Type, Model vario 2017, motor injeksi bahan bakar abis apa masih bisa hidup, new vario 125 2017, vario 125 2017, vario 125 cbs 2017, vario 125cc esp 2017, hargamotor metic honda, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply