Komparasi Mobil MPV Toyota Voxy vs Serena dan Biante

Loading...

Mobil MPV, Segmen MPV menengah tampak memanas dengan hadirnya Toyota Voxy. Sebenarnya ini bukan kali pertamanya Toyota Astra Motor (TAM) terjun di segmen tersebut. TAM mempunyai NAV1 untuk bersaing dengan Nissan Serena dan Mazda Biante. Akan tetapi  produksinya dihentikan dan pada akhirnya Voxy dipilih untuk meneruskan perjuangan saudaranya.

Loading...

Kehadiran mobil Toyota terbaru ini bisa menjadi ancaman bagi rivalnya. Meski baru saja hadir, ada beberapa keunggulan yang bisa dijadikan bekal Voxy untuk memikat konsumen penikmat medium MPV. Seperti nama Toyota yang sudah dikenal baik, akomodasi, fitur dan harga yang terbilang kompetitif.

Lantas seperti apa jika MPV Toyota ini bersanding dengan Serena dan Biante? Untuk mengetahui komparasi ketiga mobil MPV tersebut, silakan simak uraiannya berikut ini.

Akomodasi

Salah satu alasan masyarakat membeli MPV adalah kabin yang lapang sehingga dapat menampung beberapa penumpang sekaligus. Selain itu akomodasi penumpang yang baik akan membuat model tersebut laku di pasaran.

Toyota Voxy yang merupakan pendatang baru menawarkan jok model captain seat. Jok ini dilengkapi dengan dua buah arm rest, berikut dua buah meja lipat. Sementara baris ketiga terdapat jok penumpang yang memiliki konfigurasi lipat 50:50.

Sedangkan Mazda Biante juga mengusung captain seat untuk memanjakan penumpangnya. Hanya saja pada mobil ini belum terdapat meja lipat. Arm rest yang disematkan juga hanya ada satu saja. Kendati begitu jok baris kedua dapat digeser ke kiri dan ke kanan sehingga menawarkan kenyamanan yang lebih baik. Tidak hanya itu, kursi ini juga dapat diputar 360 derajat.

Baca juga: Spesifikasi Toyota Voxy 2017

Lalu Nissan Serena juga menawarkan akomodasi yang serupa dengan Voxy. Terdapat jok captain seat dengan dua buah armrest. Juga terdapat dua meja lipat dan untuk baris ketiga memiliki konfigurasi lipat yang sama seperti Voxy.

Fitur

Untuk segi fitur Toyota Voxy bisa dikatakan lebih unggul. Sebab mobil MPV ini mempunyai tirai di pintu belakang, cruise control dan dua moonroof. Masih ada tawaran fitur menarik lainnya yang lazim dijumpai pada mobil modern.

Seperti Engine Start Stop, Smart Keyless Entry, Head Unit layar sentuh, pintu geser elektrik, rear seat entertainment dan layar dari kamera parkir dengan garis pemandu.

Lalu Nissan Serena juga mempunya tawaran fitur yang cukup mumpuni. Seperti hadirnya Smart Keyless Entry, Engine Start Stop Button dan pintu geser elektrik. Hanya saja untuk pintu geser elektrik ini terdapat pada bagian kiri saja. Selain itu ada fitur layar sentuh berukuran 6 inci, rear seat entertainment dan kamera parkir.

MPV Mazda mengusung fitur yang lebih sedikit daru dua rivalnya. Biante mengusung fitur Smart Keyless Entry, Head unit berlayar sentuh 6 inci, Rear Seat Entertainment, pintu ,kamera parkir dan dua buah pintu geser elektrik.

Harga

Selain fitur, harga menjadi salah satu pertimbangan calon konsumen sebelum membeli mobil baru. Harga Toyota Voxy di Indonesia mencapai Rp 446 juta.

Selisih tipis dengan Voxy, harga Mazda Biante mencapai Rp 449 juta. Lalu untuk mobil MPV Nissan mempunyai beberapa varian yang dibanderol mulai sekitar Rp 328 juta sampai dengan Rp 456 juta.

Dari ketiga mobil MPV ini, masing-masing mempunyai tawaran yang menarik. Baik dari segi desain, fitur maupun harga. Toyota Voxy bisa menjadi tawaran menarik bila Anda ingin memiliki mobil yang tampil modern dan dilengkapi fitur-fitur terkini. Kendati begitu Nissan Serena dan Mazda Biante juga tak kalah menarik dari rival barunya.

Loading...