Home Komparasi MPV Mitsubishi 2017 vs Toyota Sienta G, Pilih Mana?

MPV Mitsubishi 2017 vs Toyota Sienta G, Pilih Mana?

MPV Mitsubishi 2017, Segmen MPV hingga saat ini diramaikan oleh sederet model. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mobil MPV masih digemari oleh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya segmen MPV masih menjadi segmen penting bagi merek-merek mobil yang terjun di pasar otomotif Tanah Air.

Baru saja masyarakat digoda dengan satu pendatang baru dari Mitsubishi. Mobil yang kabarnya akan hadir dengan nama Mitsubishi Xpander ini mengusung sejumlah daya tarik untuk mengusik keberadaan Toyota Avanza, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga yang sudah hadir lebih dulu di segmen small MPV.

Meskipun telah resmi hadir, beberapa hal seputar MPV Mitsubishi ini masih dirahasiakan. Meski begitu beberapa bocoran yang beredar di dunia maya dirasa cukup untuk membayangkan apa saja tawaran mobil baru Mitsubishi ini.

Menurut informasi resmi dari Mitsubishi, harga MPV Mitsubishi ini berkisar Rp 189 juta sampai dengan Rp 246 juta. Untuk varian tertinggi Xpander bisa bersanding dengan Toyota Sienta tipe G yang dibanderol Rp 245,2 juta untuk versi transmisi manual dan Rp 263 juta untuk versi CVT.

Memang keduanya berada di segmen yang berbeda. Xpander ditujukan untuk berhadapan dengan Avanza dan kawan-kawan. Sementara Sienta dihadirkan untuk mengisi pasar MPV kompak pintu geser yang sudah ditinggalkan oleh Honda Freed. Meski begitu tidak ada salahnya untuk membandingkan kedua varian ini.

Kira-kira mana yang lebih menarik? Apakah Mitsubishi Xpander atau Toyota Sienta tipe G? Berikut komparasi keduanya, yang dihimpun dari laman Oto.com.

Eksterior

Small MPV Mitsubishi yang diadopsi dari XM Concept itu hadir dengan tampilan yang kental dengan kesan gagah. Rupanya hal ini juga didukung oleh dimensi yang lebih besar dari Sienta.

Mobil ini mempunyai panjang 4.475 mm, dengan lebar 1.750 mm dan tinggi 1.700 mm. Sementara mobil Toyota itu memiliki panjang 4.235 mm, tinggi 1.695 mm dan lebar 1.695 mm.

Baca juga: Detail Singkat MPV Mitsubishi Expander

Selain itu ground clearance MPV Mitsubishi juga lebih tinggi, yakni 205 mm. Sedangkan Sienta hanya 170 mm. Ground clearance yang tinggi akan membuat mobil lebih siap untuk melibas medan sulit.

Lalu untuk soal desain, harus diakui keduanya memiliki ciri khas masing-masing. Mana yang lebih menarik tergantung dari selera masing-masing konsumen.

Mitsubishi Xpander tampil dengan desain dynamic shield yang menjadi bahasa desain Mitsubishi terbaru. Melihat tampilannya, MPV baru ini tampak mirip dengan versi konsepnya. Tak heran bila saat dirilis mobil ini sukses menarik perhatian banyak orang.

Dimensinya dirancang tinggi layaknya crossover. Sementara desain bagian depan terlihat menarik dan khas mobil Mitsubishi terkini. Perpaduan DNA SUV dan MPV ini bisa membuatnya bersaing dengan Honda BR-V.

Lain halnya dengan Toyota Sienta yang hadir dengan desain tergolong unik dan atraktif. Di samping itu mobil ini memiliki pintu geser yang akan memudahkan konsumen untuk keluar ataupun masuk kabin.

Interior

Lantaran mempunyai dimensi yang lebih besar, small MPV Mitsubishi itu menawarkan daya angkut yang lebih besar dari Sienta. Mobil ini dapat menampung hingga tujuh orang penumpang. Menariknya juga masih ada ruang besar untuk meletakkan barang.

Sedangkan kabin Toyota Sienta tidak terlalu luas. Ruang kepala lega akan tetapi tidak begitu dengan ruang kaki. Begitu juga dengan di baris ketiga. Hanya pintu geser yang menjadi andalan Sienta memikat konsumen pecinta MPV.

Fitur

Fitur bisa menjadi perbedaan mencolok di antara keduanya. Sebab Mitsubishi Xpander varian tertinggi pastinya memiliki banyak fitur. Di sisi lain Toyota Sienta tipe G merupakan varian menengah antara tipe E dan V. Maka dari itu tawaran fiturnya tidak sebanyak Sienta V dan G.

Salah satu tawaran fitur Sienta G adalah pintu geser yang sudah elektrik di kedua sisi dan sistem audio layar sentuh berukuran 7 inci dengan fitur mirroring. Selain itu juga ada fitur internet browser dan voice command.

Untuk Mitsubishi Xpander varian tertinggi kabarnya akan dijual dengan fitur Bluetooth Telephony Steering Switch, HU Monitor.dan rear camera. Di samping itu eksteriornya dipermanis dengan bodykit. Sementara sisi interior tampil mewah dengan Two Tone Beige/Black Interior dan sentuhan Wood Panel.

Mesin

Melirik dapur pacunya, kedua mobil keluarga ini sama-sama mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan penggerak roda depan (FWD). Untuk Toyota Sienta mengusung mesin baru 2NR-FE Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 107 PS dengan torsi puncak 140 Nm. Ada dua pilihan transmisi, yakni manual 6-percepatan dan CVT.

Untuk MPV Mitsubishi 2017 belum dapat diketahui pasti mesin apa yang akan dipakai. Akan tetapi beredar kabar bahwa mobil ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.499 cc dengan teknologi MIVEC. Dapur pacu ini dapat mengeluarkan tenaga 118 hp dengan torsi 145 Nm. Ada dua versi transmisi yang disediakan, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Source: sienta vs xpander, mitshubishi xpander, mitsubishi xpander, mitsubishi/harga avanza, mpv mitsubishi 2017 vs mpv toyota, pilih sienta atau xpander, pilih xpander atau sienta, xpander vs sienta, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply