Home Auto News Motor Listrik Gesits Siap diproduksi Tahun Depan!

Motor Listrik Gesits Siap diproduksi Tahun Depan!

0 201

Motor Listrik Gesits, Harapan masyarakat Indonesia untuk mempunyai motor listrik lokal akan segera terwujud. Bertepatan dengan perayaan HUT ke-72 Republik Indonesia, Gesits dinyatakan akan siap untuk diproduksi. Rencananya motor listrik ‘made in Indonesia’ ini akan diproduksi pada kuartal I tahun 2018.

Produksi massal motor listrik Gesits ini terwujud berkat kerjasama beberapa pihak. Antara lain Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), PT GESITS Technologies Indo (GTI), dan PT WIKA Industri dan Konstruksi.

“Kerja sama industrialiasasi motor listrik GESITS merupakan bentuk sumbangsih PT WIKA untuk berdedikasi, berkontribusi pada pembangunan bangsa,” ujar Ferry Hendriyanto, Direktur PT WIKA Industri dan Konstruksi, sebagaimana dilansir dari laman Kumparan.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Ir. Joni Hermawan, Rektur ITS menyambut baik kerjasama tiga institusi tersebut. Sebab mimpi besar tidak dapat terwujud tanpa adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak.

“Kita perlu bersinergi untuk membangun kompetensi dan daya saing dalam industri kendaraan berbasis listrik yang andal,” terangnya.

Sementara itu, Muhammad Al Abdullah yang menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Garasindo Group mengatakan mereka mempunyai visi untuk mengembangkan industri nasional dengan merek buatan anak bangsa.

“Sejak awal kami ingin Gesits tidak hanya sekadar konsep. Kami pun meminta standar yang tinggi ke teman-teman ITS dalam merancang prototype GESITS,” jelas Pria yang akrab disapa Memet itu.

Untuk informasi, prototipe motor listrik Gesits sudah menjalani sejumlah tes. Salah satunya adalah uji performa dengan menempuh perjalanan Jakarta-Bali. Uji performa ini melewati Cirebon, Tegal, Pati, Gresik, Rembang, Surabaya, Banyuwangi, Ketapang, Gilimanuk dan finish Denpasar.

Yang membanggakan motor listrik karya anak bangsa ini berhasil melewati pengujian sejauh 1.200 km. Tidak hanya itu, menurut hasil pengujian motor listrik Gesits mempunyai daya tempuh sekitar 80-100 km.

Untuk proses produksinya nanti ITS Surabaya dan Garasindo akan melibatkan Industri Kecil dan Menegah (IKM) untuk memasok komponen seperti sistem manajemen baterai, paket baterai, pengontrol, sasis dan komponen body.

Baca juga: Detail Spesifikasi Motor Listrik Gesits

Sedangkan untuk produksinya akan dilakukan di pabrik WIKA yang berada di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Bangunan seluas 2.400 meter persegi itu berfungsi sebagai fasilitas penerimaan komponen, perakitan dan pengujian akhir.

Nantinya unit motor listrik Gesits yang sudah diproduksi akan ditampung di area penyimpanan seluas 1.400 meter persegi. Untuk tahap awal, WIKA diharapkan bisa memproduksi 50.000 unit Gesits per tahun dan dapat dikembangkan hingga 100.000 unit per tahun. Sementara proses produksi dilakukan kuartal pertama tahun depan.

“Sebelum melakukan produksi, tiga pihak yakni ITS, PT WIKA, dan Garansindo akan berkerja secara pararel untuk mempersiapkan proses produksi,” ungkap Harun Sech, Direktur Utama PT GTI.

Untuk target pemasaran awal meliputi kawasan Jabodetabek dan Bali. Setelah itu meluas ke seluruh Jawa. Memet juga optimis motor listrik nasional ini dapat diekspor pada tahun 2020.

Harga motor listrik Gesits ini diperkirakan berada di atas Rp 15 jutaan dan di bawah Rp 20 juta. Menariknya seluruh komponen dibuat dengan komponen lokal. Hanya seal baterai saja yang masih diimpor.

“Teknologinya canggih, gak bakal kalah dengan asing. Nah, kenapa bisa murah, karena kita kembangkan sendiri. Kita produksi dan gunakan komponen lokal. Artinya kan tidak bakal kena pajak masuk dan lain-lain. Jadi diharapkan harganya bisa terjangkau,” jelas Memet, dikutip dari laman Oto.

Kehadiran motor listrik Gesits ini perlu mendapat apresiasi dari banyak pihak, termasuk pemerintah. Dengan bantuan dari pemerintah motor listrik nasional ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat dan nantinya diharapkan bisa bersaing dengan merek-merek ternama lainnya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply