Home Auto News Pilih Toyota Agya 2017 Atau Mobil MPV Bekas?

Pilih Toyota Agya 2017 Atau Mobil MPV Bekas?

Toyota Agya 2017, Harga mobil baru setiap tahunnya mengalami kenaikan. Hal ini membuat masyarakat mengalami kesulitan saat ingin membeli mobil baru, termasuk calon pembeli yang memiliki budget terbatas. Meski begitu bukan berarti tidak ada pilihan mobil murah.

Jika dana Anda tidak lebih dari Rp 160 juta, solusinya adalah memilih produk di kelas low cost green car (LCGC). Masih ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan. Toyota Agya adalah salah satunya. Harga Toyota Agya 2017 ini mencapai Rp 131,5 juta sampai dengan Rp 151,9 juta.

Ada beberapa keunggulan dari mobil Toyota ini sehingga pantas untuk dibeli. Salah satunya adalah nama brand Toyota yang baik di Tanah Air. Di samping itu jaringan servis Toyota juga tersebar di seluruh Indonesia. Agya juga memiliki kemampuan yang telah teruji dan mudah dalam urusan suku cadang.

Akan tetapi dengan dana yang sama, Anda juga bisa membeli mobil MPV bekas. Sampai saat ini masih banyak masyarakat yang menyukai mobil low MPV. Alasannya adalah kabin yang cukup lapang sehingga dapat membawa banyak penumpang sekaligus. Di samping itu harganya juga relatif terjangkau, dengan tawaran fitur yang masih menarik hati.

Lantas mana yang lebih baik, apakah Toyota Agya 2017 atau MPV bekas? Mari simak detail singkatnya berikut ini, yang dirangkum dari laman Oto.

Toyota Agya

Dari beberapa tawaran varian yang ada, Agya tipe tertinggi menjadi pilihan yang cukup menarik untuk dikupas. Model ini mengandalkan dapur pacu 3NR-VE 4 silinder berkapasitas 1.2 liter. Mesin ini dapat mengeluarkan daya hingga 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 108 Nm pada 4.200 rpm.

Mesin ini juga disematkan pada Toyota Calya. Teknologi dual VVT-i otomatis juga hadir pada Toyota Agya 2017 ini. Sedangkan untuk transmisi ada dua macam yang disediakan, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Keduanya diklaim dapat mengoptimalkan performa dan efisiensi mesin Agya.

Baca juga: Toyota Agya 2017 vs Honda Brio Satya

Di dalam kabin Agya memiliki daya tampung lima orang. Ada sejumlah fitur penunjang keselamatan standar yang disematkan pada mobil Toyota ini. Di antaranya Dual SRS airbags, side impact beam dan rem dengan teknologi ABS.

Sedangkan untuk menunjang kenyamanan selama berkendara, Toyota Agya terbaru ini dilengkapi dengan fitur AC dan audio system yang dapt memutar MP3 ataupun radio.

MPV Bekas

Agya memang mempunyai daya angkut yang terbatas. Jika Anda mencari mobil yang lapang, low MPV seken dapat dipertimbangkan. Ada beberapa model MPV 7-seater yang bisa dibeli dengan budget sekitar Rp 150 jutaan.

Salah satu diantaranya adalah Toyota Avanza tahun 2016. Pilihannya adalah tipe E dengan transmisi M/T yang mengusung mesin berkapasitas 1.3 liter. Di pasar mobil bekas harganya mencapai Rp 155 jutaan.

Pilihan lainnya adalah Suzuki Ertiga tipe GL keluaran tahun 2016. Anda bisa membelinya di situs jual beli mobil bekas dengan banderol sekitar Rp 159 jutaan. Model ini masih mengandalkan transmisi manual.

Baca juga: 5 MPV Bekas di Bawah 150 Jutaan

Yang berikutnya adalah Nissan Grand Livina 1.5 SV MT. Mobil Nissan keluaran tahun 2016 ini dapat ditebus dengan banderol harga Rp 160 jutaan.

Ketiga mobil bekas di atas mempunyai kelebihan dibanding Toyota Agya. Untuk Avanza mengandalkan mesin 1.3 liter. Lalu Ertiga dipersenjatai dapur pacu 1.4 liter dan Grand Livina mengusung mesin yang lebih besar lagi, yakni 1.5 liter.

Mesin yang lebih besar akan dapat mengeluarkan tenaga yang lebih baik. Dengan begitu mobil lebih dapat diandalkan ketika melintasi jalan tanjakan atau medan yang cukup sulit.

Tidak hanya itu, mobil keluarga ini juga unggul dalam hal daya angkut penumpang dan barang. Ketiga mobil MPV ini sama-sama bisa menampung hingga tujuh orang penumpang. Sementara untuk fiturnya, baik Toyota Agya 2017 maupun MPV bekas tidak jauh berbeda.

Dari detail singkat di atas, perbedaan mencolok antara Agya terbaru dengan MPV bekas adalah mesin dan kapasitas kabinnya. Di samping itu Agya boleh dikatakan lebih segar karena memiliki desain baru yang membuatnya lebih stylish. Hal ini bisa Anda jadikan pertimbangan bila ingin membeli mobil.

Jika Anda menginginkan mobil keluaran terbaru dan tidak terlalu mementingkan daya angkut mobil tersebut, maka Toyota Agya 2017 bisa jadi pilihannya. Sedangkan Anda yang gemar bepergian dengan keluarga dan membutuhkan mesin yang lebih bertenaga, maka mobil MPV bekas dirasa lebih cocok.

Source: mobil mpv budget 80 jutaan, Pilih agya 2017atau avanza 2011 utk mobil pertama?, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply