Home Auto News Mitsubishi Xpander 2017 Ternyata Pakai Mesin Ini

Mitsubishi Xpander 2017 Ternyata Pakai Mesin Ini

0 954

Mitsubishi Xpander, Mitsubishi baru saja meluncurkan Xpander di Indonesia. Hal ini sekaligus menandakan bahwa Mitsubishi siap bertarung dengan Toyota, Suzuki, Honda dan lainnya yang sudah lebih dulu hadir di segmen low MPV. Tingginya penjualan low MPV di Indonesia tampaknya menggoda beberapa merek untuk ikut serta meramaikan pasar.

Sebagai bekal, Mitsubishi Xpander mengusung spesifikasi yang tak kalah menggoda. Sebelumnya sektor mesin mobil baru ini masih dirahasiakan saat perkenalan beberapa waktu lalu. Akan tetapi pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 Mitsubishi resmi mengumumkannya.

Menurut data mobil ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan teknologi MIVEC DOHC 16 valve. Mitsubishi mengungkapkan bahwa mesin berkode 4A91 itu merupakan pengembangan baru. Terutama untuk teknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System (MIVEC).

Usut punya usut, mesin yang dipakai Xpander itu juga dipakai pada Mitsubishi Colt CZC 1.5 L. Demikian menurut informasi Otomotifnet. Akan tetapi jangan salah sangka dulu, mobil ini bukanlah Colt T120SS yang dijual di Indonesia. Melainkan Colt CZC 1.5 yang berwujud mini coupe dengan membawa desain modern.

Bahkan bentuk mesinnya juga sama persis dengan yang dipakai Mitsubishi Xpander. Meski begitu terdapat perbedaan di antara keduanya. Selain penyematan teknologi MIVEC, mesin Xpander juga mendapat sentuhan revisi pada bagian sistem oil pan atau bagian karter.

Bagian ini dirancang dengan memakai dua material. Untuk bagian atasnya terbuat dari bahan aluminium. Sedangkan untuk bagian bawah terbuat dari besi. Pemakaian dua bahan berbeda ini bertujuan untuk mengurangi bobot mesin. Dengan begitu getaran atau vibrasi juga ikut tereduksi.

Tidak hanya itu, mesin Mitsubishi Xpander 2017 juga mengandalkan penggerak kem model rantai atau juga dikenal dengan sebutan timing chain. Secara daya tahan rantai ini lebih kuat dan tahan lebih lama daripada model timing belt.

Baca juga: Harga Mitsubishi Xpander Indonesia

Hanya saja belum dapat diketahui pasti berapa rasio kompresinya. Kendati begitu mobil Mitsubishi terbaru ini disarankan memakai bahan bakar RON 90. Selain itu dianjurkan pula untuk memakai oli MMGO dengan tingkat kekentalan 5W-30.

Dalam penjualannya, Mitsubishi Xpander ini juga disertai garansi mesin hingga 3 tahun atau 100 ribu km. tergantung mana yang lebih dahulu tercapai. Tidak hanya itu, Mitsubishi juga menawarkan free service (jasa) sampai dengan 50 ribu km.

Xpander hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan sebuah mobil MPV namun dengan tampilan gagah khas SUV. Harga Mitsubishi Xpander ini juga tergolong kompetitif dengan kompetitornya.

Untuk tipe terendah (GLX) dengan transmisi manual dilepas dengan harga Rp 189,050 juta. Sedangkan varian termahal atau Ultimate dipatok Rp 245,350 juta. Jika masih penasaran dengan tampilan mobil ini dan ingin melihatnya secara langsung silakan berkunjung ke GIIAS 2017 yang akan berlangsung hingga 20 Agustus mendatang.

Source: berapa liter oli mesin xpander, timing belt expander, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply