Home Auto News MPV Mitsubishi 2017, Makna ‘Xpander’ Hingga Desain Unik

MPV Mitsubishi 2017, Makna ‘Xpander’ Hingga Desain Unik

0 218

MPV Mitsubishi 2017, Salah satu produsen otomotif ternama asal Jepang, Mitsubishi meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dengan membawa jajaran produk andalannya. Salah satu yang cukup menarik perhatian tentu saja kehadiran small MPV terbarunya yang diberi nama Xpander.

Kehadiran mobil baru ini di Indonesia sekaligus menjadi debut global perdananya. Dengan mengusung slogan ‘Next Generation MPV’ Xpander memikat hati para pengunjung pameran GIIAS 2017. Seperti yang diketahui bersama, mobil MPV Mitsubishi ini sudah cukup lama membuat penasaran publik. Terutama saat Mitsubishi memperkenalkan model XM Concept yang menjadi basis pengembangan mobil ini.

Makna Nama Xpander

Mitsubishi All New Xpander merupakan sebuah nama yang merefleksikan ambisi Mitsubishi Motors Corporation (MMC) untuk memperluas pengalaman berkendara konsumen ke dalam lingkup yang lebih luas dan menyenangkan. Disebutkan bahwa melalui produk ini MMC ingin memperluas posisi pasar, perluasan desain, kenyamanan, kemudahan teknologi dan juga performa.

Dalam world premier All New Xpander, Osamu Masuko, Chief Executive Office MMC mengatakan bahwa Xpander berarti memperluas (expand) dalam banyak hal. “Memperluas performa dan kegunaan. Ini kendaraan yang akan memperluas hidup. Xpander juga memberikan kabin yang luas yang mampu memberikan kenyamanan maksimal pada tujuh penumpang,” ujarnya, sebagaimana melansir dari Antaranews.

Osamu mengklaim mobil Mitsubishi terbaru ini menawarkan kemudahan untuk akses masuk ke kabin. Di samping itu kenyamanan di dalam kabin juga baik. Kursi tiga barisnya dapat dilipat menjadi beberapa kombinasi. Hal ini menunjukkan bahwa Mitsubishi Xpander merupakan kendaraan serbaguna yang sesungguhnya.

Tidak hanya itu, Osamu juga mengungkapkan bahwa mobil ini dikembangkan dengan teknologi SUV. “Xpander memberikan ketinggian berkendara terbaik di kelasnya sehingga Xpander memberikan performa berkendara yang sempurna di semua medan baik halus, kasar hingga jalan yang tergenang air,” terangnya.

Desain yang Beda

Mitsubishi Xpander dikembangkan dengan mengusung konsep Dynamic Shield. Konsep ini sebelumnya juga diterapkan pada model SUV Pajero Sport. Itulah mengapa tampilan eksterior small MPV rival Toyota Avanza itu sedikit mirip dengan Mitsubishi Pajero Sport.

Tidak hanya itu, ada hal menarik yang membuat desain Xpander ini beda dari MPV pada umumnya. Mitsubishi meletakkan headlamp di bagian bumper. Menurut keterangan Mitsubishi, keputusan tersebut diambil bukan tanpa sebab. Sudah ada riset panjang yang dilakukan MMC sebelum akhirnya menyematkan headlamp di bagian bumper.

Tsunehiro Kunimoto, Corporate Vice President, Division General Manager, Design Division mengatakan dengan meletakkan headlamp di bagian bumper maka akan lebih fungsional dan memberikan visibilitas kepada pengemudi di saat malam hari. Selain itu ground clearance MPV Mitsubishi 2017 ini cukup tinggi, yakni mencapai 205 mm.

Dengan headlamp di bumper, maka pencahayaan yang diberikan menjadi lebih maksimal bagi pengemudi. Jika headlamp diposisikan terlalu tinggi, maka sebaran pencahayaan menjadi kurang optimal, terutama jika dalam posisi low beam.

Bila memperhatikan tampilannya, mobil MPV Mitsubishi ini mempunyai dimensi yang besar sehingga terlihat gagah. Mengenai hal tersebut dijelaskan bahwa desain Xpander yang besar lahir berdasarkan hasil riset selama tiga tahun dan diskusi panjang dengan para konsumen. Mobil ini mempunyai panjang 4.475 mm dengan konsep yang memadukan keunggulan MPV dan SUV.

Di Indonesia MPV Mitsubishi 2017 ini dijual dalam enam varian. Harga Mitsubishi Xpander ini berkisar mulai Rp 189,050 juta untuk tipe GLX. Tipe berikutnyuta adalah GLS yang dibanderol Rp 208,550 juta, Exceed MT Rp 214,550 juta, Exceed AT Rp 224,950 juta dan Sport AT dipatok Rp 237,150 juta dan Ultimate yang menjadi varian tertinggi dengan banderol Rp 245,350 juta.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply