Home Auto News 4 Mobil Mazda Terbaru di Indonesia, Mulai Roadster Hingga SUV

4 Mobil Mazda Terbaru di Indonesia, Mulai Roadster Hingga SUV

0 532

Mobil Mazda, Langkah Mazda menggempur pasar otomotif Tanah Air tidak berhenti dengan hanya merilis CX-5. Salah satu pemain asal Negeri Matahari Terbit ini mempunyai beberapa mobil baru yang siap hadir.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Roy Arman Afrandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) di tengah acara GIIAS 2017 di ICE, BSD City, Tangerang. Ia mengungkapkan Mazda akan menghadirkan banyak mobil baru pada kuartal keempat tahun 2017 sampai dengan kuartal pertama tahun 2018.

Ada empat mobil baru yang siap dihadirkan. Antara lain MX-5 RF (retractable roof) yang merupakan model roadster, CX-8, Mazda6 Estate dan Mazda3. Sebagai informasi, akan diulas lebih jauh seputar calon mobil baru Mazda itu.

Mazda MX-5 RF

Mobil kebanggaan Mazda ini sudah menjadi ikon di dunia otomotif. Sejak awal MX-5 dirancang sebagai sebuah mobil sport yang mengutamakan kepraktisan, kesederhanaan dan kelincahan.

Menurut informasi ide awal mobil ini disampaikan oleh seorang jurnalis majalah Motor Trend bernama Bob Hall. Kemudian ia bekerja sebagai product planning Mazda America. Ia terinspirasi roadster asal Inggris, Lotus Elan yang mengusung tampilan sederhana namun mempunyai banyak penggemar.

Mazda MX-5 memiliki ukuran bodi yang kompak dan titik berat mobil yang tepat ada di tengah. Hal inilah yang menjadi kunci kelincahan dari roadster Jepang itu yang tetap dipertahankan sampai sekarang.

Generasi ketiga MX-5 hadir dalam dua varian mesin, yakni 1.5 liter dan 2.0 liter. Kedua mesin ini mengusung konfigurasi empat silinder dan dilengkapi teknologi khas Mazda yang diberi nama SKYACTIV. Selain itu tawaran transmisinya juga ada dua macam, yakni SKYACTIV Drive (otomatis) 6-percepatan dan SKYACTRIV-MT.

Platform Mazda MX-5 ini juga dipakai untuk merek lain, Fiat. Salah satu merek mobil asal Eropa itu menggunakan platform mobil Mazda untuk membangun Fiat 124 Spyder.

Untuk saat ini Mazda MX-5 RF belum resmi hadir di Indonesia. Akan tetapi menariknya sudah ada calon konsumen yang tertarik untuk meminangnya. Sementara itu Ricky Thio, Marketing Sales and PR Director Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengungkapkan pihaknya sudah membuka pemesanan mobil baru ini.

Sepanjang acara GIIAS 2017, EMI sudah menerima 10 pemesanan Mazda MX-5. Padahal harga mobil Mazda ini belum ditentukan. Ricky menyampaikan kisaran harga Mazda MX-5 mencapai Rp 500 jutaan. Kendati begitu tetap saja ada yang berminat untuk membayar uang pesan.

Nantinya MX-5 yang dihadirkan adalah atap keras yang bisa dibuka. Bukan soft top atau atap kain seperti yang diperkenalkan pertama kali pada Maret lalu. Keputusan tersebut merupakan perintah dari prinsipal di Jepang yang merasa varian atap keras lebih bisa diterima masyarakat Indonesia karena alasan keamanan.

Mazda6 Estate

Model yang satu ini sudah hadir di Indonesia meski hanya sebatas display. Jika penasaran Anda bisa melihatnya secara langsung di GIIAS 2017. Mobil baru ini belum resmi dirilis oleh EMI. Akan tetapi calon pembeli sudah bisa melakukan pemesanan. Untuk pengiriman akan dilakukan sekitar akhir tahun ini atau awal 2018 mendatang.

Untuk spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan versi sedan. Mobil ini mengusung mesin empat silinder inline dengan teknologi SKYACTIV-G berkapasitas 2.5L. untuk transmisinya memakai 6-percepatan otomatis SKYACTIV-DRIVE yang dikombinasikan dengan sistem penggerak roda depan (FWD).

Baca juga: Detail dan Harga Mazda CX-5

Walau begitu tentu saja ada beberapa perbedaan di antara kedua versi Mazda6. Untuk versi Estate dimensinya lebih pendek 65 mm dari versi sedan. Selain itu Mazda6 Estate lebih tinggi 30 mm karena mempunyai roof rails.

Sedangkan untuk wheelbase atau jarak sumbu roda dibuat lebih pendek 50 mm dari versi sedan. Ubahan tersebut mempengaruhi jarak sumbu roda yang menjadi lebih pendek.

Sementara sisi interiornya tetap menjadi salah satu yang terbaik. Mazda menyematkan kulit premium yang menambah kesan menarik di sisi kabin. Juga terdapat fitur i-Stop yang menjadi kelebihan Mazda6 Estate. Belum lagi bagasinya yang lebih lapang sehingga bisa memuat banyak barang.

Belum diketahui berapa harga Mazda6 Estate bila dijual di Tanah Air. Akan tetapi diperkirakan harga mobil Mazda ini berkisar Rp 530 jutaan sampai Rp 560 jutaan.

Mazda CX-8

Mobil ini merupakan SUV 7-seater yang artinya dapat memuat hingga tujuh orang penumpang. Kendati begitu bodi CX-8 dibuat tetap langsing, tidak seperti saudaranya, Mazda CX-9.

Roy mengungkapkan pihaknya berniat menghadirkannya akhir tahun 2018 atau awal 2019 mendatang. Meski masih lama, Roy mengungkapkan berusaha untuk menghadirkan model itu secepatnya. Jika bisa lebih cepat dari waktu tersebut akan lebih baik.

Model ini sebenarnya belum dirilis di negara asalnya, Jepang. Kemungkinan CX-8 baru hadir pada tahun depan. Di sana Mazda CX-8 akan diposisikan di atas CX-5. Bocoran mengenai interior mobil SUV ini sudah beredar di dunia maya.

SUV tiga baris bangku ini kemungkinan akan memakai platform yang serupa dengan CX-9. Untuk dimensi panjangnya mencapai 4.900 mm, dengan lebar 1.840 mm dan tinggi 1.730 mm. Untuk wheelbase-nya 2.930 mm. Mazda akan menawarkan mobil baru ini dalam pilihan 6 dan 7 tempat duduk.

Menurut informasi mobil Mazda ini mengusung mesin diesel turbo berkapasitas 2.2 liter yang juga dipakai Mazda6. Mesin tersebut dapat meledakkan tenaga sebesar 172 hp dengan torsi puncak 420 Nm. Akan tetapi untuk Indonesia tampaknya akan menanti hadirnya pilihan mesin bensin.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. Teknologi mesin diesel yang dipakai CX-8  sudah diatur untuk memenuhi standar emisi Euro VI. Bila dipasarkan di Tanah Air masyarakat bisa saja kesulitan memperoleh bahan bakar yang optimal.

Bila dihadirkan di Indonesia, Mazda CX-8 akan berhadapan dengan SUV 7-seater lainnya. Seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Chevrolet Captiva.

Mazda3

Mungkin sebagian dari Anda tidak asing dengan model ini. Mazda3 merupakan hatchback yang sebelumnya pernah dipasarkan di Tanah Air. Hanya saja penjualannya dihentikan lantaran penjualannya kurang menggembirakan. Akan tetapi setelah dipegang Eurokars Motor Indonesia Mazda akan kembali menghadirkan Mazda3.

 

Mobil Mazda ini dipersenjatai dengan dapur pacu berkapasitas 2.000 cc. selain itu juga ada versi mesin bensin berkapasitas 1.6 liter. Mazda sudah melengkapinya dengan teknologi terkini. Seperti G-Vectoring Control yang membuatnya lebih stabil saat di tikungan.

Lalu untuk transmisinya memakai otomatis 6-percepatan SKYACTIV-DRIVE. Transmisi ini diklaim tak kalah efisien dari transmisi CVT dan mempunyai respons seperti dual clutch. Sementara penggerak hatchback Mazda itu memakai penggerak roda depan.

Mobil ini mempunyai tampilan yang sporty dan dinamis khas mobil Mazda. Bahasa desain Kodo Soul of Motion tampak kental pada hatchback tersebut. Terutama di bagian depan yang terdapat grille besar dengan aksen krom yang membentuk sayap dan dibuat menyatu dengan headlamp LED pipih.

Itulah bocoran empat mobil Mazda terbaru yang siap hadir di Indonesia. Kira-kira mana dulu model yang akan dipasarkan oleh Eurokars Motor Indonesia? Kita tunggu saja informasi terbaru dari Mazda nanti.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply