Keistimewaan di Balik Suzuki Jimny 2017 Indonesia

Loading...

Suzuki Jimny 2017, Yang ditunggu-tunggu dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya datang juga. Agen pemegang merek Suzuki di Indonesia itu resmi meluncurkan Suzuki Jimny dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang berlangsung beberapa waktu lalu.

Loading...

Kehadiran mobil baru Suzuki ini pastinya dinanti-nanti oleh penggemarnya di Tanah Air. Terlebih sebelumnya SIS sudah cukup lama tidak menjual model terbarunya. Lantar apa saja daya pikat dari mobil berlogo ‘S’ ini? Silakan simak detail selengkapnya berikut ini, yang dihimpun dari laman Oto.

Dijual Terbatas

Kesan istimewa dari mobil Suzuki ini adalah jumlah unit yang terbatas. Sebagai permulaan Suzuki Jimny hanya didatangkan sebanyak 88 unit saja. SIS mendatangkannya langsung dari Jepang.

Meski begitu kemungkinan ditambahnya unit Jimny yang dipasarkan di Indonesia sangat besar. Alasannya ada banyak orang yang tertarik untuk membeli mobil mungil penakluk medan off-road ini. Hanya saja hal ini belum dapat dipastikan. Sementara itu 88 unit yang disediakan seluruhnya sudah ludes terjual.

Harga Tergolong Murah

Hal menarik lain dari mobil ini adalah harga jualnya. Harga Suzuki Jimny di Indonesia mencapai Rp 285 juta. Banderol harga ini terbilang istimewa untuk sebuah mobil yang menganut sistem penggerak 4×4.

Harga tersebut juga menjadikannya sebagai mobil offroad 4×4 termurah saat ini. Hanya saja ada beberapa catatan yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum berniat membeli mobil ini. Mari kita simak data spesifikasinya.

Suzuki Jimny mempunyai dimensi panjang 3.695 mm, dengan lebar 1.600 mm dan tinggi 1.705 mm. Ukurannya sedikit lebih besar dari Karimun Wagon R. Selain itu kesan mewah dari mobil ini juga tidak banyak. Sektor kaki-kaki masih mengusung pelek jenis kaleng.

Baca juga: Detail Singkat Suzuki Jimny Indonesia

Selain itu pintu penumpang hanya ada dua. Mobil Suzuki ini memang mempunyai kursi untuk penumpang belakang. Hanya saja jangan berharap lebih akan ruang yang ditawarkan. Selain itu Suzuki Jimny 2017 mengusung mesin yang tergolong kecil, yakni hanya 1.300 cc.

Dengan spesifikasi tersebut, harga Suzuki Jimny jadi terasa mahal. Di sisi lain mobil ini juga lebih cocok dipakai sendiri, bukan sebagai kendaraan harian atau mobil keluarga. Jadi jika ingin membeli mobil untuk keperluan harian atau bepergian bersama keluarga, ada model lain seperti hatchback, SUV atau MPV yang lebih sesuai dibanding Suzuki Jimny.

Namun di situlah keistimewaan Suzuki Jimny. Mobil ini hadir bukan untuk memenuhi konsumen yang sedang mencari mobil keluarga, namun untuk mereka yang memiliki hobi offroad. Jimny juga dirilis untuk mengobati kerinduan para pecinta Jimny yang ada di Indonesia.

Mobil ini dinilai memiliki nilai historis yang tinggi. Tidak hanya itu, adanya sisi eksklusif di balik Jimny bisa menjadi investasi yang menjanjikan di masa mendatang.

Performa

Tampilan boleh lebih modern, tetapi Suzuki Jimny terbaru tetap mempertahankan ciri khas dari generasi pertamanya. Suzuki merancangnya dengan konstruksi ladder frame, solid axle dan part-time transfer case. Meski begitu ada penyesuaian yang dilakukan Suzuki.

Mobil ini memakai suspensi per keong yang menggantikan per daun. Pemakaian suspensi ini tampaknya membuat bantingan suspensi lebih nyaman dari sebelumnya.

Di sektor mesin, Suzuki Jimny 2017 mengandalkan mesin berbahan bakar bensin dengan kode 13A. Mesin berkapasitas 1.3 liter ini dibekali teknologi VVT dan dikombinasikan dengan penggerak empat roda (4WD) via transfer case.

Jantung pacu tersebut dapat menghasilkan daya maksimum sebesar 82 PS dengan torsi 110 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis konvensional 4-percepatan.

Sejarah

Untuk tambahan informasi, Suzuki Jimny generasi pertama hadir di Indonesia pada tahun 1979 silam. Kala itu mobil ini hadir dengan nama Jimny LJ-50 4×4. Model ini dibuat khusus untuk pasar ekspor, termasuk Indonesia.

Setelah itu Suzuki menawarkan Jimny LJ-80 4×4 yang mempunyai kinerja lebih baik. Kapasitas mesin dibuat lebih besar dan mengusung jenis 4 silinder. Bahkan mobil Suzuki ini dibuat secara lokal di Indonesia.

Suzuki juga pernah memasarkan Jimny SJ410 dan SJ413 yang mengusung mesin berbeda, yakni dari 1.000 cc sampai 1.300 cc dengan variasi dari Jimny Sierra ke Jimny Samurai. Di tahun 1990 Jimny generasi kedua hadir dengan nama Suzuki Katana 4×4. Lalu pada 1998 Suzuki menutupnya dengan merilis Caribian.

Suzuki Jimny yang hadir di Indonesia saat ini sebenarnya merupakan generasi ketiga dengan kode JB43. Di negara asalnya model ini sudah hadir sejak 1998. Model ini mempunyai siklus hidup yang panjang karea masih diproduksi hingga saat ini.

Suzuki Jimny ini juga pernah mendapat beberapa kali facelift, termasuk mengganti mesin dengan yang lebih modern. Meski begitu Suzuki memutuskan tetap mempertahankan desain mengotak dengan sentuhan khas Jimny ‘Jangkrik’, namun dengan desain yang lebih halus.

Ludesnya 88 unit Suzuki Jimny 2017 yang dihadirkan SIS merupakan bukti bahwa masih banyak masyarakat yang menggemari mini SUV ini. Performanya yang dapat diandalkan untuk melibas medan offroad, baik kelas ringan maupun berat membuat banyak orang terpikat.

Loading...