Home Motor 6 Komponen Penyebab Setang Motor Goyang

6 Komponen Penyebab Setang Motor Goyang

0 197

Setang Motor, Sepeda motor pada dasarnya memudahkan pengguna untuk pergi ke suatu tempat dengan lebih cepat dan tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga. Akan tetapi seiring pemakaian motor bisa saja mengalami masalah. Komponen motor memiliki masa pakai yang saat sudah mencapai batasnya bisa mengalami kerusakan atau permasalahan.

Salah satu komponen yang bisa bermasalah adalah setang motor. Gejala yang umum dirasakan oleh pengguna roda dua adalah geraknya yang di luar kontrol pengendara. Contohnya setang terasa goyang saat pengguna mengontrolnya untuk lurus atau saat melakukan pengereman. Hal ini menandakan bahwa bagian tersebut perlu penanganan.

Dikutip dari laman Liputan6, setang goyang bisa disebabkan oleh beberapa alasan. Untuk memperbaikinya maka terlebih dahulu harus diketahui penyebab setang goyang.

Kimin, Mekanik salah satu bengkel di kawasang Mampang, Jakarta mengatakan, setidaknya ada enam komponen yang bisa menyebabkan setang motor goyang. “Kalau setang tidak stabil, cek laher, ban, komstir, pelek, shock, segitiga dudukan setang,” katanya.

Untuk yang pertama mari kita bahas laher atau bearing. Komponen ini disematkan di bagian tengah roda dan bersinggungan langsung dengan roda. Kerusakan pada komponen tersebut dapat diketahui dengan menggoyangkan roda ke arah kanan dan kiri. Jika terasa goyang, maka itu berarti laher yang tersebut sudah pecah atau oblak.

Berikutnya adalah komponen ban. Perlu diketahui, ban yang permukaannya tidak rata, seperti adanya benjolan sisa tambalan atau tekanan angin yang tidak sesuai dapat menyebabkan laju motor terasa oleng.

Gejala serupa juga bisa disebabkan jika pelek sudah bengkok atau retak. Untuk mengatasinya pengguna harus segera mengganti mengingat hal ini bisa membahayakan keselamatan pengguna.

Komstir juga dapat menyebabkan setang motor goyang. Komponen yang satu ini posisinya berada di sumbu antara segitiga garpu depan dan rangka motor. Kerusakannya biasanya terletak di bagian mangkuk-mangkuk dan bola besi yang sudah aus.

Baca juga: Perawatan Motor Setelah Perjalanan Jauh

Hal ini bisa terjadi meskipun usia pakai komstir biasanya lama. Di samping itu menurut Kimin komstir yang disetel terlalu kencang uga dapat membuat laju motor tidak stabil.

Suspensi yang sudah tidak presisi juga dapat menimbulkan gejala serupa. Permasalahan pada suspensi ini bisa terjadi lantaran suspensi pernah terbentur, contohnya karena tabrakan. Atau juga bisa karena karet bantal suspensi yang sudah tidak rapat.

Komponen terakhir yang bisa menyebabkan setang motor oblak adalah segitiga dudukan setang. Komponen ini menghubungkan antara setang dengan suspensi. Motor bisa tidak stabil jika garpu kiri dan kanan tidak sejajar.

Biaya yang diperlukan untuk memperbaiki permasalahan tersebut tergantung dari sumber masalahnya. Untuk beberapa kasus perbaikan bisa dilakukan tanpa membeli komponen pengganti. Contohnya adalah suspensi yang tidak presisi. Akan tetapi kebanyakan harus mengganti yang rusak.

Itulah penyebab setang motor goyang yang bisa Anda baca. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source: permasalah pada setang motor bagian kiri, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply