Home Mobil 5 Fakta Mobil Hybrid yang Mungkin Belum Anda Ketahui

5 Fakta Mobil Hybrid yang Mungkin Belum Anda Ketahui

0 143

Mobil Hybrid, Mobil masih menjadi alat transportasi andalan masyarakat Indonesia. Penjualannya terbilang masih tinggi. Di sisi lain, banyaknya orang yang memakai mobil pribadi juga berdampak pada penggunaan bahan bakar minyak. Tidak hanya itu, polusi udara juga ikut meningkat.

Seiring dengan berkembangnya teknologi di dunia otomotif, pabrikan mobil sudah berhasil memproduksi dan memasarkan mobil hybrid atau hibrida. Mobil hibrida merupakan sebuah kendaraan yang memakai dua atau banyak sumber tenaga untuk menggerakkan kendaraan tersebut.

Di luar negeri penggunaan mobil hybrid sudah mulai tren dan banyak orang yang meminatinya. Akan tetapi tidak sama dengan di Indonesia. Harga mobil hybrid yang masih tinggi menjadi alasan mengapa mobil ini kurang diminati oleh masyarakat.

Terlepas dari hal itu, ada beberapa fakta menarik seputar mobil hybrid yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut adalah fakta selengkapnya, yang dihimpun dari laman resmi Nissan Indonesia.

Punya Dua Sumber Daya

Mobil hybrid pada dasarnya mengusung dua macam teknologi yang dimanfaatkan sebagai sumber tenaganya. Selain mesin konvensional, mobil hibrida juga dilengkapi dengan sumber mesin lain, yaitu baterai.

Sumber tenaga ini memang tidak dipakai secara langsung. Mesin bensin tetap dipakai sebagai sumber daya utama. Lalu untuk mesin baterai dipakai sebagai salah satu sumber energi cadangan yang menyesuaikan situasi yang ada. Hal ini berbeda dengan mobil konvensional di mana hanya mengusung satu sumber daya, yakni mesin bensin.

Bukan Penemuan Baru

Mungkin saat mendengar mobil hybrid maka bayangan kita akan mengarah pada sebuah mobil yang modern dan lebih futuristik dibanding mobil konvensional. Meski baru hangat diperbincangkan belakangan ini, teknologi hybrid ternyata bukanlah sebuah teknologi baru.

Melihat sejarahnya, teknologi ini sudah ada sejak tahun 1902. Seorang pria bernama Ferdinand Porsche berhasil membuat mobil dengan mesin hybrid seutuhnya dan diberi nama ‘Mixte’.

Baca juga: Kelebihan Mobil Hybrid Menurut Toyota

Mobil hybrid pertama di dunia ini mengusung dua mesin dengan tenaga listrik yang dirancang untuk menyimpan energi dalam baterai. Setelah itu pada tahun 1997 mobil hybrid komersial pertama diproduksi oleh salah satu merek mobil ternama di Jepang.

Bukan Satu-satunya Contoh Teknologi Hibrida

Seperti yang disinggung di atas, teknologi hibrida bukanlah teknologi terbaru yang masih seumur jagung. Selain diaplikasikan pada mobil, teknologi hybrid juga pernah dicoba dan dipakai paad kendaraan lain. Seperti kapal selam, lokomotif, truk tambang dan lain sebagainya. Sementara mobil merupakan penerapan mesin hybrid yang paling sering ditemukan.

Alternatif Kendaraan yang Baik

Menurut sebagian masyarakat, mobil hybrid menjadi salah satu alternatif kendarana yang lebih baik dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Alasannya mobil ini bisa lebih irit bensin dibanding mobil bermesin konvensional.

Kebanyakan mobil hybrid yang dijual di pasaran mempunyai efisiensi bahan bakar yang dua kali lipat lebih baik dari mobil konvensional. Hal ini akan membuat pemilik bisa menghemat pengeluaran untuk membeli BBM.

Selain itu saat ini juga banyak montir yang sudah terlatih untuk melakukan perawatan dan perbaikan mesin pada mobil hybrid. Selain itu biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan juga lebih murah.

Punya Banyak Manfaat

Mobil hybrid diklaim dapat mengurangi polusi hingga 90%. Selain itu biaya perawatan mobil juga lebih terjangkau dibandingkan biaya perawatan mobil konvensional.

Mobil hibrida memang memiliki baterai yang harganya mahal. Kendati begitu masa hidup baterai tersebut mempunyai garansi yang dapat bertahan hingga seumur hidup. Di samping itu mobil ini diklaim bisa dimanfaatkan sebagai investasi lantaran harga penjualannya yang tidak banyak berubah.

Kelebihan lainnya adalah suara yang nyaris tidak terdengar sehingga memberikan kenyamanan kepada pengguna. Saat berkendara di tengah kemacetan, mesin mobil dapat mati secara otomatis dan mobil akan digerakkan dengan memakai energi baterai yang ada.

Itulah informasi seputar fakta mobil hybrid yang bisa Anda simak. Saat ini harga mobil hibrida memang masih tinggi. Meski mahal ada beberapa merek yang mencoba memasarkan mobil hybrid di Indonesia.

Sementara itu saat ini pemerintah tengah mengupayakan agar harga mobil ini bisa lebih ditekan lagi. Ke depannya diharapkan mobil hybrid diminati oleh masyarakat Indonesia. Dengan demikian polusi udara dapat diminimalisir dan penggunaan bahan bakar minyak juga dapat ditekan.

Berminat untuk membeli mobil hybrid?

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply