Home Mobil Ini 6 Mobil Hybrid yang Ada di Indonesia, Mana Favorit Anda?

Ini 6 Mobil Hybrid yang Ada di Indonesia, Mana Favorit Anda?

0 396

Mobil Hybrid, Semakin hari teknologi yang diterapkan pada kendaraan bermotor juga semakin canggih. Setiap tahunnya kita digoda dengan kehadiran mobil-mobil baru yang tidak hanya menarik dalam hal desain atau harga namun juga dalam hal tawaran fitur dan teknologi. Kecanggihan teknologi saat ini telah membawa dunia otomotif ke era yang sebelumnya hanya sebatas mimpi.

Salah satu teknologi yang saat ini cukup banyak dipakai oleh industri otomotif adalah hybrid. Mobil hybrid atau hibrida adalah kendaraan yang menggunakan dua atau banyak sumber tenaga untuk menggerakkan kendaraan tersebut. Di Indonesia mobil ini belum terlalu populer, namun tidak halnya dengan di luar negeri.

Di sana ada banyak mobil hybrid yang bisa dibeli oleh masyarakat. Bahkan mobil ini menjadi salah satu kendaraan yang diminati oleh banyak orang.

Lantas mengapa mobil hybrid belum populer di Indonesia? Alasannya tak lain karena pajak yang dikenakan pada kendaraan hybrid. Seperti yang sudah dijelaskan, kendaraan hibrida mengandalkan dua mesin, yakni konvensional dan motor listrik. Karena inilah harga mobil hybrid di Indonesia lebih tinggi.

Walaupun dibanderol lebih mahal, nyatanya tetap ada beberapa produsen yang tertarik untuk menjualnya di Tanah Air. Apa saja mobil hibrida yang dipasarkan di Indonesia? Berikut adalah beberapa mobil “ramah lingkungan” yang ada saat ini.

Nissan X-Trail Hybrid

X-Trail menjadi salah satu SUV yang sangat familiar bagi para pecinta otomotif di Tanah Air. Mungkin atas dasar itulah Nissan tertarik untuk memasukkan varian hibrida X-Trail. Nissan Motor Indonesia (NMI) merilis Nissan X-Trail Hybrid pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Mobil ini diklaim mempunyai tarikan yang responsif, konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan kabin yang senyap. Tampilannya terlihat semakin menarik dengan penyematan Body Kit X-Trail Extremer. Sektor mesin juga menyimpan keunggulan tersendiri.

Walaupun berteknologi hybrid, mesin mobil Nissan ini tidak hanya ramah lingkungan namun juga tetap bertenaga. New X-Trail Hybrid diklaim dapat menyajikan tenaga puncak 185 PS. Angka ini diperoleh dari tenaga mesin bensin sebesar 144 PS dengan motor listrik 41 PS.

Perpaduan tersebut membuat mobil SUV Ini dapat melesat dengan gesit di medan tanjakan. Akselerasi Nissan X-Trail Hybrid juga tak kalah memuaskan. Menurut hasil tes yang dilakukan Nissan Global di Jepang, mobil ini dapat melesat hingga 100 km/jam dalam waktu 10,1 detik.

Akselerasinya setara dengan Nissan X-Trail 2.5 CVT. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih irit dari X-Trail 2.0 CVT. Menurut hasil dari standar pengujian konsumsi BBM di Jepang (JC08) tercatat bahwa mobil hibrida ini memperoleh angka konsumsi bensin sebesar 20,6 km/liter. Efisiensi bahan bakar ini diperoleh berkat motor listrik dan bensin yang didukung dengan Intelligent Dual Clutch.

Baca juga: 5 Fakta Mobil Hybrid

Menurut situs resmi Nissan Indonesia, harga Nissan X-Trail Hybrid mencapai Rp 634,2 juta on the road (OTR) Jabodetabek. Jauh lebih mahal dari harga X-Trail konvensional yang dilepas mulai Rp 404,5 juta.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Mobil Suzuki ini bisa dikatakan salah satu pendatang baru di pasar mobil hybrid Tanah Air. Melihat tampilannya, tidak ada perbedaan antara Ertiga Hybrid dengan versi standar. Suzuki hanya menambahkan emblem di bagian belakang yang menegaskan identitas dari mobil MPV ini.

Mobil mild hybrid ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.248 cc dengan bore 69,6 mm dan stroke 82 mm. Sedangkan rasio kompresi Ertiga Diesel Hybrid ini mencapai 17,6 : 1. Mesin berkode D13A ini juga mengusung beberapa teknologi lain. Di antaranya DDiS (Diesel Direct Injection System), DOHC (Dual Overhead Cams) dan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Tidak hanya itu saja, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid juga sudah dilengkapi dengan teknologi turbocharger yang sudah Variable Geometry Turbocharger (VGT) dengan boost 2,45 bar dan intercooler. Berbekal teknologi tersebut mesin Ertiga Hybrid ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 88 dk pada 4.000 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada 1.750 rpm.

Mobil MPV ini juga mengusung aki khusus. Kapasitasnya mencapai 70 Ah, lebih tinggi dari spesifikasi aki pada mobil pada umumnya yang mencapai 30-35 Ah. Pemakaian aki ini dikarenakan komponen elektronik Ertiga Diesel yang memerlukan suplai listrik saat mesin dalam kondisi idle stop.

Termasuk ketika Integrated Starter Generator (ISG) akan menghidupkan mobil kembali. ISG ini memiliki fungsi sebagai motor listrik. Maka dari itu tidak terdapat baterai Lithium Ion seperti pada mobil hybrid kebanyakan. Karena hal itulah mobil ini disebut sebagai kendaraan mild hybrid. ISG menggantikan alternator konvensional yang memberikan torque assist function dan idling start stop.

Menurut situs resminya, harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid ini mencapai Rp 219,5 juta.

Honda CR-Z

Honda Prospect Motor (HPM) mempunyai CR-Z untuk konsumen yang menginginkan sport car berteknologi hybrid yang lebih hemat bahan bakar namun tetap menyenangkan untuk dipakai harian. Kesan eksklusif dan modern tampak jelas di sisi interior. Mobil ini juga mempunyai diffuser seperti sayap di bagian bumper untuk menunjang sisi aerodinamika.

Di sisi interior terdapat center console yang diapit kedua jok depan. Juga terdapat fitur Electric Parking Brake (EPB) dan Smart entry and Push Button Start/Stop system.

Mobil Honda ini juga menawarkan fitur hiburan yang memadai. Ada sistem audio layar sentuh 7 inci dengan fitur AV System with Mirroring. Layar ini dapat dimanfaatkan untuk memutar CD, DVD maupun MP3/WMA. Selain itu juga terdapat dukungan konektivitas USB, iPod/iPhone, Bluetooth dan New HDMI Port & USB Ports (2 Ports).

Fitur penunjang keselamatan yang tersedia pada mobil sport ini meliputi ABS + EBD dan BA dan Vehicle Stability Assist (VSA). Selain itu juga ada Active Headrest, Dual Front SRS Airbags dan Side Airbags dan Side Curtain Airbags.

Di sektor dapur pacu, Honda CR-Z mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter i-VTEC yang ditemani motor listrik Integrated Motor Assist (IMA). Tenaga yang dapat dihembuskan mencapai 130 dk dengan torsi 190 Nm.

Saat dirilis di awal tahun 2016, harga Honda CR-Z minor change ini mencapai Rp 353 juta. Sayangnya saat ini HPM sudah tidak memasarkan sport car yang satu ini.

Toyota Camry Hybrid

Keberadaan sedan berteknologi hybrid ini di Indonesia sebenarnya sudah cukup lama. Toyota Astra Motor (TAM) memasarkannya pada tahun 2012. Sejak dirilis hingga saat ini penjualan mobil Toyota itu sudah mencapai 1.227 unit. Jauh lebih tinggi dari model lain berteknologi hybrid seperti Prius yang hanya laku 49 unit ataupun Alphard Hybrid yang mencapai 11 unit.

Desain eksterior sedan andalan Toyota ini tampak cukup mewah dan aerodinamis. Sementara sisi interiornya mengusung lounge on the wheel. Terdapat 2 DIN Audio Navi dengan 8 green edge speakers. Selain itu Camry Hybrid juga dibekali rear set controller dan rear seat relaxation system dengan 3 zone air conditioner.

Di sektor performa, mobil ini mengandalkan mesin 2AR-FXE In-Line 4 cylinders, 16 valve, DOHC, VVT-i yang dipadukan teknologi hybrid. Mesin hybrid synergy drive ini diklaim lebih ramah lingkungan dan lebih irit bensin hingga 24 persen. Tenaga maksimum mesin berkapasitas 2.494 cc ini mencapai 205 PS dengan torsi puncak 20,9 Kgm pada putaran 4.800 rpm.

Harga Toyota Camry 2.5 L A/T Hybrid ini mencapai Rp 779,650 juta.

Toyota Alphard Hybrid

Selain mempunyai Camry, Toyota juga memasarkan Alphard 2.5 G Hybrid 4×4 di Indonesia. Mobil MPV mewah ini mengusung tampilan yang berbeda dengan Alphard konvensional. Seperti adanya emblem depan berwarna biru yang merupakan identitas mobil ramah lingkungan Toyota. Selain itu terdapat chrome bumper yang dibuat lebih tebal dan wheel yang dibuat berbeda.

Mobil hybrid ini mengandalkan mesin berkapasitas 2.494 cc dual VVT-i yang dipadukan dengan motor listrik. Tenaga maksimum yang dihasilkan diklaim lebih besar dan juga lebih efisien. Menurut spesifikasi output mesin tersebut 152 ps pada 6.000 rpm. Lalu untuk tenaga motor listrik di belakang 68 ps dan bagian depan 143 ps. Konsumsi bahan bakarnya diklaim mencapai 21 km/liter.

Toyota Alphard memadukan mesin 2AR-FXE dengan dua motor listrik di roda belakang. Dengan begitu tenaga dari mesin penggerak dialihkan ke motor listrik dan kemudian disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.

Daya tarik lain dari mobil ini adalah hadirnya sistem penggerak empat roda. Dua motor listrik yang berada di roda belakang akan mengambil alih tenaga penggerak ketika mobil memerlukan akselerasi, tenaga besar pada tanjakan maupun untuk memacu mobil dalam kecepatan tinggi.

Sistem E-Four (electronic four wheel drive) itu tidak akan bekerja secara terus menerus. Sistem ini akan beroperasi ketika mesin baru dijalankan untuk akselerasi yang mantap. Sistem 4×4 itu akan berhenti saat kecepatan mencapai titik konstan untuk meraih efisiensi. Harga Toyota Alphard Hybrid ini mencapai Rp 1,419 miliar.

Toyota Prius

Mobil ini merupakan andalan Toyota untuk menembus pasar mobil hybrid. Prius sudah dipasarkan lebih dari 80 negara. Penjualannya sejak generasi pertama hingga Juli 2017 sudah mencapai lebih dari 4 juta unit.

Toyota Prius terbaru yang masuk generasi keempat juga akan dihadirkan di Indonesia. Mobil hybrid Toyota ini dirancang dengan memakai platform TNGA.

Melihat dimensinya, panjang Prius Gen 4 ini mencapai 4.540 mm, dengan lebar 1.760 mm dan tinggi 1.470 mm. Jarak wheelbase-nya mencapai 2.700 mm. Hal ini membuat Toyota Prius terbaru lebih kokoh dan stabil.

Di sektor dapur pacu Toyota Prius Gen 4 mengusung mesin 1.800 cc. materialnya diklaim lebih ringan sehingga ada peningkatan performa dan kinerja mesin. Untuk konsumsi BBM-nya mencapai 40 km/liter yang dibantu dengan pilihan baterai lithium-ion atau nickel hydre.

Toyota Prius juga menawarkan sejumlah fitur menarik. Seperti Blind Spot Monitor dan Rear Cross Traffic Alert yang menjadi bagian dari konsep Toyota Safety Sense. Konsumen yang tertarik bisa melakukan pemesanan terhadap mobil ini. Sedangkan harga Toyota Prius terbaru disebut mencapai Rp 800 jutaan.

Hadirnya mobil hybrid bisa menjadi solusi bagi konsumen untuk bisa lebih menghemat pengeluaran untuk membeli bahan bakar maupun biaya servis. Hanya saja untuk saat ini harga jual mobil hybrid yang tinggi masih menjadi masalah yang perlu dicari solusinya. Meski begitu bukan berarti nantinya harga mobil berteknologi hibrida tidak bisa ditekan lagi. Untuk hal ini kita tunggu kabar baik dari pemerintah.

Itulah ulasan seputar beberapa mobil hybrid yang ada di Indonesia. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda, terutama untuk Anda yang sedang mencari mobil baru atau mobil hybrid untuk kendaraan pribadi.

Source: mobil hybrid yang ada di indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply