Home Auto News Honda Civic Type R 2017 Rilis di Indonesia, Ini Daya Tariknya

Honda Civic Type R 2017 Rilis di Indonesia, Ini Daya Tariknya

0 467

Honda Civic Type R 2017, PT Honda Prospect Motor (HPM) hadir di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dengan membawa jajaran produk andalannya. Tidak hanya itu, HPM juga memanfaatkan kesempatan tersebut dengan meluncurkan Civic Type R. Mobil Honda berwujud hatchback nan sporty ini hadir menyapa pengunjung di hari pertama pameran.

Shinji Aoyama, Chief Operation Honda Asian dan Oceania mengatakan bahwa mobil Honda ini memperluas lini Civic guna memenuhi kebutuhan dan gaya hidup konsumen Tanah Air. Kehadiran Honda Civic Type R ini juga sekaligus mengeluarkan DNA Honda sebagai mobil sporty.

Melihat dapur pacunya, mobil hatchback Honda ini mengusung mesin VTEC Turbo berkapasitas 2.0 liter. Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan mesin tersebut mencapai 210 PS dengan torsi maksimum 400 Nm. Mesin ini hanya ditemani dengan transmisi manual 6-percepatan. Tidak ada pilihan transmisi otomatis. Akan tetapi hOnda menawarkan tiga mode berkendara, yakni Comfort, Sport dan +R1.

“Tema kami tahun ini ‘Born to Race’. Mr Soichiro Honda pernah mengatakan ‘If Honda does not race, there is no Honda’. Banyak produk Honda berasal dari pengalaman di ajang balap, yang kemudian menjadi masukan untuk pengembangan produk,” ujar Takehiro Watanabe, Presiden PT HPM, dilansir dari Kumparan.com.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa belum lama ini Civic Type R memecahkan rekor lap time untuk mobil penggerak roda depan di sirkuit Nurburging, Jerman. Mobil Honda ini mencetak waktu 07.43.80. Shinji mengklaim mobil ini merupakan mobil terbaik untuk konsumen yang terlahir untuk menjadi pembalap.

Melihat sisi eksteriornya, Honda Civic Type R 2017 tampil dengan desain berotot di bagian bodi. Untuk bagian wajah terdapat grill yang mengusung desain agresif khas mobil Honda. Juga terdapat full LED headlight dan fog lamp LED.

Sedangkan untuk sektor roda mengusung pelek berukuran 20 inci yang menghadirkan kesan sporty. Tidak hanya itu, Honda juga menyematkan body kit dari bumper depan hingga belakang.

Alhasil aura sporty Civic Type R terbaru ini menjadi lebih kuat. Belum lagi adanya knalpot tiga pipa yang diletakkan di tengah bumper belakang sehingga membuat area buritan menarik.

Yang cukup aneh dari mobil ini adalah hadirnya empat pintu. Padahal biasanya mobil sport mengusung konsep 2 pintu sehingga membuat aura sporty semakin kental. Mengenai hal ini Honda memiliki alasan tersendiri.

Baca juga: Detail Spesifikasi Honda Civic Hatchback Turbo 

Hideki Kakinuma, Chief Engineer and Assistant Large Project Leader of Civic Type R, Honda R&D Co., Ltd, mengatakan model ini pada dasarnya merupakan pengembangan dari Civic generasi kesepuluh. Sementara Civic yang dijual di Eropa memiliki spesifikasi 4 pintu.

Itu artinya, Honda harus melakukan pengembangan tersendiri lagi jika ingin menawarkan Civic Type R dalam wujud 2 pintu. Walaupun begitu, Honda Civic Type R diklaim dapat menghadirkan performa berkendara yang dapat dinikmati semua orang.

Hatchback ini hadir dalam 4 pilihan warna. Di antaranya Rallye Red, Briliant Sporty Blue Metalic, Championship White, dan Sonic Gray Pearl. Lalu untuk tahun depan rencananya Honda akan menambah pilihan warna baru, yakni Crystal Black Pearl dan Polished Metal Metalic.

Harga Honda Civic Type R ini mencapai Rp 995 juta. Untuk warna dasar berbahan metallic dan pearl calon konsumen akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp 2 juta.

Meskipun tergolong mahal, Honda Civic Type R 2017 ini nyatanya mendapat respon baik dari konsumen. Terbukti dari 50 unit mobil yang disiapkan tinggal tersisa 3 unit saja menurut pantauan pada Minggu (13/8/2017).

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply