Home Auto News Plus-Minus Motor Listrik Viar Q1 Menurut Pengguna

Plus-Minus Motor Listrik Viar Q1 Menurut Pengguna

Motor Listrik Viar, Sekarang masyarakat Indonesia memiliki pilihan baru jika ingin membeli motor yang ramah lingkungan. PT Triangle Motorindo yang merupakan produsen sepeda motor Viar di Indonesia baru saja meluncurkan skutik listrik Q1. Sebagai tindak lanjut kehadiran Viar Q1 ini juga dibentuk komunitas yang diberi nama Viar E-Motor Community (VEC).

Seperti yang diketahui, motor listrik memang belum begitu familiar di tengah masyarakat Tanah Air. Popularitasnya masih kalah jauh dari motor konvensional. Akan tetapi bukan berarti skuter listrik tidak menarik. Hal yang sama juga berlaku untuk Viar Q1. Lantas seperti apa pengalaman berkendara dengan motor tanpa polusi ini?

Dikutip dari laman Viva, dua orang pemilik Q1 yang tergabung dalam komunitas VEC, Muhammad Bambang Soemitro dan Raditya Abimanya memiliki kesan tersendiri saat mengendarai skuter listrik tersebut untuk kegiatan harian.

“Saya sendiri enggak terlalu jauh bawanya, hanya di sekitar rumah saja. Ini posisi duduknya enak, terus ringan kan bodinya, beda sama motor lain,” ujar Bambang yang juga merupakan Ketua VEC.

Ia menambahkan, motor Viar itu tidak perlu ganti oli dan rantai. Dengan demikian biaya servisnya bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan motor konvensional. Walaupun nyaman untuk dikendarai, menurut Bambang kekurangan motor listrik Viar Q1 ini terletak pada tidak adanya bunyi saat dinaiki.

Motor yang senyap memang memberikan kenyamanan kepada pengendara maupun orang di sekitarnya. Akan tetapi di sisi lain juga bisa menimbulkan malapetaka jika pengendara lain tidak menyadari adanya pengguna motor listrik di sekitarnya.

“Kelemahannya, motor ini kayak hantu, enggak ada suara. Ini yang bikin harus hati-hati saat berkendara, utamanya di jalan raya. Kalau saya, solusinya lampu LED dinyalakan, terus klakson sering dibunyikan supaya orang tahu,” ungkap Bambang.

Sedangkan Raditya mengungkapkan dirinya sering menjadi perhatian ketika memakai Viar Q1 di jalan. Di samping itu tidak sedikit pengendara lain yang kaget saat ia memakai skuter listrik itu lantaran tidak adanya suara yang dikeluarkan. Menurutnya, kelemahan Viar Q1 terletak pada top speed yang hanya menembus angka 50 km/jam saja.

“Sering orang kaget karena saya ada di sebelahnya, ini enggak ada bunyinya kan. Terus kalau jalan lurus, itu kayaknya lama sampai. Karena, top speed 50 kilometer per jam,” jelasnya.

Baca juga: Detail dan Harga Motor Viar Q1

Meski begitu menurut Raditya Viar Q1 cukup nyaman dan enak ketika dikendarai di jalanan macet. Alasannya motor Viar ini mempunyai dimensi bodi yang mungil.

“Saya pakai setiap hari dari rumah ke kantor itu pergi-pulang 20 kilometer, enak kalau macet bisa selap-selip. Untuk soal cas baterai, di rumah bisa dan di kantor juga beberapa kali coba juga bisa. Hanya saja perlu bawa kabel tambahan sendiri,” kata dia.

Untuk informasi, motor listrik ini mempunyai dimensi panjang 1.680 mm, lebar 690 mm dan tinggi 1.220 mm. Lalu ground clearance atau jarak terendah dengan tanah mencapai 155 mm. Sementara wheelbase-nya 1.060 mm.

Viar Q1 mengusung desain yang terkesan membulat namun futuristik. Jika diperhatikan tampaknya Viar terinspirasi dengan desain Honda Scoopy atau Yamaha Fino saat mendesain motor listrik ini.

Skuter listrik Viar ini mengusung baterai atau aki tipe lithium ion 60v20AH dengan kapasitas maksimal 2 Kwh. Pengisian daya baterainya membutuhkan waktu sekitar 5-7 jam dengan menggunakan tegangan listrik rumahan 220 Volts.

Tenaga yang dapat dihasilkan motor listrik Viar Q1 ini diklaim mencapai 800 watt atau jika dikonversi mencapai 1 – 1,5 hp. Jarak tempuhnya diklaim mencapai 60 km, dengan kecepatan maksimum hingga 60 km/jam.

Source: kelemahan motor listrik viar, mengendarai viar q1, Plus minus viar q1, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply