Mobil Suzuki Ignis GL AGS Hadir, Varian Otomatis Harga Murah

Loading...

Mobil Suzuki Ignis, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dimanfaatkan Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk menghadirkan model terbarunya. Ada beberapa mobil baru yang dihadirkan. Salah satu di antaranya adalah Suzuki Ignis varian GL AGS.

Loading...

Model ini menjadi varian baru dari mobil andalan Suzuki itu. Harga Suzuki Ignis GL AGS ini mencapai Rp 149,5 juta. Kehadirannya melengkapi jajaran varian Ignis yang sebelumnya tersedia dalam tiga pilihan. Yakni GL MT, GX MT dan GX AGS.

Yulius Purwanto, Head of Product Development SIS mengatakan bahwa Ignis GL AGS merupakan respons Suzuki atas banyaknya masukan dari konsumen yang ingin memiliki Suzuki Ignis transmisi otomatis dengan tawaran harga yang lebih terjangkau. Pihaknya yakin dengan hadirnya pilihan transmisi otomatis dan manual membuat Ignis semakin menjadi pilihan terbaik bagi konsumen.

Kami memperhatikan suara konsumen dan menggunakannya sebagai dasar untuk pengembangan produk agar dapat terus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia,” jelasnya, dikutip dari laman Merdeka.

Sama seperti varian sebelumnya, Suzuki Ignis GL AGS ini didatangkan secara utuh alias Completely Built Up (CBU). Ada enam pilihan warna yang bisa dipilih oleh konsumen. Antara lain Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue Pearl Metallic dan Glistering Grey Metallic.

Mobil bertubuh mungil ini mempunyai radius putar 4,7 meter. Sedangkan air intake-nya dibuat setinggi 700 mm. Lalu ground clearance mobil berlogo S ini mencapai 180 mm. Dengan begitu Ignis masih nyaman untuk dipakai melalui genangan air sat musim hujan.

Melirik dapur pacunya, Suzuki Ignis dipersenjatai dengan mesin bensin 4 silinder K12M yang memiliki kapasitas sebesar 1.197 cc, DOHC dengan teknologi Variable Valve Timing (VVT). Mesin ini dibuat dari material aluminium.

Tenaga yang dapat dihasilkan adalah 83 ps pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 113 Nm pada 4.200 rpm. Untuk sistem penggeraknya memakai sistem penggerak roda depan. Mobil perkotaan ini diklaim mempunyai efisiensi bahan bakar hingga 20 km/liter.

Suzuki membekali mobil ini dengan sederet fitur. Untuk memudahkan pengemudi, mobil Suzuki Ignis dilengkapi dengan meter cluster. Ada sejumlah informasi yang diperoleh, meliputi baterai aki, immobilizer, power steering, ABS, hand brake, oil indicator, RPM meter, Speedometer, Safety Belt hingga Airbag.

Tidak hanya itu, akomodasi di bagian belakang juga cukup memadai. Bagasinya mempunyai kapasitas sebesar 267 liter saat semua jok berdiri tegak. Sementara jika jok belakang dilipat dengan konfigurasi 60:40, maka bagasinya bertambah luas menjadi 469 liter. Jika dirasa masih kurang jok belakang bisa dilipat seluruhnya sehingga mempunyai kapasitas 947 liter.

Baca juga: Suzuki Ignis 2017 vs Honda Brio RS 

Mobil Suzuki Ignis juga mengusung fitur penunjang keselamatan yang memadai. Untuk sistem pengereman sudah dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS). selain itu juga sudah terdapat Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta Brake Assist (BA). Fitur ini akan membuat perjalanan lebih aman saat pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Pengemudi juga dapat mengatur ketinggian sorotan lampu depan halogen Ignis sesuai jarak pandang yang diperlukan. Hal ini akan memberikan kenyamanan saat berkendara di malam hari.

Khusus pengemudi dan penumpang depan Suzuki sudah menyertakan dua SRS airbag. Fitur ini akan mengembang saat mobil mengalami benturan dan memakai sabuk pengaman. Untuk memberikan perlindungan lebih baik, sabuk pengaman mobil Suzuki Ignis ini sudah mempunyai fitur pretensioner dan force limiter.

Untuk sisi setir kemudi terdapat Electric Power Steering (EPS). Dengan demikian pengemudi bisa mengendalikan mobil dengan lebih ringan. Selain mudah untuk bermanuver, pengemudi juga mendapat tawaran tingkat respons kemudi yang lebih presisi.

Juga terdapat fitur ISOFIX yang terintegrasi di jok penumpang belakang. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk konsumen yang memiliki bayi. Hadirnya fitur ini membuatnya lebih mudah untuk memasangkan child seat.

Tidak cukup sampai di situ, mobil Suzuki Ignis ini juga sudah mengusung fitur Electronic Control Module (ECM) sebagai fitur keamanan. Fitur ini akan melindungi mobil dari tindak pencurian. ECM tersemat di anak kunci dan mempunyai sinyal sendiri yang memungkinkan pengguna menghidupkan kendaraan. Dengan begitu tanpa kunci tersebut pengguna tidak dapat menghidupkan mesinnya.

Loading...