Home Auto News Toyota Rush Modifikasi Tanpa ‘Konde’, Ini Jadinya

Toyota Rush Modifikasi Tanpa ‘Konde’, Ini Jadinya

Toyota Rush Modifikasi, GIIAS 2017 tidak hanya dimanfaatkan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk memajang produk buatannya saja. TAM juga memamerkan beberapa model hasil modifikasi yang cukup menarik perhatian. Salah satunya adalah Toyota Rush TRD Sportivo.

Mobil Toyota yang dimodifikasi oleh tim desainer lokal ini tampil unik dan lain dari yang dijual saat ini. Pasalnya ban cadangan yang menempel di belakang mobil yang sudah menjadi ciri khas Rush dihilangkan. Tawaran ini tentu menarik mengingat ‘konde’ biasanya sengaja dihadirkan untuk memberikan kesan gagah dan tangguh.

Akan tetapi lain halnya dengan modifikasi Toyota Rush ini. Tim desainer TAM melepasnya dan memindahkan ban cadangan tersebut ke bagian interior. Konsekuensinya ruang bagasi menjadi lebih sempit lantaran volumenya berkurang.

Walaupun ban cadangan sudah dilepas, bagian buritan masih tampak terlihat tonjolan yang tidak begitu tebal yang membuatnya seolah-olah masih ada ban. Ubahan sederhana ini bisa dikatakan sukses membuat Rush tampil beda.

Akbar Juniarto, Designer Staff Convertion & Accessories Planning and Design TAM mengatakan tujuan dari perombakan tersebut adalah menggali informasi dari konsumen. Sebab umumnya banyak pecinta SUV yang masih menyukai ‘konde’ untuk menghadirkan kesan gagah.

Di sisi lain kompetitor sudah banyak yang tidak menggunakan ‘konde’ atau ban cadangan yang menempel di bagian belakang. Untuk itu TAM ingin mengetahui apakah jika ban belakang Rush dilepas masih dapat diterima oleh masyarakat.

Mengenai ruang belakang yang menjadi lebih sempit, Akbar menjelaskan bahwa Rush sebenarnya hadir dengan konfigurasi lima penumpang. Sebelumnya TAM sudah melakukan percobaan untuk meletakkan ban cadangan di bagian bawah. Hanya saja pengaplikasian tersebut menemui kendala.

Baca juga: Komparasi Honda BR-V, Toyota Rush dan Terios

Alasannya desain ruang bagian bawah Toyota Rush tidak memungkinkan untuk diletakkan ban cadangan. Tampilan Toyota Rush modifikasi ini memang terlihat beda dengan yang sudah ada di pasaran. Akan tetapi tetap ada yang menilai hadirnya tonjolan mirip ban cadangan di bagian belakang justru memberinya kesan setengah-setengah.

Mengenai hal tersebut Akbar punya penilaian tersendiri. Menurut pendapatnya, selain tim tidak ingin menghilangkan kesan ada ban belakangnya, alasan lain adanya tonjolan pada pintu belakang lantaran masih adanya bekas bracket ban belakang.

Untuk itulah bekas bracket tersebut perlu ditutup. Lagi pula, Akbar dan tim bergerak di bidang desainer aksesori, bukan desainer mobil.

Walaupun sudah dipajang di GIIAS 2017, Toyota Rush modifikasi ini belum dipasarkan secara resmi oleh Toyota Indonesia. Akan tetapi menurut tenaga penjual bila konsumen berminat, dealer bisa mengusahakan agar bisa serupa dengan versi modifikasinya. Hanya saja belum dapat ditentukan berapa harganya.

Toyota Rush mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter, IL4, 16 katup DOHC, VVT-i. Tenaga puncak mesin ini mencapai 109 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 14,4 kgm pada 4.400 rpm.

Ada sederet fitur yang dibenamkan pada mobil Toyota ini. Seperti Side Impact Beam, dual SRS airbag, seatbelt dengan Pretensioner & Force Limiter, serta Anti-lock Braking System (ABS).

Di Indonesia mobil ini hadir dalam beberapa varian. Antara lain 1.5 G M/T, 1.5 G A/T, 1.5 S M/T TRD Sportivo, 1.5 S A/T TRD Sportivo, 1.5 S M/T TRD Sportivo Ultimo dan 1.5 S A/T TRD Sportivo Ultimo. Harga Toyota Rush modifikasi ini berkisar Rp 239 juta sampai dengan Rp 267,85 juta on the road (OTR) Jakarta.

Toyota Rush modifikasi ini bisa menjadi solusi untuk konsumen yang mengeluhkan tempat penyimpanan ban cadangan di belakang. Berminat untuk mendapatkan Rush ini?

Source: all new rush 2017 indonesia, modif ringan toyota rash, rush ultimo yg dimodifikasi, rush modif 2017, modifikasi rush dan terios 2017, modifikasi rush, modif tinggi rush, mobil rush ultimo modifikasi, midifikasi mobil ras tampa ban di pintu belqkang, all new rush desember 2018, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply